Theurbanmama

Q: Tanda-tanda Anak Membutuhkan Kacamata

Jumat, 08 Januari 2010



dr Rovadr. Rova Virgana
Pendidikan: S1 FK Universitas Padjajaran, Bandung

Saat ini merupakan peserta program studi pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan mata, di salah satu universitas di Indonesia.



Q: Dokter, apakah tanda-tanda anak membutuhkan kacamata? Nilai anak saya sedikit turun dan menurut guru di sekolahnya, dia sering bolak balik ke papan tulis. Bisa kah Dokter memberikan penjelasan?


A: Hi Urban Mama/Papa. Ada beberapa tanda yang bisa Urban Mama dan Papa cermati. Bila di rumah, coba lah untuk memperhatikan apakah si kecil suka memicingkan mata terutama kalau melihat jauh? Apakah si kecil sering menonton TV dengan jarak yang dekat? (meski sudah diberi tahu untuk menjauh, anak cenderung kembali mendekat ke TV).


Kalau si kecil sudah sekolah, awal masuk sekolah dia memiliki kesulitan untuk beradaptasi dengan kegiatan sekolah, baik akademik maupun ekstrakulikuler. Di kelas sering bolak balik ke papan tulis, prestasi anak disekolah mengalami penurunan, dan kalau si kecil berjalan dan kadang dia menabrak. 


Tanda-tanda diatas belum pasti anak butuh kaca mata, tapi kalau anak seperti itu, kelainan tajam penglihatan perlu dianggap sebagai salah satu kemungkinan penyebab.


Sebaiknya ada kunjungan rutin, terutama untuk yang jelas mempunyai kelainan mata, misalnya kelainan tajam penglihatan. Secara umum kunjungan setiap 6-12 bulan sekali bisa dianggap cukup. Semoga membantu ya Urban Mamas dan Papas.


--


if you have question to our resident doctor, please email to [email protected].

Related Tags : ,,
Apa Reaksi Anda ?
14 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.