Pejuang ASI

Oleh Cinta Alexandria pada Rabu, 11 Mei 2011
Seputar Our Stories

Berbekal dari pengalaman dari anak pertama yang saat itu masih kurang pengalaman, akhirnya saat kehamilan anak kedua ini saya pun mulai bergerilya mencari ilmu lewat dunia maya.

Meskipun kurang pengalaman tapi allhamdulillah, Alesya (4 thn), dulu mendapat ASI ekslusif, bahkan saya bisa menyusui sampai umur 3 tahun. Walaupun saat lahir pernah kenal susu formula, karena waktu itu bilirubinnya tinggi dan ASI masih kurang. Akhirnya menyerah ditambah susu formula saat di bluelight (kadang sedih kalau ingat itu karena kurang ilmu jadi tidak bisa berkata tidak ketika suster menyarankan untuk menambah sufor). Untungnya setelah sampai rumah, ASI saya mengalir dengan lancar. Bahkan bisa memberikan ASI full sampai umur 18 bulan. Mulai umur 18 bulan, Alesya minum ASIP dicampur UHT. Masih ingat saat itu banyak teman kantor yang kurang memberikan support ketika saya pumping di kantor sampai anak umur 2 tahun. Mereka tidak mengerti betapa saya berjuang untuk memberikan yang terbaik, berusaha menambah stok ASIP di freezer. Bahkan sampai nangis bombay ketika listik mati seharian dan harus merelakan sekitar 1liter stock ASIP di freezer terbuang percuma.

Berbekal pengalaman anak pertama yang harus kejar-kejaran stok ASIP itulah akhirnya pada anak kedua saya tidak mau mengulang kesalahan yang sama. Meskipun Arsyila juga bilirubinnya tinggi dan ASI saya belum begitu lancar, saya tetap bertekad memberikan ASIP ketika Arsyila di bluelight. Sejak Arsyila usia sebulan saya mulai rajin mengumpulkan stok ASI dengan berbagai cara tentunya. Kadang menyusui sambil pumping, ataupun pumping ketika tengah malam saat Arsyila tidur. Tidak terasa sebulan sebelum saya kembali kerja ternyata stok ASIP di freezer sudah sepenuh ini.

Bersyukur saya mempunyai suami yang amat sangat mendukung pemberian ASI pada anak-anaknya, hingga suami selalu menanyakan kondisi freezer yang sudah full yang membuat saya tidak mungkin menyimpan ASIP lagi. Hingga akhirnya diputuskan untuk membeli freezer 4 rak khusus untuk ASIP. Akhirnya dievakuasilah ASIP itu ke freezer baru, sehingga saya bisa tetap pumping. Bahkan dalam perjalananpun saya selalu pumping untuk mengumpulkan stok ASI di freezer.

Sekarang saya sudah mulai kerja lagi, setiap hari selalu menyiapkan "perlengkapan perang" untuk pumping di kantor. Meskipun di kantor tidak ada nursing room, tapi saya masih bisa pumping di ruang file.

Perjuangan saya masih panjang, semoga saya berhasil memberikan yang terbaik buat anak-anak saya. Dan semoga saya pun bisa mencontoh mama saya yang telah berjuang dan bahkan sampai sekarang pun tetap berusaha memberikan yang terbaik buat anak-anaknya.

Kategori Terkait


Tag Terkait

81 Komentar
mamamanis May 19, 2016 8:53 am

wah mantap banget asi-nya mba...semoga ASI saya juga bisa banyak amiin

Wulan Rahmadhany
Wulan Rahmadhany September 19, 2014 9:13 am

I heart u mom, kebetulan di kantorku yang sekarang jg nggak ada nursing room (padahal smoking room ada 2 ruangan di masing2 lantai >.<). Jadi aku rencananya mau pumping di musholla cewe atau gudang stationeries aja (masih hamidun sekarang :p). Semoga bos2 di kantor tergerak hatinya buat supporting mama perah.

bundanya alva_danish December 21, 2013 10:35 pm

waahh..luar biasa stoknya. awal aq msk kerja freezer penuh stok asip tp skr hanya bs saving utk per 2 hari aja, krn sempet stres gara2 pompa rusak dan kesakitan luar biasa kl diperah manual.
tp ttp semangat utk ngasih asix ke dd danish(5mo)^^..
Ttp semangat mommies...jgn pernah lelah utk ngasih asi, dimana ada kemauan..pasti dimudahkan jalannya
asi tetap yang terbaik^^

Annisya Yasmin September 24, 2013 10:09 pm

waahh hebat mba, saloot...
aku jadi terpacu buat lebih semangat lg pumping, spy dragon babies ku bisa minum asi sp 2 th ^_^v

tq yaa...

-bunda dragons-

Nauli Siregar
Nauli Siregar August 5, 2013 8:49 pm

Salut buat "Pejuang ASI" Cinta.., sayangnya anak pertama saya tidak full asi karena princess-ku bilirubin tinggi dan sering stress karena mertua sufor minded. Jadi cuma 6 bulan . Sekarang saya anak ke2, dan sudah masuk bulan ketiga. Stock ASI baru penuhin 2 freezer saja tidak sebanyak Cinta, masih khawatir apakah cukup yah ? Kondisi freezer juga kadang buka tutup..pls advice

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies