Theurbanmama

Olahraga Untuk Ibu Hamil

Hi Dokter Riyana,
Kehamilan saya saat ini masuk 33 minggu. Pada saat 31 minggu, ketuban saya merembes seperti air megalir pada pukul 3 pagi yang mengakibatkan saya dilarikan ke rumah sakit saat itu juga dan terpaksa rawat inap.
Alhamdulillah setelah mendapat suntikan penguat paru-paru janin dan antibiotik, saya hanya 2 hari rawat inap karena setelah itu sudah tidak merembes keluar lagi. Saya disarankan untuk tetap bedrest dan membatasi aktivitas.

Saya ingin sekali melahirkan dengan normal, tapi dengan kondisi saya saat ini saya jadi kurang bisa berlatih kebugaran tubuh, baik senam hamil maupun jalan pagi. Kira-kira bagaimana solusinya ya supaya bisa tetap fit dan prima serta berharap dimudahkan dalam persalinan normal walau jarang olah raga?

Terima kasih, Dok.

-
Sinta Nurdiawan
[email protected]

---

Halo Mama Sinta,
Memang betul dengan ketuban rembes atau pecah apalagi belum waktunya itu merupakan kontraindikasi untuk melakukan senam hamil atau aktivitas yang berlebihan.
Biar bagaimanapun ketuban yang sudah bocor tidak ada lemnya sehingga bisa menutup lagi.
Sebaiknya pastikan jumlah ketubannya bagaimana, jika ada air yang merembes pastikan tes lakmus apakah rembesan itu ketuban atau bukan.

Jika benar ketuban atau jumlahnya berkurang maka dengan sangat terpaksa tidak boleh melakukan exercise seperti senam atau jalan dll.
Lain halnya jika terjadi pecah saat sudah persalinan terjadi dan posisi kepala turun.
Perbanyak air putih atau larutan isotonis. Boleh lakukan stretching ringan dan teknik relaksasi.

Semoga sehat-sehat dan lancar melahirkannya ya, Mama Sinta.

Related Tags : ,,
Apa Reaksi Anda ?
6 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.