Hunting Sekolah Dasar

Oleh Anita Yuniar pada Selasa, 08 Oktober 2019
Seputar Tips
Hunting Sekolah Dasar

Bulan Juli 2011, Alifa naik kelas ke TK B, dan biasanya akhir Desember 2011 sudah banyak sekolah-sekolah yang membuka pendaftaran. Suami sih sepertinya setuju saja asal sekolahnya bagus dan biaya juga terjangkau. Salah satu faktor penting bagi kami yaitu harganya ramah. Di sebuah sekolah, untuk masuk SD bisa mencapai 20 juta. Wow... Siapa sih yang ngga ingin menyekolahkan anaknya di sekolah yang bermutu, tapi kalau memaksakan diri, malah jadi sengsara, kan?

Browsing di internet tentang pencarian sekolah, ternyata banyak banget orangtua yang punya masalah sama dengan saya, ingin sekolah yang baik tetapi juga terjangkau.

Saya contek nih tips-tips memilih sekolah yang menurut saya lumayan komplit, diantaranya:

  1. Fasilitas Sekolah
    Sekolah tingkat dasar pada umumnya memiliki fasilitas seperti lapangan olahraga, perpustakaan, lab komputer/multimedia, ruang musik, mushola (untuk sekolah islam), tempat bermain anak-anak, kamar mandi yang bersih, halaman bermain anak-anak. Ruang kelas yang nyaman dengan format kursi untuk berinteraksi/diskusi ataupun di lantai dengan karpet. Kalau kursi yang disusun menghadap ke depan semua pasti metode belajar direct teaching. Ruang kelas atau selasar sekolah dipenuhi/memajang dengan hasil karya siswa. Seharusnya anak yang ingin masuk ke sekolah SD itu tidak perlu tes masuk karena sejak TK sudah diajarkan calistung dan menerima murid apa adanya.
  2. Visi dan Misi Sekolah
    Dari visi dan misi sekolah ini kita bisa melihat dengan konsep yang mereka berikan kepada anak didik. Konsep sekolah yang dibangunnya. Contoh saja salah satu visi sekolah yang ingin menjadikan anak didik menjadi insan yang ber-akhlak baik dan universal. Sementara misinya dengan konsep pendidikan yang bernafaskan agama dengan kurikulum nasional dan internasional dengan bahasa pengantar Indonesia dan Inggris.
  3. Tes Masuk
    Ada beberapa sekolah yang mewajibkan untuk tes masuk seperti
    1. calistung: (membaca, menulis dan berhitung) dari sini kita bisa lihat dari metode/cara belajar yang diberikan oleh sekolah tersebut direct teaching maksudnya satu arah seperti jaman dulu kita sekolah. Guru mengajar, memberikan latihan, dan PR secara konvensional.
    2. observasi: hanya interview antara anak dan orang tua. Sekolah menerima yang murid baru dengan tes observasi berarti konsep/metode belajarnya active learning.
  4. Lokasi dan sekitar Sekolah
    Banyak sekali sekolah yang bagus dan baik menurut saya jauh dari tempat tinggal kami. Tapi hal–hal berikut bisa dijadikan pertimbangan ya.
    1. Jarak yang dekat dengan rumah supaya anak tidak terlalu capek di jalan (macet), memudahkan untuk antar jemput, menghemat waktu dan biaya. Kalau jauh kan kasian anak kita dia harus berangkat lebih pagi dan pulang lebih siang.
    2. Tidak di kawasan yang ramai lalu lintas: di pinggir jalan raya ataupun di lokasi pusat perbelanjaan.
    3. Lingkungan yang kondusif (hiruk pikuk suara di luar sekolah bisa mengganggu kegiatan belajar anak – konsentrasi belajar terganggu).
    4. Gedung sekolah yang bagus dan megah tidak menjamin bahwa sekolah tersebut baik.
  5. Akreditasi
    Kalau kita lihat di papan nama sekolah, brosur, atau website selalu ada akreditasi A,B. Atau sekolah tersebut belum ada akreditasi-nya. Jika kita memilih sekolah untuk anak sementara sekolah tersebut belum terakreditasi, jangan panik. Karena akreditasi dari dinas itu mudah diproses. Perlu diketahui Instrumen Akreditasi yang baru mencakup 8 komponen Standar Nasional Pendidikan (standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian). Jika semua komponen terpenuhi maka akreditasi dapat dicapai dengan mudah.

Coba deh sedikitnya kita bedah sekolah negeri vs sekolah swasta.

Keunggulan sekolah negeri dibandingkan swasta:

  1. Bebas SPP (ada SPP tapi relatif kecil).
  2. Bebas uang bangunan (ada, tergantung kebutuhan sekolah).
  3. Adanya Konsep Sekolah Unggulan yang ber dipandang sebagai salah satu alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus kualitas SDM.

Sementara ini alternatifnya adalah SD Islam Al-Ikhlas yang ada di Jl.Nakula, Jakasampurna, Bekasi. Lokasinya ngga begitu jauh dari rumah saya di Galaxi. Anak bisa diantar dengan sepeda atau motor. Karena sekarang Alifa sekolah di TK Harapan Mulia, sekolah swasta umum, jadi saya ngga ada rencana melanjutkan untuk SD di tempat yang sama.

Saya ingin agar Alifa dan adiknya Dammar bisa satu sekolah nantinya agar urusan penjemputan dan mengambil raport lebih praktis, ngga bolak balik kalau sekolahnya beda.

Apakah ada urban Mama Papa yang bisa memberikan input dalam mencari sekolah untuk si kecil?

Kategori Terkait


Tag Terkait

16 Komentar
nkhresna June 3, 2013 2:53 pm

sbg ibu dari satu anak yang mau SD. Masih bingung memilih sd yg bagus bermutu dengan harga terjangkau karena saya awam di daerah jakarta selatan. Apa ada rekomendasi SD negeri yg dekat di wilayah jakarta selatan? makasih

biruhati May 3, 2013 10:53 am

Sekolah Alam (SA) Jingga Life School mengundang Ayahbunda orangtua/wali murid & calon murid utk hadir pada :

Sarasehan Parenting "OPEN MIND Sekolah Alam" & Penutupan Pendaftaran Siswa SA Jingga Life School pada :

Ahad, 5 Mei 2013
Jam 09.00 - 11.00
di SA Jingga Life School, Bekasi Utara
Agenda :
1. Sarasehan Parenting "Open Mind Sekolah Alam bersama Praktisi Sekolah Alam "SCHOOL OF UNIVERSE" Parung-Bogor since 2004
2. Pengukuran pakaian
3. Pengumpulan kelengkapan administrasi (FC KTP orangtua/wali, akte kelahiran, pas photo 3x4 sebanyak 2 lbr)

Ayah Bunda yang mau lihat lihat dan sekedar membandingkan metode belajar SA di Jingga Life School juga boleh. . . .

Ditunggu ya. . . . Info : 085719936515 / pin BB 3292277E

Anita Yuniar
Anita Yuniar June 28, 2011 4:31 pm

Mama Amie, iya nih, apalagi kalo udah deket2 mau sekolah, makin gencar cari2 infonya

Hutami Kumala
Hutami Kumala May 5, 2011 2:31 pm

tfs mama adis...
emang sekarang rama nya masih jauh dari masa-masa sekolah, tapi info kayak gini penting buat mamas yang masih baru hihihi :p

thea rizkia
thea rizkia May 2, 2011 3:57 pm

Berhubung belum punya anak yang mau dimasukin SD, jadi ga bisa kasi input nih. Tapi kmrn aku baru aja masukin Cena ke play group setelah melakukan trial tentu saja. Kalo SD ada trialnya gak ya? Kalo ada bagus banget. Karena kita bisa tau suasana belajar dan gambaran umum tentang guru di SD tersebut. Kalo cocok, bisa lanjut. Kalo tidak, bisa cari sekolah lain.

Anita Yuniar
Anita Yuniar May 3, 2011 9:02 pm

mama Thea, ga tau jg deh, sekolah SD bisa ga ya trial gitu? musti aku tanya kapan2...