Theurbanmama

Kebutuhan Masyarakat Urban terhadap Rumah Efektif

Senin, 01 Februari 2016

Mempunyai hunian yang nyaman dan layak mungkin sudah bisa dibilang menjadi hal yang krusial saat ini. Di tengah banyaknya permasalahan yang timbul di berbagai kota besar Indonesia, seperti tingginya nilai harga tanah dan berantakannya moda transportasi seringkali menjadikan kita tidak mempunyai banyak pilihan dalam memilih hunian yang ideal.

[caption id="attachment_112796" align="alignnone" width="600" caption="Rumah kecil yang efektif"][/caption]

Sebenarnya, apa sih faktor utama yang menjadi dasar untuk memilih hunian bagi urban mama dan urban papa? Apakah menginginkan rumah yang cukup besar agar semua kegiatan muat di dalamnya? Ataukah perhitungan dekat-jauhnya dengan pusat kota? Atau malah harus kedua-duanya?

Kalau urban mama dan urban papa sama dengan saya - hanya memiliki budget yang terbatas - mungkin rasanya akan sangat sulit ya untuk memprioritaskan keduanya. Satu-satunya solusi adalah mengakalinya dengan merencanakan rumah yang efektif dan juga efisien.

Rumah efektif adalah rumah yang mempunyai berbagai ruangan yang dapat memfasilitasi kebutuhan penggunanya secara maksimal. Ruangan yang besar belum tentu dapat berfungsi secara maksimal apabila fungsi-fungsi yang terdapat di dalamnya tidak berjalan dengan baik. Sebaliknya, ruangan yang cenderung kecil belum tentu juga tidak berguna. Kalau ternyata ruangan kecil tersebut dapat berfungsi maksimal, maka dapat dibilang ruangan tersebut efisien.

Contoh sederhana dari ruangan efektif adalah penggunaan ‘ruang tamu’. Apabila urban mama dan urban papa jarang menerima tamu, bisa saja sebenarnya ruang tamu dihilangkan sehingga ruang keluarga dapat diperbesar. Menyukai kegiatan memasak? Kenapa tidak memaksimalkan dapur sebagai pusat kegiatan berkeluarga dengan membuat konsep ‘open kitchen’ dengan meja besar sebagai tempat berkumpul. Atau apabila urban mama dan urban papa bukan tipe yang menggunakan jasa asisten rumah tangga, mungkin saat ini sudah tidak perlu lagi menyiapkan kamar khusus bagi mereka.

[caption id="attachment_112800" align="alignnone" width="600" caption="Open Kitchen yang juga sebagai ruang keluarga"][/caption]

Rumah efektif adalah rumah yang memiliki berbagai ruangan yang dapat mencerminkan kepribadian dan kebiasaan dari sang pemilik rumah. Dan seperti layaknya kita meminta bantuan dokter ketika kita sakit, untuk mendapatkan rumah yang efektif memerlukan jasa arsitek yang dapat menganalisa kebutuhan pasti dari pemilik rumah.

Berinvestasi untuk mengeluarkan sebagian dari dana konstruksi untuk berdiskusi dengan konsultan yang berkompeten bukan saja dapat menghemat pengeluaran namun juga dapat memastikan rumah yang kita bangun dapat benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita. Kalau menurut urban mama dan urban papa bagaimana? Silakan berkomentar di bawah ini ya.

sumber gambar: archdaily | idee-co

Related Tags : ,
Apa Reaksi Anda ?
9 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.