Otak-Otak Goreng untuk Camilan Anak

Oleh widhi pada Kamis, 12 Desember 2019
Seputar Do-It-Yourself
Otak-Otak Goreng untuk Camilan Anak

Selain suka mencoba berbagai macam jajanan, saya juga suka sekali berkreasi di dapur. Memiliki anak laki-laki yang aktif dan suka mengemil, saya pun sering kali membuatkan camilan untuk Lio. Kali ini, saya mencoba resep otak-otak dari @xanderskitchen. Rasanya sangat lezat, tak kalah dengan yang dijual di pertokoan. Beruntung, saya sudah membeli ikan tenggiri yang sudah digiling di teman saya, sehingga proses pembuatannya jadi lebih mudah. 

Bahan-bahan:

  • 600 g ikan tenggiri yang sudah dihaluskan 
  • 3 butir telur
  • 8 siung bawang putih, haluskan
  • 12 butir bawang merah, dihaluskan
  • 3 batang daung bawang, iris halus
  • 240 g sagu tani (bisa ditambah sampai bisa dipulung)
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Membuat:

  • Campur semua bahan, aduk rata.


  • Ambil sedikit adonan, letakkan di telapak tangan, gulung sampai ujungnya meruncing.
  • Rebus adonan otak-otak di air mendidih sampai matang, otak-otak yang sudah mengapung berarti sudah matang.
  • Masukkan otak-otak ke dalam air es, tiriskan.
  • Goreng otak-otak dalam minyak panas, sampai kuning kecokelatan.

Hasilnya cukup banyak dan rasanya enak. Lio juga sangat menyukainya. 

7 Komentar
hanana fajar
hanana fajar August 7, 2017 10:46 am

asik ada resep simpel bikin otak-otak:) sama kaya dieta, kirain susah banget bikin otak otak hehe..makasi sharing resepnya mama widhi:)

dieta hadi
dieta hadi August 7, 2017 10:33 am

wah gampang ya ternyata, kupikir susah bikin otak-otak. baiklah bakal dicoba nih nanti. tfs ya

Ratna Adiguna
Ratna Adiguna August 7, 2017 4:37 am

hi mama widi, salam kenal yaa. aku baru gabung di TUM dan langsung nyoba resep ini. enak banget! terima kasih yaa sudah berbagi.

Cindy Vania
Cindy Vania August 5, 2017 10:17 pm

nyam,nyamm! Krucils suka banget nih sama otak-otak. Mau coba bikin aah, tapi kayaknya mau minta gilingin ikan dulu deh. Heheheh

widhi
widhi August 6, 2017 4:47 pm

1resep ini bs jd bnyk, klo mau cb setengahnya gpp. Kdg bl ikan di supermarket biasanya bs mnt digilingin sekalian..

zata ligouw
zata ligouw August 5, 2017 8:45 pm

wah pas banget nih Wid, si kaka doyan banget otak2, daripada beli di abang2 kan mendingan bikin yah :). makasih yaa resepnyaaa...

widhi
widhi August 6, 2017 4:48 pm

Iya Zata cb bikin aja.. Ini bs jd bnyk, lbh hemat. Bs simpan freezer, klo pengen tinggal goreng.. Dicoba ya..

 

Anda harus Log In untuk memberikan komentar terhadap artikel ini.

Silakan Login di Sini