Pertambahan Berat Badan Bayi yang Tidak Ideal

Oleh Yulia Jong pada Minggu, 16 April 2017
Seputar Our Stories
Pertambahan Berat Badan Bayi yang Tidak Ideal

Joel lahir prematur pada saat kehamilan saya berada di minggu ke-32 dengan berat badan 2,02 kg. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi keluarga kami. Saya dan suami harus memberikan perhatian khusus pada tumbuh kembang Joel. Pada minggu-minggu pertama saya sempat merasa sangat khawatir dan panik karena tidak ada perkembangan berarti dengan berat badan Joel. 


image credit: pexels.com

Saat berkonsultasi ke dokter anak, saya diminta untuk menambahkan protein bagi Joel karena berat badannya masih kurang dari 3 kg pada minggu kedua setelah kelahirannya. Atas saran dokter, saya mencampur ASI dengan susu formula khusus bayi prematur selama sekitar empat bulan, sampai berat badannya mencapai 5,6 kg atau sesuai dengan kurva pertumbuhan. Setelah itu dokter mengizinkan kami memberikan ASI saja untuk Joel.

Namun ternyata pertambahan berat badan Joel jadi tidak sebaik sebelumnya. Pada saat berusia 5 bulan berat badan Joel hanya naik 400 gram menjadi 6 kg dan bulan berikutnya hanya naik 200 gram menjadi 6,4 kg. Saya pun mulai kembali panik dan khawatir, sambil mempersiapkan MPASI dengan menu makanan berprotein tinggi seperti avokad, ubi ungu, labu parang, beras merah, keju, dll. Ternyata kenaikan berat badannya hanya maksimal 400 gram.

Setelah MPASI memang frekuensi Joel menyusu jadi berkurang, dari sekitar 800 ml ditambah saat menyusu langsung di malam hari jadi hanya 400 ml ditambah saat menyusu langsung. Saya berpikir seharusnya kan selisihnya terpenuhi dengan makanannya, mengapa berat badannya tidak juga bertambah. Sebagai ibu baru saya merasa takut jika perkembangan Joel jadi terhambat dan tidak optimal. 

Saya lalu mencoba berkonsultasi dengan dokter lain, dan saat saya ceritakan masalah Joel, beliau berpendapat bahwa selama si kecil aktif dan ceria, walaupun kurva berat badannya di garis kuning, sebenarnya orangtua tidak perlu stres. Stres dan panik malahan akan memengaruhi produksi ASI. Saat itu, Joel yang berusia tujuh bulan sudah bisa merangkak sendiri keliling rumah, dan memang adalah bayi yang sangat aktif.

Dari sini saya belajar bahwa perkembangan setiap anak itu berbeda-beda, jadi saya mencoba bersyukur dengan apa yang kami miliki saat ini. Saya mencoba memantau dan mendampingi tumbuh kembangnya sebaik mungkin, serta tidak lagi stres dan panik saat melihat kenaikan berat badan Joel.

 

8 Komentar
Kirana Renjana September 10, 2019 8:30 pm

semangat mama.. memang pertumbuhan anak2 berbeda2. semoga Joel sehat selalu ya.

gustina rahayu
gustina rahayu March 11, 2019 3:26 pm

semangat mama yulia, dulu anak ku juga lahir prematur dengan BB 1 kg, lahir di minggu 25/26 minggu, smoga baby joel sehat selalu yach

Gabriella F
Gabriella F April 19, 2017 9:48 am

Semoga Joel sehat terus ya dan tumbuh kembangnya bisa bagus terus. Makasih untuk sharingnya ya...

Eka Gobel
Eka Gobel April 18, 2017 8:06 pm

Artikelnya bagus banget. Sehat2 terus yaa baby joel!

Shinta Daniel
Shinta Daniel April 17, 2017 7:04 am

Hi mama Yulia, i feel you. Anakku juga BBLR mom dan sama seperti Joel, setiap bulan tumbuh kembangnya dipantau terus sama DSA. Di usia 6 bulan saat MPASI malah sempat GTM dan nggak naik sama sekali BBnya dan setelah dikasih obat, sebulan kemudian BBnya naik perlahan. Tetap semangat mom, sabar dan telaten aja, nanti suatu saat mom akan takjub sendiri saat Joel makannya lahap dan semuanya mau dimakan. Hehehe, been there...

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies