Theurbanmama

Pull Apart Bear Bread

Jumat, 12 Januari 2018

Tentunya mudah sekali membeli roti siap makan untuk bekal anak-anak, tidak repot dan harganya terjangkau. Namun tidak ada salahnya sesekali kita mencoba membuat sendiri roti untuk sarapan, camilan ataupun untuk bekal sekolah anak-anak. Kali ini saya akan berbagi cara membuat Pull Apart Bear Bread: roti sobek yang dibentuk menyerupai kepala beruang yang disusun dan dipanggang berdekatan. Ajak si kecil untuk membantu Mama seperti mengoles loyang dengan mentega atau menggilas adonan.

pull apart bear bread

Urban mama dapat menggunakan resep roti favorit atau silahkan coba resep roti manis dibawah ini. Untuk menambah kelezatan rotinya, jika perlu tambahkan isian roti sesuai selera anak. Selamat mencoba, Urban mama!

Bahan adonan roti:

Alat:

Cara Membuat:

1. Aduk bahan (kecuali mentega dan bahan isian roti) hingga tercampur rata. Tambahkan mentega, lalu aduk rata menggunakan tangan atau food processor. Uleni hingga adonan tercampur rata dan kalis.

2. Simpan dalam wadah, tutup dengan clingwrap dan diamkan dalam tempat yang hangat selama satu jam atau hingga adonan mengembang.

3. Keluarkan adonan, tinju bagian tengahnya untuk mengeluarkan udara. Bagi adonan sebanyak 10 bagian, kira-kira seberat 45 gram. Gunakan 9 bagian adonan untuk kepala beruang dan satu bagian dibagi menjadi 18 bagian untuk telinga beruang. Tutup kembali dengan clingwrap selama 15 menit.

pull apart bear bread

4. Ambil satu bagian adonan. Menggunakan rolling pin, gilas adonan hingga agak pipih. Bubuhkan isian roti (optional), lalu tutup dan bentuk adonan menyerupai bola. Susun adonan dalam loyang 20cm yang sudah dioles mentega.

Untuk telinga beruang: ambil sedikit adonan, bulatkan dan tempelkan pada bulatan adonan besar yang sudah disusun dalam loyang (lihat gambar). Tutup kembali dengan clingwrap, diamkan adonan dalam loyang selama 40 menit.

5. Oles permukaan adonan dengan sisa telur kocok. Panggang dalam oven suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 15-18 menit atau sampai roti kecoklatan.

pull apart bear bread

6. Begitu roti matang, keluarkan roti. Tunggu hingga roti agak dingin, lalu menggunakan coklat leleh tempelkan mini marshmallow di bagian tengah roti untuk bagian mulut beruang, kemudian bubuhkan mata dan hidung beruang (lihat gambar). Sajikan.

pull apart bear bread

Enji Magetsari A working mom, originally from Bandung. She lives in Singapore with food critics son Mahavyr and husband Arrizky Magetsari.

Instagram: http://instagram.com/enjita/
Related Tags : ,,,
Apa Reaksi Anda ?
11 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.