Suka Membantu Mama

Oleh Murtiyarini pada Selasa, 07 Januari 2014
Seputar Tips

Saya tidak ingin anak-anak bersikap seperti bos kecil. Saya pernah bertamu ke seorang rekan dan mendengar anaknya berteriak ke ibunya "Ibu, ambilkan minum!" Menurut saya, walaupun si anak masih balita, berteriak seperti itu tidak pantas. Teringat di rumah Asa juga pernah teriak seperti itu. Saya tidak menuruti keinginannya sampai Asa mau mengatakan, "Tolong Mama, ambilkan minum." Begitu terus setiap kali Asa berteriak. Harus telaten dan konsisten, agar bisa menjadi kebiasaan baik meminta tolong.

Lebih dari itu, saya membiasakan anak-anak gemar membantu. Saya biasa meminta tolong pada Cinta,"Cin, tolong ambilkan telur di kulkas" atau " Tolong masukkan baju ke mesin cuci" atau "Pas ke kamar, Mama titip bawakan minyak telon adik ya" dan banyak lagi.

Pada Asa saya meminta bantuan yang lebih ringan dan tidak terlalu berharap hasilnya sempurna. "Adik, tolong buang bekas susu ini ke tempat sampah ya" atau "Dik, ambilkan pulpen untuk mama ya, bisa?" atau "Yuk bantu mama membereskan mainan".

Pada hari libur saya sering ingatkan Cinta untuk mencuci sepatunya. Ia bisa melakukannya sendiri sejak usia 5 tahun. Kebetulan Cinta juga suka main air.

Cinta juga suka membantu saya menjemur baju. Biarpun pekerjaan-pekerjaan ringan, saya benar-benar merasa terbantu. Tak lupa kalimat penghargaan selalu saya sampaikan seusai kerja "Thanks ya Cin, mama terbantu sekali. Pekerjaan cepat selesai dan kita bisa segera membuat proyek scrapbook kita."

Cinta sudah terbiasa saya mintai tolong sejak kecil. Saya lupa tepatnya. Sepertinya sejak bisa menerima perintah. Dan Cinta anak yang penurut. Tidak pernah menolak permintaan saya. Asa pun demikian. Namun karena karakter Asa berbeda, maka cara saya juga berbeda. Saya butuh ekstra kesabaran untuk meminta. Sering kali tetap saja saya yang turun melakukannya, tapi saya tetap mengajak Asa melakukannya berdua.

Meminta tolong anak membantu ada caranya. Catat, meminta tolong tidak sama dengan menyuruh. Walaupun kepada anak sendiri, tetap saya menggunakan kata tolong dan disampaikan dengan nada yang baik. Anak bisa membedakan, terutama Asa, kalau nada saya sedikit tinggi, Asa malah tidak mau membantu. Ya, seperti orang dewasa aja, mau melakukan kalau nada meminta tolongnya baik. Jadi merasa dihargai. Itu adalah tips pertama.

Tips berikutnya, sesuaikan dengan kapasitas anak. Tentunya meminta anak melakukan sesuatu yang mudah ia lakukan. Meminta tolong juga jangan borongan beberapa pekerjaan sekaligus, nanti anak malah bingung. Jadi satu pekerjaan yang mudah. Seiring pertambahan usia akan otomatis bertambah kapasitasnya.

Apakah saya terkesan tega? Ah tidak. Sudah pasti saya sayang anak-anak dan tahu porsi meminta tolongnya bukan hal-hal yang berat. Saya juga mengukur apakah anak-anak capek atau tidak.

Membiasakan anak membantu penting untuk membuat anak mengerti pekerjaan-pekerjaan yang akan dihadapinya kelak beranjak remaja dan dewasa. Terlepas ia anak laki-laki atau perempuan, semua berlaku sama.

Kategori Terkait


Tag Terkait

7 Komentar
risa
risa January 12, 2014 11:37 pm

thx tips nya mba.. :))

zata ligouw
zata ligouw January 11, 2014 6:38 am

makasih tipsnya mbak murtiyarini..

Mama Kinarian January 8, 2014 11:08 am

Tipsnya bagus. Nanti mau saya terapkan kalau anak sy sudah mulai bisa menerima perintah. TFS :)

Eka Gobel
Eka Gobel January 7, 2014 4:43 pm

setuju deh mama arin..
di rumah juga gitu, anak-anak bukan boss saya atau papanya. tetap harus bantu mama utk merapikan mainannya sendiri dan buang sampah pada tempatnya.
nice tips, mama..!

Cindy Vania
Cindy Vania January 7, 2014 11:14 am

Ah iya,anak #1 kadang masih "nyuruh2" mamanya..

Terimakasih buat tips2 meminta tolong yang benar. Kadang suka minta tolong borongan dan anaknya suka bingung :D

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies