Menyapih Dengan Cinta

Oleh dhira rahman pada Jumat, 25 Juni 2010
Seputar Our Stories

Tidak terasa, sudah 35 bulan lebih saya jadi bunda. Dikaruniai anak di usia awal 20-an membuat saya merasa ”diragukan”. Sejak awal kehamilan, sedikitpun saya tidak pernah terpikir untuk tidak menyusui, alasannya? Oh jangan harap keluar alasan ilmiah dan kesehatan dan ini dan itu, alasan saya simpel, karena 2 hal.



  1. Karena setahu saya setiap bayi ya netek

  2. Karena murah.


Dan saya juga tidak ada persiapan yang aneh-aneh, hanya mengoleskan nipple cream Mothercare sejak kehamilan saya memasuki bulan ke 7.


Alhamdulillah, saya tidak mengalami kesulitan berarti, pokoknya saya menyusui lancar jaya. Selain masalah di awal menyusui yang membuat saya mencampur antara ASI dengan formula.


Beberapa bulan sebelum ulang tahun Zua yang ke-2 saya sudah sounding bahwa “anak besar nggak nenen” dengan berbagai contoh, misalnya anak tetangga yang sudah tidak menyusu lagi. Harapan saya, pada usia 2 tahun Zua akan self-weaning dan kami akan bersama-sama melaluinya, tapi ternyata tidak semudah yang saya bayangkan!


Saya sudah memadukan teknik weaning with love dan metode hypno parenting (istilahnya afirmasi kalau tidak salah) yaitu mengafirmasi dengan kata-kata positif ketika anak dalam keadaan setengah tertidur. Afirmasi menabukan kata-kata “tidak” dan “jangan”, jadi kata-kata “Zua anak besar anak pintar yang minum susu dari gelas” saya ulangi setiap malam, semakin rajin saya afirmasi, semakin lengket Zua dengan menyusu-nya.


Beberapa kali saya maju mundur untuk menyapih Zua, alasan utamanya selalu kasihan. Berkali-kali saya konsultasi dengan sahabat-sahabat saya yang konselor laktasi dan penggiat AIMI, sealu sama sarannya “kamu kali yang belom ikhlas.. makanya itu hati diikhlasin dulu”.. Saya merenung.. Iya, benar.. Saya terlanjut menikmati saat-saat Zua menyusu, menatap saya, tangannya memeluk saya, harum tubuhnya menempel di tubuh saya. Belum lagi “keajaiban” ASI yang selalu jadi andalan dikala Zua sakit.


Seminggu yang lalu, saya tiba-tiba merasa sudah sangat siap dan saya diskusikan dengan suami, alhamdulillah, dia Siap, masalah kami adalah, bahwa Zua sebetulnya sama sekali tidak mau. Memang dia sudah bisa beberapa kali tidur tanpa harus nenen terlebih dahulu, tapi kebanyakan harus nenen dulu, sementara bangun tidur mutlak harus nenen.


Hari pertama weaning, masalahnya adalah Zua menangis sekuat-kuatnya pada saat bangun tidur dan ayahnya terpancing emosi, Zua dimarahi dan lagi-lagi mencari nenen untuk ketenangan. Sayapun segera berkonsultasi dengan uni Sari, konselor laktasi idola saya, dan berhasil saya tarik benang merah. Malamnya saya diskusi dengan suami yang juga merasa bersalah, okay, kami sudah memutuskan akan menekan emosi karena kami berdua tahu, ini saat yang sulit buat Zua.


Tidur siang dan bangun tidur tanpa nenen berhasil saya lewati dengan aktivitas membaca cerita dan ngemil langsung setelah bangun tidur. Yogurt, keju, dan agar-agar adalah sogokan yang tidak pernah gagal. Tidur malam, Zua akan dipijat oleh ayahnya sambil dibacakan cerita, saya menunggu di luar kamar sampai Zua tertidur. Di hari ke-5, Zua sudah “jinak” dan bisa saya teman tanpa memaksa meminta nenen. Ketika Zua terbangun malam ayahnya akan mengambilkan antara air putih atau susu untuknya, memangku sambil meminumkan, saat ini biasanya saya tak kuasa menahan air mata, betapa besar perjuangan kami bertiga.


Bangun tidur pagi menjadi saat terpenting bagi kami. Ayah Zua sudah harus mandi jam 7 dan berangkat pukul 7.45, sementara Zua akan nenen dulu dan bangun jam 7.30, Sekarang Zua bangun pukul 7, langsung saya ganti baju, kami jalan pagi di jogging track, kadang bawa bola dan main di lapangan tenis, pokoknya langsung dialihkan. Alhamdulillah di hari ke 7 sudah bisa bangun dan malas-malasan dulu, baru kemudian jogging. Godaan terbesar kami adalah ketika Zua sakit. Badannya demam 38.5 derajat Celsius dan saya sangat ingin menyusui. Sementara suami menguatkan saya. Berdua, kami hadapi, alhamdulillah, saya hanya memberi Zua 1 SDM ASIP, panasnya Turun, saya shalat dan memohon untuk diberi kemudahan dalam menyapih Zua, alhamdulillah, sakitnya berangsur-angsur hilang walau saya tidak menyusuinya


Saya sudah menetapkan bahwa anak saya, Damar Hakim Lazuardi Rahman adalah sarjana ASI.


 


Hal-hal indah setelah kami resmi “berpisah” dengan nenen datang susul menyusul, dimulai dari porsi makan zua yang 2x lipat dari sebelumnya, lalu porsi cemilannya yang bertambah, Sekarang porsi air putih yang diminumnya juga bertambah.


Zua makin mandiri, dan saya merasa lebih disayang dan dihargai olehnya. Beberapa kali sehari Zua memeluk saya dan berkata “bunda, aku sayang loh sama bunda” atau tiba-tiba waktu saya memasak dia memanggil ”bunda, bunda,sini bentar,mas ua mau peluk”. Kami bertiga, saya, suami saya dan Zua makin dekat, makin bisa mengontrol emosi kami. Minggu-minggu terakhir ini mendekatkan kami secara emocional, dan memperkuat bonding.


Saya bangga, bahagia, dan merasa diberkahi sekaligus. Jadi mama, jangan takut untuk menyusui, jangan takut merasa tidak siap menyapih, jadikan pengalaman masa menyusui kita menjadi pengalaman terindah!


 

53 Komentar
Anggie Fasallo
Anggie Fasallo October 14, 2014 10:48 pm

tfs ya mom :)
sangat membantu sekali untuk proses menyapih Kimo yg sebentar lagi ultah ke-2. dag dig dug rasanya...

Floriberta Aning Sriwahyuntari December 6, 2013 4:12 pm

salam kenal :)
izin share y

Rizqa Amalia
Rizqa Amalia December 7, 2012 3:18 pm

salam kenal mba dhira..

baca ceritanya dan makjleb banget...
masih salah cara2 ku untuk menyapih...hiks hiks terutama adalah :

1. ikhlas
bener banget ya udah 2 taun nyusuin rasanya seneng banget liat wajah anak kita yg tenang saat disusui..
2. hypnotheraphy ku pakai kata2 tidak.. mimi mama no no no..
jadi dia udah tau klo ga boleh tapi maah jadi nangis2..

bener2 introspeksi diri nih jadinya..

makasih banyak ya mba, share nya bermanfaat banget

Rizqa Amalia
Rizqa Amalia December 7, 2012 3:14 pm

salam kenal mba dhira..

terharu banget baca ceritanya dan makjleb banget...
masih salah cara2 ku untuk menyapih...hiks hiks terutama adalah :

1. ikhlas
bener banget ya udah 2 taun nyusuin rasanya seneng banget liat wajah anak kita yg tenang saat disusui..
2. hypnotheraphy ku pakai kata2 tidak.. mimi mama no no no..
jadi dia udah tau klo ga boleh tapi maah jadi nangis2..

bener2 introspeksi diri nih jadinya..

makasih banyak ya mba, share nya bermanfaat banget

umarasw January 8, 2012 3:18 pm

terharuuu ...
anak keduaku masih 13 bulan, dan nempel banget sama aku. Masih ASI sampai sekarang, alhamdulillah :)
Ketakutan untuk seulit menyapih juga menyergap saya, dan ingin sekali bisa berhasil menyapih dengan cinta, tanpa perlu ada 'pemberontakan'...
Semoga saya berhasil yaa.. Insya Allah :D

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies