Wisata Sejarah Kota Surabaya, Monumen Tugu Pahlawan

Oleh primadika pada Rabu, 02 Januari 2019
Seputar Our Stories
Wisata Sejarah Kota Surabaya, Monumen Tugu Pahlawan

Sudah hampir dua tahun kami kembali tinggal di Surabaya, namun baru beberapa minggu kemarin kami berkesempatan mendatangi Monumen Tugu Pahlawan yang terletak di Jalan Pahlawan, Surabaya. Letaknya berseberangan dengan kantor Gubernur Jawa Timur.

Mengunjungi wisata sejarah banyak manfaatnya, antara lain menambah pengetahuan anak-anak tentang sejarah bangsa, memupuk semangat Bhinneka Tunggal Ika, menyelami kejadian di masa lalu yang pastinya bermanfaat sekali ketika suatu saat akan menjadi bahasan aktivitas di sekolah.

Monumen Tugu Pahlawan menjadi markah kota Surabaya. Memiliki tinggi 41.15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monument berbentuk lengkungan-lengkungan sebanyak 10 dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan lengkungan monumen ini memang mengandung makna sejarah tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Tanggal bersejarah bukan hanya bagi penduduk Surabaya tetapi juga bagi seluruh rakyat Indonesia. Tugu pahlawan memang dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan sekutu.


Di bagian depan, urban mama akan melihat patung proklamator Soekarno – Hatta. Di sekeliling lapangan urban mama dapat melihat patung-patung para pahlawan yang terlibat pada peristiwa 10 November. Selain itu juga terdapat kendaraan yang digunakan oleh Bung Tomo di dekat pintu masuk museum.

Museum Sepuluh November tak kalah menarik. Desainnya yang mirip museum Louvre, kata anak saya. Atap segitiga-segitiga terbuat dari kaca dan sekelilingnya dikelilingi kolam ikan koi dan bunga teratai. Di dalamnya terdapat benda-benda bersejarah mulai dari senjata, pakaian, peta, surat kabar, surat-surat, uang dan diorama detik-detik peristiwa 10 November yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Dan di sana urban mama juga bisa mendengarkan orasi Bung Tomo yang sangat terkenal itu.

Untuk hari Sabtu, museum buka pukul 09.00 hingga pukul 16.00. Tiket masuknya seharga Rp 10.000,- per orang. Seru kan? Kegiatan mengunjungi Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November dapat menjadi kegiatan menarik untuk anak-anak di akhir pekan selain menghabiskan akhir pekan di mal saja.

11 Komentar
Honey Josep
Honey Josep January 8, 2019 10:35 am

Museum sudah makin terawat jadi kita betah untuk berkunjung :)

Surabaya jadi rapi banget, enggak sabar pengen jelajah bareng anak-anak :)

primadika
primadika January 15, 2019 10:09 am

Wah dikomen mbak Honey. Biasanya ketemu di kelas sebelah. Main ke Surabaya, mbak :-)

ninit yunita
ninit yunita January 7, 2019 10:01 am

Seruuu! Wisata sekaligus mengenalkan sejarah pada anak-anak yaa. Bagus deh ini tempatnya, urban Mama yang di Surabaya atau yang nanti mau berlibur ke Surabaya harus masukin ini dalam list tempat yang wajib dikunjungi! :)

primadika
primadika January 15, 2019 10:08 am

Ditunggu Urbanmama main-main ke Surabaya :-)

Angie Renata
Angie Renata January 7, 2019 8:14 am

Wah serpertinya ini tempat yang wajib dikunjungi kalau nanti ke Surabaya!

primadika
primadika January 15, 2019 10:08 am

Yuk-yuk! main ke Surabaya :-)

Dhea Adinda
Dhea Adinda January 7, 2019 8:04 am

Mbaaa, bagus deh artikelnya. Aku ngikutin di sosial media, Surabaya sekarang semakin cantik. Ditunggu Mbaa artikel selanjutnya tentang Surabaya.

primadika
primadika January 15, 2019 10:07 am

Terimakasih sudah membaca. Ditunggu kedatangannya di Surabaya

KatrinLarissa KatrinLarissa
KatrinLarissa KatrinLarissa January 7, 2019 8:00 am

Surabaya kok tambah keren ya! Seneng liatnya. Terakhir ke Surabaya beberapa minggu yang lalu malah ndak ke sini :(

primadika
primadika January 15, 2019 10:06 am

Kalo ke Surabaya lagi jangan lupa mampir :-)