Aktivitas yang Mendukung Eksplorasi Si Petualang Cilik

Oleh Eka Gobel pada Selasa, 02 Mei 2017
Seputar Activities
Aktivitas yang Mendukung Eksplorasi Si Petualang Cilik

Kita semua sepakat bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Meski terkesan sepele, bermain secara aktif memiliki peranan penting bagi tumbuh kembang anak. Saat bermain aktif, seluruh indranya terstimulasi dengan hal-hal yang mereka temui. Anak-anak dapat mengamati, mendengar, meraba, membaui, bahkan mencicipi rasa dari sesuatu yang sedang dimainkan.

Begitu pula dengan kedua anak saya, Enzo (9 tahun) dan Dante (7 tahun), mereka suka sekali bermain di luar rumah. Sejak kecil, hampir setiap hari mereka terbiasa ikut saya jalan pagi dan menikmati sinar matahari pagi dan udara bersih. Begitu pula di akhir pekan, mereka pasti senang sekali bila diajak berekreasi ke taman, hutan kota, kolam renang, gunung, ataupun pantai. Di sana mereka mendapat kebebasan untuk bereksplorasi dan berinteraksi dengan semua hal menarik yang mereka jumpai.

Aktivitas di alam terbuka adalah aktivitas yang tepat bagi anak-anak dengan energi  berlebih seperti Enzo dan Dante. Beberapa kegiatan yang biasa saya lakukan untuk mendukung eksplorasinya adalah:

  1. Bermain dan berolahraga pagi di taman atau hutan kota
  2. Jalan-jalan ke kebun binatang
  3. Bermain pasir dan air di pantai
  4. Berenang dan bermain air di water park
  5. Bermain tanah atau lumpur di sawah atau kebun

Berikut ini adalah beberapa manfaat rekreasi dan eksplorasi bagi anak:

1. Melatih Kemampuan Motorik
Kemampuan motorik adalah kemampuan untuk melakukan gerakan terkoordinasi dengan mengandalkan otot. Bermain di luar adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat melatih motorik kasar dan ketangkasan anak, seperti berlari, berenang, atau bersepeda.

2. Alternatif Kegiatan Olahraga yang Menyenangkan
Dengan bermain di luar, tentu anak-anak  akan lebih banyak bergerak dan berkeringat sehingga tubuhnya menjadi lebih sehat dan bugar. Dan tentu saja olahraga dapat mengurangi potensi obesitas pada anak.

3. Mempererat Hubungan Keluarga dan Melatih Kemampuan Bersosialisasi
Dengan berekreasi bersama, kita membangun komunikasi dengan anak. Saya sangat menikmati momen berjalan pagi bersama Enzo dan Dante sambil mengobrol dan mendengarkan cerita mereka yang spontan dan lucu. Hal ini juga sekaligus melatih kemampuan mereka berkomunikasi dan bersosialisasi, karena kami juga akan bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain dengan berbagai profesi  seperti Pak Satpam, pedagang, ataupun tetangga atau teman yang berpapasan.

4. Sarana Edukasi dan Meningkatkan Fungsi Kerja Otak
Rekreasi dapat merangsang rasa ingin tahu anak dan kreativitas anak dalam memecahkan masalah. Dengan berekreasi, anak-anak akan menemukan hal baru yang dapat meningkatkan rasa peduli terhadapa lingkungan, belajar tentang daerah dan geografi, dan meningkatkan kreativitas dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berinovasi. 

5. Melepas Ketegangan dan Stres dengan Waktu yang Berkualitas
Rekreasi mengubah suasana hati yang negatif menjadi positif, melihat dan menemukan hal-hal baru yang dapat meningkatkan kebahagiaan. Rasa senang dan bahagia ini yang akan membawa kesegaran dan meningkatkan semangat dan kualitas saat memulai hari di awal minggu. Begitu pula dengan Enzo dan Dante yang selalu senang dan bersikap manis sepulang dari rekreasi. Meskipun lelah, biasanya mereka bersemangat bercerita tentang inspirasi yang mereka dapatkan dari pengalaman mereka. 

Bermain dan berekreasi di luar ruangan artinya anak-anak gemar berpetualang dan senang mempelajari banyak hal. Apa yang terjadi setelah bermain? Tubuh yang berkeringat dan pakaian yang kotor. Namun saya tidak perlu khawatir karena pakaian kotor bisa dengan mudah dicuci, pengalaman dan pelajaran yang didapat dari bermain itulah yang tak ternilai harganya.

Untuk mendukung kegiatan eksplorasi anak, kali ini Rinso menghadirkan promo Ayo Main. Jadi untuk setiap pembelian Rinso 900 gram yang berlogo Ayo Main, Urban Mama akan mendapatkan satu tiket gratis untuk anak ke tempat rekreasi. Ada lebih dari 70 tempat rekreasi dan lebih dari 140 tempat yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia yang dapat urban mama pilih. Promo ini tidak diundi lho Mama, dalam setiap pembelian Rinso berlogo Ayo Main, Urban Mama akan langsung mendapatkan kode unik yang dapat ditukarkan untuk tiket anak.

Untuk informasi lebih lanjut dan detail mekanisme promo, Urban Mama bisa membacanya di sini. Dengan promo Rinso Ayo Main ini, Urban Mama bisa mendapatkan tiket gratis anak tanpa diundi. Jadi ayo Urban Mama, kita dukung petualang cilik kita untuk mengembangkan kreativitas dan berani kotor mengeksplor lingkungan melalui kegiatan luar ruangan dengan berekreasi!

8 Komentar
Honey Josep
Honey Josep May 4, 2017 2:44 pm

Jadi sekarang ga perlu takut anak anak main di luar rumah karena ada rinso yang jadi andalan untuk bikin bersih dan bikin wangi baju anak anak yg kotornya heboh dan bau keringet!

Tfs Eka :)

Imelda Sutarno
Imelda Sutarno May 3, 2017 12:40 pm

waaah eka, rinso adalah deterjen andalanku sejak aku kecil loh.
Setuju banget sama semua point-point di atas terutama menjaga anak dari obesitas dengan bergerak/olahraga. Tau sendiri kan zaman sekarang zamannya gadget-an dan kurang banget aktivitas fisik. Mudah-mudahan anak-anak kita terhindar dari obesitas ya.
TFS ya ka :)

ninit yunita
ninit yunita May 3, 2017 9:56 am

mama-mama biasanya narik napas panjang nih kalo liat cucian heboh :D tapiii coba deh diinget-inget lagi, keseruan main di luar buat anak-anak... liat mereka happy... duh priceless banget lah itu. belum tentu momen ini sering keulang juga kaaan...

Gabriella F
Gabriella F May 2, 2017 9:36 pm

Wah seru memang ya bermain di luar rumah itu, walaupun pulangnya pasti kotor dan berkeringat!!! Memang salah satu kebutuhan anak adalah bermain di luar rumah ternyata ya. Makasih buat informasinya ya ka, seru nih menjelang liburan ternyata ada promo dari Rinso.

Cindy Vania
Cindy Vania May 2, 2017 9:31 pm

Wiihh Dante berani bangeet mandiin kerbau! keren deehh.. krucils yg tiap hari liat kerbau aja masih ga berani tuh deket2 :D