Bermain dan Berwisata Alam di Studio Alam TVRI

Oleh Neneng Restiana pada Sabtu, 05 Maret 2016
Seputar Activities

Studio Alam TVRI merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di jalan Raden Saleh Kecamatan Sukmajaya Depok. Untuk mencapai tempat ini cukup naik angkot D09 dari stasiun Depok Baru atau dari Terminal Depok. Masuk ke Studio Alam TVRI dikenakan biaya Rp 1.000,- untuk pejalan kaki, Rp 5.000,- untuk yang bawa motor, dan Rp 10.000,- untuk yang bawa mobil.


Studio Alam TVRI ini didirikan oleh tokoh jurnalistik Ishadi SK saat beliau menjabat sebagai Direktur Televisi Nasional. Hanya saja, studio alam ini baru mulai dibuka untuk umum pada tahun 2001. Kalau ada yang masih ingat dengan drama berjudul Rumah Masa Depan, Siti Nurbaya dan program televisi Aku Cinta Indonesia, di studio alam inilah program-program tersebut dibuat dan dilahirkan.
Saat tiba di sini, kami memutuskan untuk langsung mengikuti jalan besar dan terus masuk ke dalam hutan. Deretan pohon pinus berdiri tegak menyapa, terus ke dalam kita juga akan menemukan hutan bambu. Dalam hutan bambu ini juga terdapat banyak bangunan tempat shooting dilaksanakan, namun sayang sekali karena tidak terawat dan diabaikan sehingga beberapa bangunan terlihat kotor dalam kondisi reyot. Sebenarnya seru juga kalau jogging dan bersepeda di hutan ini, kalau tidak merasa terganggu dengan adanya beberapa kotoran kuda yang berserakan di jalan. Dan ternyata dengan memutari hutan, kita akan kembali ke bagian depan taman yang bersebelahan dengan pinggir Setu baru atau dikenal juga dengan sebutan Setu Sidomukti milik Pemerintah Kota Depok. Di pinggir danau ini juga terlihat beberapa orang sedang asyik memancing.




Memasuki kawasan Studio Alam TVRI, pengunjung disambut oleh dua patung kameramen, pohon yang tinggi dan rindang pun menemani kita menapaki jalan. Jibril dan Jihan pun sangat senang berlari-larian di sekitar sini.

Tidak jauh dari situ terdapat arena pertunjukan menyerupai balairung rumah Jawa, lengkap dengan deretan kursi duduk. Bila tidak ada pentas, lantai tengah difungsikan sebagai tempat bermain bulutangkis. Di depan arena pertunjukan ini juga terdapat kolam teratai, hanya saja saat itu kondisinya tidak terawat juga. Lagi-lagi, patut disayangkan sebenarnya.







Di dekat arena pertunjukan ini juga terletak gapura replika gerbang pusat kerajaan Majapahit yang dilengkapi dengan dua patung macan. Tempat yang sangat bagus sebenarnya untuk lokasi pemotretan, hanya saja kondisinya saat ini penuh dengan coretan tangan jahil.




Di atas bukit di samping gapura, kami sempat duduk-duduk manis menikmati pemandangan dan semilir sejuk angin. Beberapa kambing ikutan datang untuk merumput. Dari atas sini, pemandangannya indah menghadap ke arah Setu Baru.


Dekat dari bukit ini, turun sedikit ada bangunan mushola. Kemarin Jibril dan ayahnya menyempatkan diri untuk sholat dzuhur di sana, dan kata mereka musholanya cukup bersih.

Kami mencoba sedikit masuk dan berjalan ke dalam area hutan yang tidak jauh dari sini, tetapi belum terlalu jauh melangkah badan sudah dihinggapi banyak nyamuk. Karena saat itu kami tidak menyiapkan obat oles penangkal anti nyamuk, jadi kami memutuskan untuk kembali ke bukit tadi.

Dan memang kami belum banyak menjelajahi bagian dalam Studio Alam ini karena hanya bermain di lokasi depan dekat tempat pentas pertunjukan, bukit di samping gapura, dan pinggiran danau. Pasti akan seru jika bisa jalan kaki menelusuri hutan tadi dan tentu saja lain kali harus mengoleskan obat anti nyamuk terlebih dahulu.


Di Studio Alam ini terdapat warung makan, tetapi kami tidak sempat mampir sehingga kurang tahu warung ini menjual apa saja. Kalaupun berminat datang piknik ke Studio Alam, rasanya akan jauh lebih baik membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Dan ingat-ingat selalu ya untuk membuang sampah pada tempatnya, atau sekalian membawa kembali sampah piknik kita agar menjaga lingkungan ini tetap bersih, mengingat masih sangat sedikit sekali tong sampah yang tersedia di area Studio Alam ini.


Kalau ingin bermain sepeda air di Setu baru, kita bisa mengambil arah sebelah kiri dari danau. Permainan sepeda air dikenakan biaya Rp 10.000,- per 20 menit. Lumayan sekali-sekali sambil olahraga dan seru-seruan bersama keluarga.




Lokasi yang sejuk dan pemandangan hijau ini sebenarnya sangat bisa digunakan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding atau bahkan resepsi. Semoga saja dengan makin banyaknya keluarga yang berkunjung ke Studio Alam, akan membuat potensi lokasi ini lebih dikembangkan lagi konsep wisata alamnya dan menjadi ruang hijau terbuka yang nyaman bersih untuk warga.

6 Komentar
anindita ratri
anindita ratri March 8, 2016 2:35 pm

Asik bgt tempatnya mba Neneng,anyway itu stroller friendly ga ya?

ninit yunita
ninit yunita March 8, 2016 5:30 am

ya ampuuun bisa yaaa main ke studio alam tvri! asik banget sihhh res! anak-anak pasti hepi banget yaa main ke sini. nyaman dan ademmm!

Cindy Vania
Cindy Vania March 7, 2016 11:22 am

Tempatnya adem banget ya mba Resti.. seru deh pasti lari/jogging disitu. Yakin deh nggak masalah ketemu bekasnya kuda,secara didekat rumahku masih buanyak :P

hanana fajar
hanana fajar March 7, 2016 9:17 am

wah asik yaa tempatnya Mba Neneng...seneng liat tempat-tempat seperti ini...semoga fasilitasnya bisa ditingkatkan dan tetap dijaga ya kebersihan Studio Alam:)

Gabriella F
Gabriella F March 7, 2016 8:51 am

Wah sebetulnya banyak tempat seru-seru ya di Depok, jadi gak cuma main ke mal aja...

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies