Theurbanmama

Diari Ramadhan

Sabtu, 10 Juni 2017

Tahun ini adalah tahun kedua Lana (8 tahun) berpuasa penuh di bulan Ramadhan. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, alhamdulillah Lana lebih semangat berpuasa di tahun ini. Jarang sekali dia mengeluh haus, lapar, pusing dan sebagainya seperti tahun lalu saat puasa pertamanya. Lana juga menjalankan rutinitas seperti biasanya: les, mengikuti pesantren kilat Ramadhanku Ceriaku, dan juga latihan taekwondo.

Ramadhan tahun ini lebih istimewa karena Lana memiliki Diari Ramadhan. Seperti diari pada umumnya, buku Diari Ramadhan ini berisi 30 tema cerita islami untuk 30 hari di bulan Ramadhan. Isinya juga beragam, ada cerita, doa dan pengetahuan tentang puasa dan ibadah lainnya. Mulai dari cerita keistimewaan Ramadhan, mengapa kita harus berpuasa, asal usul puasa, kisah sekantung kurma, hal-hal yang membatalkan puasa, bolehkah puasa saat tidak sahur, cerita tentang Lailatul Qadar, sampai kisah menyambut lebaran. Setiap hari, Lana bisa membaca cerita yang berbeda.

Diari Ramadhan

Misalnya di halaman pertama yang berarti hari ke-1, bercerita tentang keistimewaan Ramadhan. Di halaman ini diceritakan hal-hal apa saja yang istimewa di bulan Ramadhan. Selain bercerita, juga diselipkan ayat Al- Quran mengenai turunnya Al Quran di bulan Ramadhan. Ceritanya juga mudah dimengerti, kadang Lana membaca cerita ini untuk adiknya.

Diari Ramadhan

Selain cerita, ada juga doa dan informasi menarik lainnya dan Lana bisa menulis sendiri 'diari catatan harian' kegiatannya di hari tersebut. Jadi selain menambah pengetahun karena membaca cerita Islami, si kecil juga dilatih untuk termotivasi menulis catatan harian setiap hari selama menjalankan ibadah puasa. Dan di halaman terakhir juga terdapat tabel kegiatan ibadah seperti sholat wajib, sholat tarawih, puasa. Di tabel ini anak-anak bisa menempelkan stiker untuk setiap ibadah yang telah dilakukannya. Menarik sekali, bukan?

Diari Ramadhan

Buku Diari Ramadhan ini ditulis oleh Fita Cakra dan dapat dibeli di toko buku Gramedia terdekat. Cocok juga untuk dijadikan hadiah untuk anak, keponakan, teman agar mereka tambah semangat beribadah di bulan Ramadhan ini.


Related Tags : ,
Apa Reaksi Anda ?
6 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.