Theurbanmama

Ciptakan Rumah Ramah Lingkungan Bersama Keluarga

Rumah ramah lingkungan, konsep rumah ini mungkin sudah sering kali kita dengar. Namun apakah kita mengerti apa maksud dari rumah ramah lingkungan ini?

Rumah ramah lingkungan adalah konsep hunian yang dibangun berwawasan lingkungan dengan memanfaatkan potensi alam secara maksimal. Hal tersebut dapat berupa beberapa aspek seperti denah bangunan, penggunaan material yang ramah lingkungan, mengoptimalkan lahan hijau, hingga sistem pembuangan yang tidak merusak alam sekitar.

Namun bukan berarti kita harus merubuhkan rumah lama kita dan membangun kembali rumah dengan menggunakan material yang ramah lingkungan ya. Kecuali kita memang sedang berencana membangun rumah baru mungkin kita bisa mempertimbangkan pemilihan bahan bangunan yang ramah lingkungan untuk digunakan dalam rumah baru kita.

Lalu bagaimana caranya kita bisa ikut mengambil bagian dalam menciptakan rumah ramah lingkungan jika kita tetap meninggali rumah lama kita yang mungkin sudah 'terlanjur' kurang ramah lingkungan?

Rumah ramah lingkungan sendiri sebenarnya bukan hanya sebuah nama, melainkan penerapan nyata konsep tersebut kedalam kehidupan sehari-hari kita. Rumah ramah lingkungan juga terkait dengan energi dan penggunaannya. Karena itulah pemakaian energi seperti listrik dan air berperan sangat penting dalam mewujudkan konsep ini dan di sinilah kita bisa ikut mengambil bagian dalam mewujudkan konsep rumah ramah lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan bersama keluarga kita untuk menciptakan rumah yang ramah lingkungan :

1. Menghemat energi listrik

2. Menghemat air

3. Mengolah limbah

 4. Menambah penghijauan

Nah, dengan langkah-langkah mudah di atas Urban Mama dan keluarga sudah dapat turut serta memberikan dampak besar menciptakan rumah yang ramah lingkungan. Ayo kita mulai dari sekarang, urban mama!

Marsha Maria An interior designer who works at home. She loves fashion and enjoy styling her baby girl and lives in Jakarta.
Related Tags : ,,
Apa Reaksi Anda ?
8 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.