Theurbanmama

Ruang Depan Ramah Anak

Saya menyiapkan satu ruang khusus di rumah yang diberi nama RDRA (Ruang Depan Ramah Anak). Ruang ini menjadi tempat putri saya, Hasna (2 tahun 8 bulan), bisa membongkar semua mainan dan bermain sepuasnya. Aktivitas homeschooling anak usia dini juga banyak kami lakukan di RDRA.

RDRA ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami sebagai orangtua untuk memberikan pendidikan terbaik yang dimulai dari lingkungan rumah. Saya dan suami sepakat untuk menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung kebutuhan bermain dan belajar Hasna.

Mainan apa saja yang ada di RDRA? Ada enam jenis mainan yang kami sediakan, yaitu:

1. Mainan untuk menstimulasi motorik kasar

Saya menyediakan trampolin anak, bola, sepeda roda tiga, dan jumping horse untuk mengasah kemampuan motorik kasar Hasna. Ia bisa bebas berlari ke sana-kemari karena ruang ini memang dirancang ramah anak dan aman.

2. Papan tulis anak

Hasna suka sekali mencorat-coret dinding. Saya menyediakan papan tulis yang memiliki dua fungsi, bisa sebagai blackboard dan whiteboard. Ia bisa bebas berkreasi sesuai keinginan dan kemampuan pramenulisnya pun dapat terstimulasi.

3. Mainan untuk menstimulasi motorik halus

Saya menyediakan mainan seperti Lego Duplo untuk mengasah kemampuan motorik halus Hasna. Biasanya ia akan betah bermain dan membuat berbagai bentuk sesuai keinginannya.

4. Mainan untuk melatih kemampuan kognitif

Ini adalah jenis mainan yang bisa membuat anak penasaran, seperti floor puzzle yang ukuran dan gambarnya besar-benar. Mainan jenis ini cocok untuk melatih kemampuan kognitif si kecil.

5. Mainan untuk mengembangkan imajinasi

Tentu saja saya juga menyediakan boneka bayi, boneka binatang, buku bergambar, dan mainan profesi untuk mengembangkan imajinasi Hasna, serta mengajaknya bermain peran.

6. Apparatus Montessori

Saya melakukan kegiatan homeschooling anak usia dini dengan menggabungkan metode montessori. Apparatus montessori seperti pink tower, number rods, dan dressing frame stand untuk melakukan aktivitas montessori di rumah. Fungsi pink tower untuk memberi wawasan area sensorial, number rods untuk area matematika, dan dressing frame untuk area practical life.

Sebagai pendidik utama dan pertama Hasna, saya akan mengembankan RDRA mengikuti kebutuhan bermain sesuai tahap perkembangannya usianya. Selain menyediakan satu ruang khusus untuk bermain, tentu saja kami juga memilihkan mainan yang aman dan cocok untuk batita. Bagaimana Urban Mama, ada yang juga menyediakan ruang bermain untuk si kecil? 

Related Tags : ,,,,,,,,
Apa Reaksi Anda ?
14 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.