Mari Naik Kereta Api

Oleh Pryta Aditama pada Minggu, 02 Oktober 2016
Seputar Tips
Mari Naik Kereta Api

Awal tahun 2016 lalu, tepat setelah malam tahun baru, kami perdana naik kereta bersama Q, anak balita kami, dengan rute singkat Bandung-Jakarta, Ternyata seru juga!

Selamat pagi dari muka bantal bangun tidur di kereta!

Kami sengaja berangkat subuh, karena siangnya mau lanjut road trip ke Semarang bersama kakak sekeluarga. Q sangat senang saat tiba di stasiun subuh-subuh, mendengar suara kereta dan melihat kereta betulan yang akan ditumpanginya. Semua yang dilihat ditanyakan, "Itu apa?". Begitu masuk ke dalam kereta, raut mukanya masih gembira sekali, mungkin dalam benaknya sedang membandingkan segala sesuatu tentang kereta betulan ini dengan versi Chuggington yang biasa dia tonton.

Sampai di Gambir, kami singgah sebentar untuk sarapan roti donat favorit. Mood booster buat si kecil yang dibangunkan subuh-subuh buat berangkat tadi, dan sudah manis sekali sepanjang perjalanan.

Sedikit tips bagi Urban mama-papa yang hendak bepergian naik kereta bersama balitanya:

1. Siapkan jaket atau sweater yang nyaman, dan pakaikan kaus kaki untuk si kecil, karena di dalam kereta udaranya cukup dingin dari pendingin udara/AC. Bawa juga syal pashmina atau scarf yang cukup tebal untuk selimut tambahan si kecil.

2. Bawa camilan dan air minum. Terutama kalau perjalannya tidakpas dengan jam tidur anak. Kalau kebetulan jam jalannya bersamaan dengan jam makan, mama-papa dapat membawa makanan atau pesan di kereta. Makanan di kereta rasanya lumayan kok. Namun ingat selalu ya mama, jangan sampai si kecil telat makan karena dapat memicu cranky yang dapat membuat perjalanan kita dan penumpang lain jadi kurang nyaman.

3. Siap-siap dengan runtutan pertanyaan yang bakal dilontarkan si kecil sepanjang perjalanan, dari mulai berangkat sampai ke tempat tujuan. Namanya juga balita, semua hal yang menarik baginya pasti akan ditanyakan.

 

Selamat menikmati perjalanan bersama si kecil, Urban mama-papa!

7 Komentar
ninit yunita
ninit yunita October 4, 2016 8:16 am

Q kamu gemesin banget siiih!!!
udah lama penginnn banget ke bandung naik kereta api, baca artikel pryta tambah pengin!

bunda_rizma
bunda_rizma October 3, 2016 4:13 pm

hai Q...
seneng yaaa naik kreta, rizma jg paling seneng naik kreta. apalagi ke bandung, milih naik kreta deh, hihihi

Eka Gobel
Eka Gobel October 3, 2016 3:37 pm

Wah seruu...iya ya, perlu bawa jaket nih utk di dlm kereta. Kita aja kedinginan ya, apalagi anak2. TFS pryta tipsnya. Q keliatan senang banget deh, suka! Kapan2 kita playdate bareng kakak enzo dante ya!

Pryta Aditama
Pryta Aditama October 3, 2016 10:08 am

Mama cindy.. Iya bener kereta malem dingin sekali ac-nya..

Mama sisca yuuukk naik kereta ke bandung.. PP bersngkat subuh pulang malem kayaknya lucu juga, hehee..

Yanaaa.. Yuk azani main ke bandung naik kereta kita playdate! Ihiiiyyy..

hanana fajar
hanana fajar October 3, 2016 8:15 am

Qavi ganteng! asik banget sih naik kereta..pengen bawa azani juga untuk perjalanan jauh dengan kereta, selama ini masih yang deket-deket aja hehe... tfs the tips pryt:)