Fun Food vs Picky Eater

Oleh Enji Magetsari pada Jumat, 04 Oktober 2019
Seputar Our Stories
Fun Food vs Picky Eater

For hygiene reason we were taught not to play with our food when we eat. However, it doesn't say that we can't prepare meals in more creative ways, especially when your kids are Picky Eater.

Apakah anak urban Mama picky eater seperti Maha anak saya? Bento lucu atau food art bisa jadi pilihan supaya anak tertarik untuk makan dan mencoba makanan baru. Terinspirasi dari bento lucu buatan ibu-ibu di Jepang sebagai eskpresi kasih sayang mereka pada anak- anak, saya pun tergerak untuk berkreasi membuat makanan Maha menjadi bento atau food art yang lucu. Ternyata food could be fun as well as delicious.

Sama seperti anak yang lain di usia prasekolah, Maha selalu excited dengan binatang, warna, angka, dan huruf. Selain memastikan Maha mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, saya manfaatkan untuk melatih Maha mengucapkan nama-nama binatang, benda, angka, dan huruf-huruf.

Annabel Karmel, penulis buku gizi dan resep untuk anak, pernah bilang di salah satu bukunya kalau "presentation is very important". Dan memang benar, setelah saya berikan makanan yang lucu, Maha jadi lebih tertarik untuk mencoba makanan baru dan menebak nama binatang, warna, angka, dan huruf. Dulu Maha sama sekali tidak suka makan pisang. Setelah saya buatkan food art "M for Monkey" dan "Banana Airlines" Maha jadi lebih tertarik dan semangat untuk makan dan suprisingly, habis!

Arts for kids doesn't need to involve crayons and paper. Tidak perlu material yang mahal dan alat khusus untuk bikin bento and food art ini. Hanya dengan nasi, telur dadar dan kecap manis bisa jadi bento bentuk domba yang lucu.

Dari buah jeruk dan buah pir bisa jadi food art ikan koki yang menggemaskan. Inspirasi bisa datang darimana saja, buku cerita anak, mainan favorit, google dari bento atau food art blogger, dan yang paling penting adalah kreativitas urban mama.

Sometimes kids just need a little inspirations to try new things. Mungkin dengan makanan yang lucu bisa mendorong anak untuk makan dan mau mencoba makanan baru.

Semoga tips dan foto-foto bento dan food art yang saya berikan bisa memberi ide urban mama yang masih kesulitan menghadapi anak yang rewel pilih-pilih makanannya.

Enji Magetsari
Enji Magetsari

A working mom, originally from Bandung. She lives in Singapore with food critics son Mahavyr and husband Arrizky Magetsari.

Instagram: http://instagram.com/enjita/

25 Komentar
Enji Magetsari
Enji Magetsari January 17, 2014 5:08 pm

Mama Zata : waa seneng banget si kecil doyan makan, mudah2an Maha ketularan deh..

Ista : Induuung, rinduuu deh..yuk yuk kerumah Maha yuk :)

Mama Yekti : Hi mom, makasiihh..
Iya cobain aja dikasi bento, ga perlu beli alat2 khusus kok, pake se-adanya aja. Mudah2an wiken ini saya bisa sharing easy bento tutorial yaa..hehe..

Nita Rossilawati
Nita Rossilawati January 17, 2014 5:00 pm

Waaaaah... kereeen bgt mbak.

Yekti Wirani
Yekti Wirani January 17, 2014 10:29 am

mama enji, bentonya lucu2. Kebetulan anak saya lumayan picky eater, udh berkali2 baca dan liat2 bento yg dibikin org2, masih aja belum pede nyoba bikin.
Mau nyoba liat di toko bento, siapa tau makin manteb.
makasi mama enji ...

Enji Magetsari
Enji Magetsari January 16, 2014 3:32 pm

Hi Mommynya Rio, makasiiih...itu pake cutter khusus utk bento, enji belinya dulu banget di toko setiabudi bandung. Kalo ga salah di facebook juga ada yang jualan online bento supplies, nama accountnya Toko Bento. Kalo ga nemu bisa dibentuk langsung aja pake pisau kecil, atau pake cookie cutter yang biasa dijual di toko bahan dan perlengkapan roti. Mudah2an bantu yaa, salam buat Rio :)

novi kusumastuti
novi kusumastuti January 16, 2014 3:25 pm

sumpaaaaaah kereeeeeen abieees...sgt inspiratif...smg ak bs buat2 mknan spt ini u my boy rio...yg jg sgt picky thdp mknan...

Mom Enji...bgm cara buat huruf di roti untuk FINISH nya spt di cap...klo iya itu cap2 an beli dmna alat2 nya...many thanks

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies