#TUMNgopiCantik: Optimalkan Tumbuh Kembang si Kecil Melalui Bermain dan Bergerak Aktif

Oleh musdalifa anas pada Kamis, 29 Desember 2016
Seputar Activities
#TUMNgopiCantik: Optimalkan Tumbuh Kembang si Kecil Melalui Bermain dan Bergerak Aktif

Bagi urban mama, setiap tahap tumbuh kembang si kecil merupakan hal yang tentunya tidak ingin dilewatkan begitu saja. Mengikuti perkembangan si kecil merupakan hal yang menggembirakan dan memberikan kepuasan tersendiri bagi semua orangtua. Banyak momen istimewa yang urban mama lalui bersama si buah hati, mulai dari tengkurap, duduk, merangkak, dan berdiri. Permainan juga dapat membantu bayi menjadi lebih peka terhadap sentuhan serta membantu mengontrol proses kognitif selama tumbuh kembangnya. Bagi si kecil, kenyamanan kulit menjadi lebih penting saat mereka berinteraksi secara fisik dengan lingkungan sekitar, untuk belajar dan memahami. Dan ternyata kelembutan adalah salah satu faktor penting dalam pertumbuhan bayi.

Rabu, 21 Desember 2016 The Urban Mama mengadakan #TUMNgopiCantik edisi bulan Desember, bersama Pampers yang mengangkat tema Si Kecil Aktif Bermain #PakaiPampers dengan menghadirkan narasumber Dr. Catharine M. Sambo, SpA (disapa Dokter Mayung), mbak Febrina Herlambang, Communication Manager P&G Indonesia dan salah satu member The Urban Mama, mama Feni @Besinikel. Menurut Dokter Mayung, pertumbuhan dan perkembangan anak berlangsung pesat pada tiga tahun pertama kehidupan. Ada tiga kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang yang harus terpenuhi dengan seimbang, yaitu:

  • Asuh: nutrisi, imunisasi, pakaian, perumahan, kebersihan diri, layanan kesehatan dasar
  • Asih: rasa aman dan nyaman, kasih sayang, harga diri, kebebasan, kebutuhan akan rasa sukses
  • Asah: stimulasi, keluarga, sekolah, masyarakat

Lebih lanjut dokter Mayung mengungkapkan bahwa Setiap pengalaman yang dirasakan oleh si kecil akan memberikan input sensori yang menjadi bekal perkembangan kecerdasan dan kreativitas di kemudian hari. Stimulasi dini pada bayi yang dimulai dari kesehatan kulit, untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Kebersihan dan kenyamanan juga merupakan aspek yang penting untuk diperhatikan dalam menjaga kesehatan kulit bayi sehingga kulitnya tetap terjaga kelembutannya.

Mengapa kelembutan adalah salah satu faktor penting dalam pertumbuhan bayi? Memperhatikan kesehatan kulit bayi merupakan langkah awal untuk mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak, karena mereka terhindar dari penyakit, mendapatkan stimulasi dini yang tepat dengan bebas bergerak secara aktif serta waktu istirahat yang berkualitas.  Struktur kulit pada bayi usia 0-2 tahun sangat tipis karena ikatan antar selnya masih lemah dan halus. Kulit bayi juga memiliki pigmen yang lebih sedikit, sehingga belum mampu mengatur temperatur seperti halnya anak-anak dengan usia yang lebih tua atau orang dewasa. Selain itu, kenyamanan pada kulit bayi juga dapat membantu mereka untuk tertidur lebih pulas dan efektif, sehingga mendapatkan istirahat yang berkualitas dan tidak sering terbangun karena merasa panas, sesak, tidak nyaman dan sebagainya. Oleh karena itu pemilihan popok yang tepat untuk menjaga kulit bayi tetap kering di area popok sebaik mungkin agar dapat melatih syaraf motorik dan kognitif si kecil.

Apa yang terbesit jika mendengar kata popok atau diaper? Urban mama menggunakan merek diaper apa untuk mendukung tumbuh kembang si kecil? Ketika Mama Zata sebagai MC saat itu bertanya kepada seluruh urban mama yang hadir, mereka spontan menjawab Pampers. Pampers memang sudah menjadi top of mind merek diapers di dunia. Menurut mbak Febrina, Pampers telah berkomitmen untuk hadir dalam setiap perjalanan tumbuh kembang si kecil. Pampers sangat memahami pentingnya kualitas diaper bagi kesehatan kulit bayi. Popok yang berkualitas baik bisa membuat si kecil merasa nyaman saat tidur atau melakukan aktivitas lainnya, yakni dengan menyediakan beragam manfaat nyata melalui fitur-fitur inovatif mereka.

Pada momen ini, Pampers dengan bangga mempersembahkan Pampers Premium Care Pants, popok bayi untuk si kecil yang aktif dilengkapi dengan losion dan perawatan kulit bintang 5 untuk membuat kulit bayi tetap lembut dan membantu si kecil tetap nyaman untuk menjelajahi dunianya. Produk ini lembut untuk kulit bayi, serasa selembut sutra dengan daya serap tinggi. Sebagai popok No. 1 di dunia dengan perlindungan kulit bayi terbaik, Pampers Premium Care Pants memiliki perawatan kulit bintang 5 dengan 5 keunggulan, yaitu: memiliki super gel dengan daya serap hingga 12 jam dan sirkulasi udara yang baik agar kulit tetap kering. Popok ini juga lembut, bagian pinggangnya 2 kali lebih lentur sehingga pas dan nyaman digunakan. Urban mama juga tidak perlu repot menjadwalkan kapan harus mengganti popok anak, karena Pampers Premium Care Pants menyediakan teknologi Urine Indicator yang akan berubah menjadi biru saat kontak dengan pipis anak.

Kenyamanan ekstra juga diperoleh dari losion bayi dan bagian sirkulasi udara yang ada di dalam Pampers Premium care ini yang membuat kulit anak tetap terlindungi dan bernapas walaupun anak banyak bergerak. Jadi bayi bisa tenang, baik saat tidur maupun sedang aktif menjalankan aktivitasnya. Jadi itu yang membuat Pampers berbeda dengan produk lainnya.

Pengalaman yang sama dalam memilih Pampers untuk buah hati tercinta juga diceritakan oleh mama Feni. Menurutnya, orangtua harus selalu belajar dengan baik tentang perkembangan anak sesuai dengan usia perkembangannya. Tidak membatasi aktivitas si kecil baik di dalam maupun di luar lingkungan.

  1. Pastinya memilih popok yang membuat anak kita nyaman untuk mendukung kegiatannya tetap aktif bergerak.
  2. Kami dan Yaya bisa tidur nyenyak karena pakai popok yang tahan hingga 12 jam, sehingga tidak menganggu proses tumbuh kembangnya, kalau Yaya saja bisa tidur nyenyak bayi lainnya juga pasti bisa!
  3. Menemani si kecil bermain itu penting dan pastikan popoknya yang memang fleksibel jadi bebas untuk bergerak jadi tidak menganggu aktivitasnya.
  4. Kita sebagai seorang mama harus menikmati setiap momen dengan si kecil, karena masa tumbuh kembang anak tidak bisa diulang jadi pastikan untuk selalu memberikan yang terbaik.

Menurut Feni, terbukti, Pampers Premium Care Pants sangat cocok untuk bayi aktif. Bahannya yang sangat lembut dan daya serapnya yang tinggi sangat cocok untuk sang buah hati. Kedua anaknya, Kami dan Yaya pun tertidur dengan nyenyak di malam hari dan tidak terganggu oleh popok yang basah atau bocor dan tidak terganggu aktivitasnya

Di sela-sela diskusi, Dokter Mayung memberikan tips untuk membantu urban mama saat mengganti popok bayi. Menurutnya kegiatan mengganti popok memerlukan kesabaran dan keterampilan tersendiri. Bayi yang sudah memiliki kemampuan dan hasrat untuk mengeksplorasi, kadang menjadi sulit tenang. Berikut beberapa tips untuk membantu Mama mengganti popok bayi:

  1. Ajak Bayi Bermain. Mama bisa memberikan beberapa aktivitas yang menarik ketika ingin mengganti popoknya. Misalnya mengajak si kecil menyanyi agar perhatiannya teralihan. Mama juga dapat menjepit mainan kesukaan si kecil di mulut sehingga ia akan berusaha meraih mainan tersebut. Pada saat ia berusaha meraih, Mama dapat segera mengganti popoknya. Metode permainan ini sebaiknya diubah-ubah untuk memberi variasi sehingga ia tidak akan bosan.
  2. Menggoda Bayi. Mama bisa menggerakkan jari naik turun di bagian perut dan kaki sehingga si kecil akan tertawa. Jika ia merasa senang Mama dapat mengganti popoknya dengan mudah.
  3. Wajah Lucu. Menghibur bayi dengan cara menghadirkan mimik wajah yang lucu sangat membantu untuk memudahkan

Setelah diskusi dengan narasumber berlangsung, Pampers menunjukkan ke kami para peserta demo kelembutan Pampers Premium care Pants. Urban mama diminta untuk memegang baby clothes yang sudah disiapkan panitia di atas meja peserta dan membandingkan dengan kelembutan Pampers Premium Care Pants, hasilnya sama, terasa selembut sutra.

Sebelum acara berakhir, para peserta menonton video Momen Pertama dari Pampers 

 

<iframe src="https://www.youtube.com/embed/eYITi4KK-to?rel=0&showinfo=0" width="640" height="360" frameborder="0" allowfullscreen="allowfullscreen"></iframe>

 

Dan sebagai ucapan terima kasih dan bentuk apresiasi Pampers dalam rangka hari ibu yang kita peringati setiap tanggal 22 Desember, Pampers ingin memberikan kejutan untuk para urban mama dan buah hati tercinta. Seluruh peserta diberikan gift hari Ibu dengan nama anak masing-masing. Urban mama pun sangat senang ketika menerima hadiah dan ucapan hari Ibu dari pampers dan The Urban Mama. Terima kasih Pampers, semoga makin banyak bayi ceria dan aktif bergerak #PakaiPampers.

7 Komentar
Febi
Febi January 5, 2017 2:44 pm

Senang banget berkesempatan ikut acara ini kemarin. Nambah ilmu bagaimana pengalaman dapat memperkaya tumbuh kembang anak plus dapat hadiah Pampers pula :) Terima kasih TUM dan Pampers

Imelda Sutarno
Imelda Sutarno December 29, 2016 10:35 am

waaah seru acaranya. Btw itu videonya enggak bisa dilihat, cuma keluar teks-teks gitu, mbak ipeh :)

musdalifa anas
musdalifa anas January 4, 2017 1:58 pm

mama imelda, terima kasih ya. Videonya bikin meleleh ya nontonnya :)

Shinta Daniel
Shinta Daniel December 29, 2016 8:07 am

duh nyesel banget deh nggak bisa ikut mendadak bentrok sama acara kantor...

musdalifa anas
musdalifa anas January 4, 2017 1:58 pm

mama shin, next time ikutan ya.

ninit yunita
ninit yunita December 29, 2016 6:47 am

Acara TUMNgopiCantik bareng Pampers kemarin seru bangeeet! Dapet ilmu, temen baru, daaan goodies yang berlimpah!
.
Meski udah punya 2 anak sudah besar, tetep ngerasa perlu untuk dapet ilmu seperti ini.
.
Seneng liat mama-mama yang datang happy... :)

musdalifa anas
musdalifa anas January 4, 2017 1:59 pm

sama teh, jadi knowledge juga, kalau ada teman yang bertanya bisa sharing. Senang ya ikut acaranya, dapat imu, bisa silaturahim dan goodiesnya kece badai :)

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies