No-paint Bookcase Makeover

Oleh Angie Renata pada Jumat, 23 Oktober 2020
Seputar Do-It-Yourself
No-paint Bookcase Makeover

Ramadhan lalu, saya sempatkan beres-beres pojok jahit. Maksudnya agar makin nyaman dan mudah mencari printilan alat jahit yang tercecer. Setelah dirapikan, saya baru sadar… ternyata printilan alat jahitnya banyak sekali! Memang paling susah sih menahan godaan satu ini (selain belanja kain, tentunya).

Jadilah saya kelimpungan mencari tempat untuk discovery ini. Untung di rumah banyak rak buku kecil hadiah dari event. Setelah dirapikan, rak yang tadinya berwarna kayu saya makeover sedikit supaya senada dengan pojok jahit yang dominan putih. Untuk makeover ini saya pakai sticker karena lebih praktis. Setelah rapi pun rak bisa langsung dipakai, tidak seperti cat yang harus ditunggu sampai kering dan aromanya berkurang. Saya suka sekali dengan hasil raknya. Apalagi setelah ditambah caster (roda), jadi mudah kalau mau menjahit dimana saja.

Material di atas kebetulan saya stok di rumah, tetapi mencarinya juga tidak susah kok. Sekrup dan teman-temannya bisa dibeli di toko bahan bangunan atau toserba Borma. Sementara sticker dibeli di IBCC Bandung, persis depan food court. Sticker ini dijual per meter dan tersedia dalam berbagai motif dan warna. Caster nilon untuk furnitur saya beli di ACE Hardware seharga Rp. 7,900 saja per piece. Saya pakai dua macam, yang tanpa brake/rem dan yang memakai brake. Enaknya ada brake, rak ngga tidak bergeser walau kena senggol. Berikut cara makeover rak bukunya:

 

1. Bongkar rak dengan melepas semua bautnya. Jangan lupa perhatikan mana bagian bawah & atas rak, serta depan dan belakang. Gunanya untuk menghemat sticker, jadi bagian bawah ambalan rak akan kita biarkan sesuai warna aslinya.

2. Gunting sticker sesuai ukuran papan-papan rak. Cara mengukurnya seperti membungkus kado, lebihkan sekitar 1cm.

3. Buka kertas pelapis sticker sekitar 15cm rata dari kiri-kanan. Setelah itu, lipat kertas pelapis sticker ke arah luar dan tekan sampai rapi.

4. Letakkan papan di permukaan sticker yang terbuka sekitar 1cm dari tepi sticker atau sesuai ketebalan papan. Tekan-tekan sampai sticker menempel ke papan.

5. Balik papan, kemudian lanjutkan memasang sticker dengan menarik kertas pelapis sedikit-sedikit sambil melekatkan sticker ke papan menggunakan kain, busa atau tisu. Jika timbul gelembung udara, dorong sticker ke ujung papan sampai gelembung hilang. Bisa juga ditusuk menggunakan cutter, lalu tekan sampai gelembung lenyap.

6. Untuk bagian sisi, lanjutkan sampai semua sisi papan tertutup sticker. Sementara untuk ambalan, bisa diteruskan sampai semua sisi tertutup atau dibiarkan bagian bawahnya. Potong sisa sticker menggunakan cutter.

7. Lanjutkan sampai semua bagian rak tertutup sticker, kecuali bagian belakang rak.

8. Untuk bagian belakang rak: Gunting kertas kado mengikuti ukuran papan belakang rak. Supaya mudah, jiplak papan belakang di atas kertas kado, kemudian gunting.

9. Tempelkan kertas kado ke papan belakang rak menggunakan selotip agar tidak bergeser sewaktu dipaku.

10. Rakit kembali seluruh bagian rak dengan menyisakan papan belakang. Setelah seluruh bagian dikencangkan, tempelkan papan belakang ke rak menggunakan paku kecil. Jaga agar kertas kado tepat pada posisinya. Balik rak.

11. Selanjutnya memasang roda caster ke bagian bawah rak. Tempelkan dulu keempat caster di permukaan papan. Caster yang ada remnya diletakkan di belakang. Setelah itu, tandai lubang tempat sekrup menggunakan pensil. Angkat caster, kemudian lubangi papan persis di titik-titik tadi. Tidak perlu terlalu dalam, hanya untuk menahan sekrup saat dikencangkan saja. Setelah papan selesai dilubangi, letakkan kembali caster di tempatnya dan kencangkan dengan sekrup.

12. Balik rak ke posisi berdiri, selesai!

Kategori Terkait


Tag Terkait

5 Komentar
Honey Josep
Honey Josep May 3, 2019 5:35 pm

Angie kreatif banget! Ku mau contek idenya!

dieta hadi
dieta hadi July 7, 2017 2:01 pm

keceeee ngie, kreatif banget, furniturenya jadi kelihatan baru ya, lucu pula motifnya.

ninit yunita
ninit yunita July 7, 2017 10:24 am

wihhh jadi beda banget yah ngie... dan pastinya jadi lebih keceee! ide yang oke buat mengubah furniture lama jadi "baru" :)

Angie Renata
Angie Renata July 7, 2017 11:57 am

Iya teh, paling senang milih motif belakangnya...soalnya kertas kado sekarang lucu-lucu :D