Diari Ramadhan

Oleh musdalifa anas pada Sabtu, 10 Juni 2017
Seputar Book Reviews
Diari Ramadhan

Tahun ini adalah tahun kedua Lana (8 tahun) berpuasa penuh di bulan Ramadhan. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, alhamdulillah Lana lebih semangat berpuasa di tahun ini. Jarang sekali dia mengeluh haus, lapar, pusing dan sebagainya seperti tahun lalu saat puasa pertamanya. Lana juga menjalankan rutinitas seperti biasanya: les, mengikuti pesantren kilat Ramadhanku Ceriaku, dan juga latihan taekwondo.

Ramadhan tahun ini lebih istimewa karena Lana memiliki Diari Ramadhan. Seperti diari pada umumnya, buku Diari Ramadhan ini berisi 30 tema cerita islami untuk 30 hari di bulan Ramadhan. Isinya juga beragam, ada cerita, doa dan pengetahuan tentang puasa dan ibadah lainnya. Mulai dari cerita keistimewaan Ramadhan, mengapa kita harus berpuasa, asal usul puasa, kisah sekantung kurma, hal-hal yang membatalkan puasa, bolehkah puasa saat tidak sahur, cerita tentang Lailatul Qadar, sampai kisah menyambut lebaran. Setiap hari, Lana bisa membaca cerita yang berbeda.

Diari Ramadhan

Misalnya di halaman pertama yang berarti hari ke-1, bercerita tentang keistimewaan Ramadhan. Di halaman ini diceritakan hal-hal apa saja yang istimewa di bulan Ramadhan. Selain bercerita, juga diselipkan ayat Al- Quran mengenai turunnya Al Quran di bulan Ramadhan. Ceritanya juga mudah dimengerti, kadang Lana membaca cerita ini untuk adiknya.

Diari Ramadhan

Selain cerita, ada juga doa dan informasi menarik lainnya dan Lana bisa menulis sendiri 'diari catatan harian' kegiatannya di hari tersebut. Jadi selain menambah pengetahun karena membaca cerita Islami, si kecil juga dilatih untuk termotivasi menulis catatan harian setiap hari selama menjalankan ibadah puasa. Dan di halaman terakhir juga terdapat tabel kegiatan ibadah seperti sholat wajib, sholat tarawih, puasa. Di tabel ini anak-anak bisa menempelkan stiker untuk setiap ibadah yang telah dilakukannya. Menarik sekali, bukan?

Diari Ramadhan

Buku Diari Ramadhan ini ditulis oleh Fita Cakra dan dapat dibeli di toko buku Gramedia terdekat. Cocok juga untuk dijadikan hadiah untuk anak, keponakan, teman agar mereka tambah semangat beribadah di bulan Ramadhan ini.


6 Komentar
Retno Aini
Retno Aini July 3, 2017 6:07 pm

iya, sepertinya buku ini laku benar... kemarin2 juga cek di gramedia online kosong xD mau coba cek2 pesan lg biar punya insha Allah buat Ramadhan tahun depan :D tfs yaa Peh!

Leila Niwanda
Leila Niwanda June 14, 2017 1:20 pm

Wah, yang ini karya mba Fita Chakra ya... Punya yang mirip tapi beda penulis. Bener banget buku begini membantu buat ortu juga buat ngajarin dan memantau anak, plus materinya bisa jadi bahan ide cerita atau aktivitas hari itu.

yulia handayani June 13, 2017 10:00 am

sayang bukunya lagi kosong, kemaren ngecek di gramedia online. stock kosong dari penerbit pun kosong.

dieta hadi
dieta hadi June 12, 2017 12:17 pm

wah ada buku ini, yahh baru tahu, kalo ga udah dibeli nih buat mika. tahun depan harus beli nih

ninit yunita
ninit yunita June 12, 2017 8:01 am

waaah oke banget sih bukunya peh... bikin anak termotivasi dan semangat yaaa menjalani ramadhan. TFS peh :)

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies