My Breastfeeding Experience

Oleh Kenny pada Selasa, 19 Januari 2010
Seputar Tips

Saat para perempuan selalu membahas mengenai kehamilan dan persalinan -- entah itu lamanya, sakitnya maupun cerita-cerita lain yang tidak kalah heboh -- saya merasa kecolongan karena tampaknya tidak ada yang pernah menceritakan suka duka menyusui (setidaknya di lingkungan sekitar saya).  Padahal ibu saya, yang menyusui keempat anaknya adalah orang yang selalu memberi wejangan maupun tips-tips untuk setiap event dalam kehidupan saya.  But no, not about this - and I'm still wondering why up until now. Mungkin beliau sudah keburu membanjiri saya dengan tips mengenai pregnancy dan persalinan, sehingga serba serbi menyusui sedikit terlupakan.



I had it easy on the delivery, cukup dua kali mengejan dan merasakan kontraksi 2 jam saja, but not on the breastfeeding part, unfortunately. Hingga Akasyah berusia 3 hari, air susu belum keluar juga. Banyak faktor saya kira, tapi garis besarnya adalah kurang informasi. January depan, insya Allah genap dua tahun saya berhasil menyusui Akasyah. Not easy indeed dan kalau boleh jujur di awal menyusui sering rasanya saya ingin menyerah.  Mulai dari ASI telat keluar, nipple lecet parah karena latch on yang kurang sempurna, mastitis sampai 5 kali (penyumbatan kelenjar payudara yang bikin saya demam sampai 40 C), supply ASI tiba-tiba menurun drastis dan hal hal lain yang bikin saya tidak heran kenapa banyak sekali ibu-ibu yang gave up on breastfeeding, terutama yang juga bekerja.

Sekarang, banyak sekali hal yang saya harap saya tahu dulu. These are some things based on my experience, it may be not sufficient, so please do share your own tips :)


1.  Rooming In, or at least always try to breastfed every few hours after delivery.


Rooming in memudahkan kita untuk mengontrol bayi dan menyesuaikan diri dengan jadwal minum bayi agar merangsang ASI segera keluar.  Tapi kadang-kadang masih ada rumah sakit yang tidak menyediakan fasilitas ini atau malah kita yang memilih untuk tidak rooming in setelah proses persalinan yang berat agar dapat beristirahat. ini bukan masalah besar, kita tetap bisa minta agar bayi dibawa setiap beberapa jam atau malah kita yang menghampiri bayi untuk menyusuinya apabila memungkinkan


2. Make yourself well informed.


Penting sekali untuk membekali diri kita dengan informasi yang memadai. Banyak hal yang bisa mencegah terhentinya memberi asi karena well informed. Misalnya aja info bahwa bayi sesungguhnya mampu bertahan tanpa ASI hingga beberapa waktu. Jadi kalau ASI ga keluar right away, bukan  alasan untuk langsung give up dan pindah ke susu formula. Well informed itu bikin pede, yang akhirnya bikin relaks. Tapi jangan lupa juga source informasinya diusahakan dari beberapa sumber yang kompeten, jangan sampai hanya bergantung pada satu sumber saja.


3. Don't underestimate breast massage dan kompres air hangat.


Tampak sepele, tapi bisa mencegah mastitis yang sangat menyebalkan. Setelah 5 kali kena mastitis, massage is a must. Biar ga lupa, saya massagenya di kamar mandi sambil sabunan.


4. Keep a positive attitude that kita pasti berhasil menyusui, but tetap santai and take it one day at the time.


Many times persediaan ASIP di kulkas tampak kurang dan udah siap-siap untuk memakai formula in case kejadian kurang persediaan tapi alhamdullillah ternyata selalu cukup, by some miracle. Entah itu bayinya ga terlalu lahap hari itu atau ternyata bisa pulang cepet dan jadi bisa menyusui langsung. Pokonya yakin, relaks, berusaha maksimal selanjutnya berserah diri dan tawakal.


5. Be prepared and well-equipped to breastfeed.


Walaupun idealnya memerah ASI bisa dilakukan dengan tangan (manual) tapi this thing take a while to master dan ga selalu cocok untuk semua orang. Jadi invest on some breastpumps dan perlengkapan lainnya yang bisa menunjang seperti nippleshield, breastpad, milk saver etc. Again, info dan review dari pengguna lain sangat membantu.


6. Bergabung dengan teman-teman atau komunitas pro ASI.


Baik itu di sekitar pemukiman tempat tinggal maupun di dunia maya, including theurbanmama :). Saya sih dulu terbantu setelah ikut mailing list asiforbaby, banyak info dan bisa minta saran online.


7. Doktrinlah orang-orang sekitar kita :)


Kadangkala tantangan paling berat datang dari orang sekitar kita, makanya sering-seringlah berdiskusi dan keep them informed about ASI. Contohnya suami saya, pada awalnya dia ga terlalu ngeh, bahkan pernah buang ASIP yang udah susah-susah dikumpulkan ke kitchen sink (masih sakit hati kalau inget). Tapi karena saya sering sharing pengetahuan yang saya dapatkan dan melihat kegigihan istrinya juga mungkin ;P - akhirnya dia jadi supporter no.1.  Contoh kedua adalah teman sekerja, yang pada awalnya ngeledekin ritual memompa saya. Saya tunjukkan bahwa apapun tidak menggoyahkan niat saya untuk tetap kasih ASI. Lama-lama mereka malahan penasaran sendiri, kok saya keukeuh banget sama ASI dan akhirnya mendukung dan bahkan berniat untuk memberi ASI kelak untuk anak mereka.


8. If you failed once, jangan menyerah.


Seperti Akasyah yang pernah minum susu formula di hari hari pertamanya, gagal ASI ekslusif jangan membuat kita menyerah sama sekali. Justru setelah kejadian itu, saya semakin memotivasi diri agar jangan sampai kejadian lagi.  


9. Keep in mind that it's not easy, but always worth it.


Yang pasti bayi ASI itu bukannya anti sakit dan juga tidak usah menjadi anak jenius. Seringkali persepsi yang seperti ini menjadi bumerang, misalnya bila sakit akan dikomentari "kok bayi ASI tapi sering sakit sih?". In my opinion, saya memberi ASI pada Akasyah karena haknya lah untuk mendapat yang terbaik yang sudah diformulasikan oleh penciptanya sendiri. Soal kelak tenyata jadi anak yang sehat kuat dan pintar itu adalah bonus. :)


 


*image from avocadolite.com

31 Komentar
lindapuspawati July 16, 2012 2:24 pm

All sis jadi klo mau ngasih asi gmn yach? Begitu selesai melahirkan uda bisa kasi ato gmn?ato mesti pancing pake pompa dl,soal nya gak yakin bisa lgs kasi dari payudara ke baby... Soal nya aku bener" niat ngasih asi ke baby cuma gak tau cara nya...

Rini Setianingsih
Rini Setianingsih September 7, 2010 11:56 am

supporter No.1 gw buat ASIX adalah my lovely son Khiar. waktu masa cuti selesai gw sempet mau ngasih sufor ke khiar karena khawatir persediaan ASP nanti ngga cukup gara2 khiar sgt kuat minum susunya, tapi khiar menolak mentah-mentah berbagai merek sufor dan hanya mau ASI. akhirnya dengan berbekal 12 botol ASIP gw mulai hari pertama kerja dengan perasaan khawatir. ternyata eh ternyata ... (terima kasih Tuhan) sampai dengan saat ini persediaan ASIP tdk pernah kurang malah luber..ber..ber..rahasianya: khiar memanage dirinya sendiri, berapapun produksi gw hari itu pasti khiar menyisakan 1s/d 2 botol buat disimpan ^_^

idriyani idris
idriyani idris November 22, 2016 12:17 am

Aku jg stock dikit nih mom. Pdhl kamis uda mulai masuk. Jd semangat abis baca ini semua

Kenny
Kenny February 10, 2010 3:15 pm

Aduh sori ya telat bgt nih, jarang dibuka buka lagi artikel ini :)
@finnie: senangnya bisa lancar gt :), memang paling enak klo lingkungan tmsk dsa, rumah sakit dan suster2nya pada melek ASI, jadi kita ga 'berjuang' sendiri .. mudah2an nyampe 2 taun juga ya, ayo semangat!

@nia_hastika sebelum pilih rs bersalin, mendingan pastiin dulu apa mereka pro ASI ato ngga. antara lain tanyain mengenai IMD dan fasilitas rooming in. Tanda2nya RS yg pro asi biasanya ada kursus/ pelatihan menyusui untuk mom to be.
Mudah2an anak kedua nanti bisa lebih sukses ASInya ya, biasanya klo udah punya niat yang kuat bisa deh :)

nia_hastika January 28, 2010 6:24 pm

dear mb kenny..

sy skr lg hmil anak k2 pngnna sii pas mlahirkn bsa lgs ksi asi.. tp g tau rs na bolein to g?

bnr bgt pas sy ksi olie (anak 1) asi (g eksklusif sii) m2 sy org yg plg nganjurin utk nglepas asina.. mslna olie trmasuk bayi yg g gendut n sakit2 krn alergi (pdhal alergina dr su2 formula yg d ksi rs pas lahir)..

tp skr m2 sy malah support sy utk t2p ksi asi k anak sy yg k2 tar.. pasalna ponakn sy yg bru umur 3mgg hrus opname krn diare (pupna ijo) n dokterna nyaranin klo g da msl ma asina yaaa kudu d su2in... dr stu ma2 sy lgs support `gmn2 kmu kd ksi asi babyna ya... biar g gampang sakit`!

umur2 4-8bln hpir 2mgg skali olie kudu dtg k dktr anakna.. alhmdulillah stl umur staon n t2p asi (skli lg g eksklusif) olie bratna nambah trus n g gmpang kserang pnyakit lo... walo d skitarna pd flu dia sndiri yg t2p seht...

I luv my daughtr much...
pokokna pro ASI jg dh...

finnie
finnie January 26, 2010 9:24 pm

yeahh mama kenny rocks.. bentar lagi lulus deh ya ASInya.. akupun berniat sampe 2 thn, it means 1 thn 9 bln lagi.. hoho

sebenernya kl RSIA pasti ngasi info2 ttg ASI sblm melahiran di kelas senam hamilnya.. ky sebuah RSIA di area brawijaya *ups, gpp kan ya..?* membekali aku dgn info ttg breast massage, latching on, tanda2 bayi masih lapar, sampe cara mompa+penyimpanannya...

semua tips2 diatas manjur bangettttt.. aku lgsg rooming in dan dlm 12 jam ASInya keluar.., dan pada saat itu ga kpikiran gmn kl ga keluar atau stress ga penting krn takut lecet dll.. + thinking ajah

kalaupun lecet ga usah khawatir.. ada salep2 yg bs meredakan kok... atau kompres pake camomile teabags yg sudah diseduh, jd ga boleh patah arang,, dulu aku kl kesakitan sampe jambak2 rambut sendiri.. tp 4 hr kemudian udah ilang semua lecet2nya.. :)

PRO ASI, your baby deserves the best nutrition.

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies