Akhirnya Halley Mau Sikat Gigi dengan Pasta Gigi

Oleh Tari Sebayang pada Rabu, 03 Mei 2017
Seputar Our Stories
Akhirnya Halley Mau Sikat Gigi dengan Pasta Gigi

Halley sering menolak kalau diminta menyikat giginya dengan menggunakan pasta gigi. Selama ini ia mau saja sikat gigi, tetapi tidak mau menggunakan pasta gigi. Saat saya baca-baca, sebenarnya anak-anak sudah bisa diajari menyikat gigi dengan pasta gigi sejak berusia sekitar 1,5 sampai 2 tahun, asalkan sudah bisa berkumur dan membuang airnya. Walaupun juga tidak ada salahnya juga menyikat gigi tanpa pasta gigi, tetapi saya ingin menanamkan kebiasaan ini karena menurut saya menggunakan pasta gigi membuat terasa lebih segar, bersih, dan wangi. Halley sendiri menolak dengan alasan pedas kalau menggunakan pasta gigi. Saya pun mencoba mencari cara agar Halley mau menyikat giginya dengan menggunakan pasta gigi. Apalagi saya sangat senang melihat balita yang giginya tetap bagus sampai saatnya harus berganti gigi tetap.


image credit: pexels.com

Akhirnya saya mencoba memberikan hadiah stiker jika Halley mau sikat gigi menggunakan pasta gigi. Dan ternyata cara ini cukup efektif karena Halley langsung semangat mau menyikat giginya menggunakan pasta gigi. Hal ini berlangsung secara rutin, dua kali sehari dan selama lebih dari tiga minggu.

Memang tidak selalu lancar saat meminta Halley menyikat giginya, pernah ia menolak walaupun sudah saya janjikan stiker. Jika ia menolak, saya memberikan dua pilihan, "Mau sikat gigi bersama Mama atau Papa?" Saya memang memberikan dua pilihan yang mengarahkannya untuk tetap menyikat gigi. Dari sumber yang pernah saya baca, untuk menanamkan kebiasaan, kita harus melakukannya secara konsisten selama minimal 21 hari. 

Saat saya cek pada pengasuhnya di rumah, apakah Halley mau sikat gigi memakai pasta gigi atau tidak, ternyata ia mau. Kadang pengasuhnya berpura-pura lupa, dan Halley malah menagihnya. Bahkan saat saya ajak menginap dan lupa menyiapkan sikat giginya, Halley malah protes.

Rasanya senang sekali bisa menanamkan kebiasaan menyikat gigi menggunakan pasta gigi pada Halley. Walaupun ada juga yang berpendapat kalau terlalu sering mendapatkan hadiah nanti Halley akan jadi anak manja. Berdasarkan pada apa yang pernah saya baca, dunia anak adalah dunia bermain, jadi untuk membuat anak tertarik pada sesuatu, caranya adalah dengan bermain. Saya mencoba menanamkan kebiasaan pada anak dengan menawarkan stiker yang merupakan favoritnya. 

 

Kategori Terkait


Tag Terkait

5 Komentar
yoshinta July 7, 2017 6:06 am

Waah hebat Halley selamattt...
aku dirumah harus pake siasat juga supaya anakku mau gosok gigi, aku janjiin dia "kalo mau mulai gosok gigi nanti mama beliin kamu boneka barbie" Yaa udah diduga dia pasti mau hihihi..
persoalan Gigi itu ga bisa dianggap sepele, jadi sebisa mungkin kita sebagai orang tua udah bisa membiasakan anak2 menjaga kesehatan gigi mereka. Aku aja dari sekarang udah biasain Kiara pake pasta gigi tanpa detergen dari Enzim, kan ada yang buat anak2 juga tuh, dia suka banget yang rasa jeruk... emak bapaknya juga pake Enzim tapi yang mint hahaha yakali pake yang anak2 juga..

btw, aku pindah ke pasta gigi tanpa detergen setelah tau kalo banyak pasta gigi dipasaran yang bahan dasarnya detergen SLS yang bahaya buat kesehatan.. :(

Retno Aini
Retno Aini May 8, 2017 2:59 pm

Anakku dulu juga awal2 belajar sikat gigi gak pernah mau pakai pasta gigi, bahkan pasta gigi yg buat anak2 pun. Bagus ini idenya biar anak mau sikat gigi pakai pasta gigi :D terima kasih yaa sharingnya, mama Tari!

Honey Josep
Honey Josep May 4, 2017 2:48 pm

Horeee! Senangnya ngeliat Halley menerapkan kebiasaan hidup sejak dini :)

Cindy Vania
Cindy Vania May 4, 2017 1:40 pm

Yay!ikut senang deh kalau Halley mau sikat gigi pakai pasta gigi..
Setuju banget, kalau mau membiasakan anak sikat gigi nggak boleh bolong2 juga ortunya, harus konsisten :)

ninit yunita
ninit yunita May 3, 2017 9:06 am

Horeee! senangnya Halley udah mau pake pasta gigi :) Biasanya ide stiker itu manjur banget yaaa buat anak :) Pasti Halley giginya bagus deh. Siap-siap dipuji dokter gigi yaaa kalau kontrol nanti. :)