Keajaiban Bermain Play Dough

Oleh Lala C pada Rabu, 19 September 2018
Seputar Do-It-Yourself
Keajaiban Bermain Play Dough

Bermain play dough dikenal untuk merangsang indera peraba dan imajinasi. Namun ternyata, masih banyak lagi manfaat play dough di luar itu. Psikolog Dr Suzy Green menjelaskan bahwa bermain play dough turut membantu perkembangan fisik anak. Meremas dan menggulung play dough membantu menguatkan otot jari dan tangan yang nantinya berguna untuk memegang pensil untuk menulis. Selain itu, bermain play dough juga berguna untuk hand-eye coordination.

Bermain bersama dengan orangtua juga membantu anak belajar bersosialisasi dan rasa percaya diri untuk mempersiapkan anak untuk sekolah. Orangtua dapat menanyakan apa yang dibuat untuk membantu perkembangan bahasanya.

Play dough juga dapat memberikan efek menenangkan. Meremas dan menekan play dough dapat mengurangi rasa tegang dan melepaskan energi berlebih. Bermain play dough juga membantu meningkatkan konsentrasi anak, yang menurut saya, sangat penting dalam tumbuh kembang anak.

Satu hal yang sebelumnya tidak terpikir oleh saya, ternyata bermain play dough ikut ambil peran cukup besar dalam perkembangan kognitif anak. Untuk membuat sebuah bentuk, anak perlu berpikir bagaimana untuk memperoleh bentuk tersebut. Misalnya, seperti saat Dunant ingin membuat rel kereta api dan asapnya, ia harus berpikir: bagaimana untuk menempelkan satu stik dengan lainnya, warna apa yang ia inginkan, berapa banyak play dough yang diperlukan, dan bagaimana cara membentuknya. Bila bentuk yang dihasilkan tidak sesuai, maka ia perlu berpikir ulang untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan tersebut.

 

Resep Membuat Play Dough

Saya secara personal suka sekali dengan play dough yang sangat lembut. Sensasi yang dirasa berbeda sekali. Karena itu saya akan berbagi cara membuat play dough yang lembut. Cara membuatnya sangat mudah. Benar, memang perlu untuk dimasak, tapi tunggu dulu! Setelah mencoba membuat play dough dengan dimasak dan tanpa dimasak, ternyata jauh lebih mudah untuk membuat play dough dengan cara dimasak, loh! 

Keajaiban Bermain Play Dough  Keajaiban Bermain Play Dough  Keajaiban Bermain Play Dough

Bahan yang diperlukan:

  • Pewarna (opsional)
  • 1 sdm minyak
  • 1 gelas garam
  • 2 gelas tepung
  • 1 gelas tepung pati jagung (maizena)
  • 2 sdm cream of tartar
  • 1 gelas air

Cara:

  • Matikan api dan uleni sebentar hingga empuk.
  • Masukan semua bahan di atas ke atas panci dengan api sedang.
  • Aduk hingga mengental.
  • Selesai! 

 

Ide Bermain Play Dough

Bermain play dough memang tidak ada batasnya. Banyak sekali permainan yang dapat dilakukan dengan play dough. Berikut beberapa contoh yang pernah saya mainkan dengan Dunant.

1. Mengenal Huruf

Keajaiban Bermain Play Dough

Ajak anak untuk membentuk atau mengikuti bentuk huruf dengan play dough. Hal ini dapat sekaligus mengenalkan anak dengan abjad.

 

2. Berhitung

Keajaiban Bermain Play Dough

Buat sejumlah bola atau bentuk lainnya dari play dough. Minta anak untuk menaruh beberapa play dough tersebut sesuai jumlah yang diminta.

 

3. Membuat Pola

Belajar membuat pola berdasarkan warna atau bentuk dari play dough. Sesuaikan bentuk dengan yang anak sukai agar lebih menarik.

 

4. Belajar Warna

Ucapkan warna play dough yang dipegang oleh anak untuk mengenalkan dengan nama-nama warna. Anda juga dapat membuat bola-bola warna dan meminta anak untuk mengelompokkan warnanya. Biarkan anak mencampur-campur warna sesuai keinginan mereka. Atau untuk alternatif, minta anak untuk mencampur dua warna untuk membuat warna baru.

 

5. Membuat Wajah

Keajaiban Bermain Play Dough

Ajak anak untuk membuat wajah. Untuk anak yang lebih kecil, sebutkan kata bagian wajah tersebut. Anak juga menjadi lebih peka dengan bagian wajah mereka. Selain itu, aktivitas ini mengasah kreativitas dan imajinasi anak.

 

6. Membentuk Geometri

Keajaiban Bermain Play Dough

Sediakan tusuk gigi dan buat bentuk-bentuk geometri baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Anak dapat lebih mudah paham dan ingat dengan membuatnya langsung.

 

7. Mengecap tekstur

Cap objek di sekitar ke atas play dough untuk bereksperimen dengan tekstur, motif dan siluet. Hal ini dapat merangsang kreativitas dan rasa keinginan tahuan anak.

 

Selain aktivitas di atas, masih banyak aktivitas yang dapat dilakukan dengan play dough. Seperti membentuk, memotong, belajar pembagian, dan lain sebagainya.

Yuk, manfaatkan bermain dengan play dough! Seru sekali kan! 

 

Kategori Terkait


Tag Terkait

4 Komentar
Afrida Sari
Afrida Sari September 28, 2018 2:20 pm

emang bagus bgt main playdoh buat anak tuh.. sekalian melatih motorik anak

Ayu Vanessa
Ayu Vanessa September 27, 2018 1:43 pm

waahh makasih ya infonya bikin playdoh yang aman, ternyata banyak juga ya manfaat mainan playdoh padahan=l sederhana bangettt

ninit yunita
ninit yunita September 19, 2018 9:03 pm

wih ternyata banyak banget yaaa ide bermain dengan play dough yang seru-seru. seneng banget laura share di sini... semoga mama-mama jadi terinspirasi untuk lebih sering bermain play dough karena banyak banget manfaatnya.

thanks laura (and dunant)!

Cindy Vania
Cindy Vania September 19, 2018 11:39 am

Main dough sama anak2 itu seruu..
Tapi suka gemes kalo semua warna dicampur jadi satu, hahaha..

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies