Pengalaman Pertama Mengajak Anak ke Bioskop

Oleh Woro Indriyani pada Selasa, 22 Agustus 2017
Seputar Tips
Pengalaman Pertama Mengajak Anak ke Bioskop

Saya dan suami adalah sama-sama penikmat film bioskop. Baik film dalam negeri atau luar negeri. Namun setelah menjadi orangtua, cita-cita untuk selalu menyempatkan movie date tidak pernah terwujud. Rasanya menonton dengan meninggalkan Rey di rumah bersama pengasuh atau menitipkan kepada neneknya bukan solusi. Karena saya pasti tidak fokus dan malah tidak menikmati film. Saya jadi bercita-cita mengajak Rey menonton film di bioskop suatu hari nanti.

Setelah 2,5 tahun akhirnya yang selama ini saya nantikan terwujud juga. Hari Sabtu kemarin menjadi kali pertama Rey menonton film favoritnya Cars 3 di bioskop bersama saya, Mbah Uti, budhe-budhe dan sepupu-sepupunya. Alhamdulillah nonton perdana ini bisa dikatakan sukses besar, Rey sangat fokus menonton, tidak rewel dan tidak minta keluar ruangan karena takut. Berikut beberapa tips yang saya terapkan agar sukses menonton bersama si kecil untuk pertama kalinya:

Perhatikan Usia Anak

Kenapa saya harus menunggu sampai Rey berusia 30 bulan baru mengajaknya menonton? Karena saya merasa di usia ini Rey sudah siap. Saya perhatikan ketika Rey menonton acara di TV, ia bisa ikut tertawa terbahak-bahak atau bahkan sedih sesuai dengan jalan cerita yang sedang ia tonton. Jadi di usia inilah saya merasa Rey bisa memahami cerita yang ia tonton di layar kaca, bukan hanya sekedar melihat apa yang ditayangkan.

Pilih Film Sesuai Minat Anak

Sebelum saya mengajak Rey menonton, terlebih dulu harus diputuskan film apa yang sesuai minat Rey. Saya sebelumnya memperlihatkan kepada Rey beberapa trailer film anak yang akan tayang di bioskop dalam waktu dekat. Dan dari semua trailer yang ia lihat, hanya ada satu film yang membuat Rey fokus sampai terbengong-bengong yaitu Cars 3. Jadi diputuskan untuk menonton Cars 3 saja.

Pilih Jam Menonton yang Tepat

Durasi film bioskop ini bisa menjadi terasa sangat lama untuk anak-anak. Jadi lebih baik dipilih waktu yang pas untuk menonton. Saya sendiri memilih jadwal film setelah makan siang. Harapannya dengan kondisi perut terisi, Rey akan lebih rileks menonton. Dan benar saja sepanjang film diputar Rey sangat fokus ke layar tanpa meminta makanan ataupun minuman.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Suhu di ruangan bioskop bisa jadi terasa cukup dingin untuk anak-anak. Demi faktor kenyamanan saya sengaja membawakan jaket dengan tudung dan sepatu tertutup agar tubuh Rey tetap hangat dan nyaman. Karena Rey belum lulus toilet training, maka urusan toilet masih aman karena sebelum masuk studio diapers-nya saya ganti. Bagi anak yang sudah lulus toilet training ada baiknya sebelum mulai menonton bisa buang air kecil terlebih dulu.

Nobar

Acara menonton kali ini saya dan kakak-kakak ipar saya sengaja janjian untuk nobar. Dengan harapan Rey tidak terlalu merasa asing ketika masuk ke bioskop, karena digandeng kakak-kakak sepupunya. Tidak merasa takut duduk di kursi sendiri karena disampingnya ada saya dan kakak-kakak sepupunya. Dan bahkan ketika beberapa anak berteriak saat lampu studio dipadamkan, Rey tetap tenang menatap layar dan fokus menonton film yang diputar.

Terus Dampingi Anak ketika Menonton

Dampingi di sini bukan sekadar duduk di sampingnya ketika sedang menonton. Saat lampu studio mulai diredupkan dan ada iklan dari Cinema XXI dengan suara yang mengagetkan, saya sekilas melihat muka Rey panik. Namun saya terus mencoba menerangkan apa yang sedang terjadi, suara apa dan gambar apa yang sedang diputar sampai ia merasa tenang kembali. Bahkan sampai film dimulai pun saya juga berusaha menerangkan ke Rey cerita filmnya, agar ia lebih tertarik dan tidak fokus ke ruangan gelap dan suara keras.

Alhamdulillah Rey sangat menikmati film Cars 3, bahkan ia marah ketika kakak sepupunya tidak sengaja menghalangi padangannya. Rey juga paham adegan apa yang dilihat, karena ketika kami sudah pulang dia masih bertanya 'Ibu kenapa McQueen sedih? Dia ketabrak ya, Bu?'. Walaupun seperempat film terakhir ia sempat tidur karena memang sudah lewat 2 jam dari jam tidur siangnya, tapi nonton perdana ini bisa dikatakan cukup sukses. Jadi tidak sabar untuk mengajak Rey ke bioskop lagi! 

9 Komentar
Cindy Vania
Cindy Vania August 25, 2017 8:32 am

Makasih tipsnya ya mama Woro!

dieta hadi
dieta hadi August 23, 2017 11:55 am

Asyik ya rey ternyata nonton bioskop, nanti sering-sering minta nonton ke bisokop sama ibu yaaa.

Woro Indriyani
Woro Indriyani August 23, 2017 3:07 pm

Iyaaa Ibunya sekarang semangat cari film lain untuk ditonton sama Rey :)

Friska Dina Sitorus
Friska Dina Sitorus August 23, 2017 11:14 am

happy ya rey...thanks tips nya :)

Woro Indriyani
Woro Indriyani August 23, 2017 3:07 pm

Ayo mama Friska, dicoba yah sama Nadia :)

Imelda Sutarno
Imelda Sutarno August 23, 2017 10:14 am

rey hebat euy udah berani dibawa ke bioskop. Aku aja belum berani bawa anakku yang usia 7 tahun ke bioskop karena emaknya udah parno duluan: nanti kalo anaknya bosen piye? Nanti kalo anaknya berisik ngeganggu penonton lain piye? Ahahaha padahal mah kudunya dibawa santai ya mbak Woro.
TFS ya...rey kerenlah pokoknya :)

Woro Indriyani
Woro Indriyani August 23, 2017 3:07 pm

hehe terima kasih mba Imelda, seneng nih Rey nonton :)

Ratna Adiguna
Ratna Adiguna August 22, 2017 5:45 am

wah senangnya rey :) puas-puasin nonton bareng anak ya mama woro sebelum nanti sudah SMA, akan lebih banyak nonton sama teman-temannya. terima kasih untuk tips nonton di bioskopnya.. aku sendiri, anak baru 1 tahun, kalau nonton sama suami biasanya aku titip sama mama dulu.

Woro Indriyani
Woro Indriyani August 23, 2017 3:06 pm

iya Mama Ratna, jadi tidak sabar mengagendakan acara nobar sama Rey lagi :)

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies