Theurbanmama

Membuat Pola Makan Sehat

Dari artikel sebelumnya, Belajar Lewat Proses Makan, kita jadi paham betul kan bahwa pola makan sehat bukan hanya menyehatkan fisik, tapi juga mampu membuat anak lebih cerdas secara kognitif, bahasa, emosi, dan sosial. Namun kenyataannya masih banyak tuh orangtua yang mengeluhkan anaknya mengalami masalah-masalah berikut ini:

Di artikel ini saya banyak menyebut makanan sehat atau makanan bernutrisi seimbang. Bentuknya seperti apa? Bagian yang ini, sila berkonsultasi kepada dokter gizi atau dokter anak Anda. Saya psikolog, akan membantu Anda untuk membuat anak punya pola makan yang sehat, jadi dari sisi perilaku makannya.

Apa sih yang bisa dilakukan supaya membuat anak makan lebih baik?

Pertama, tentu lakukan berbagai antisipasi. Kalau antisipasi yang dilakukan masih juga gagal (dan ini sering sekali!), jangan putus asa atau merasa gagal sebagai mama. Masih ada kok langkah-langkah penanganan yang bisa dilakukan. Yuk, kita cermati dulu langkah-langkah antisipasi:

Lakukan semua langkah antisipasi. Langkah-langkah ini sudah dapat mengurangi berbagai permasalahan makan pada anak lho, walaupun memang belum bisa menuntaskan semuanya. Namun bukankah proses terbaik mengasuh anak adalah antisipasi alias tindakan pencegahan?

Baru bicara sampai antisipasi, ternyata artikelnya sudah sepanjang ini. Bagaimana dong kalau sudah diantisipasi, namun belum juga berhasil? Nantikan trik-trik penanganannya di artikel berikutnya ya.

Anna SurtiNina Family & child psychologist di Klinik Terpadu, Fakultas Psikologi UI, Depok (021-78881150) dan Medicare Clinic, Menara Kadin, Kuningan, Jaksel (021-5274556)
Related Tags :
Apa Reaksi Anda ?
10 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.