Tiga Rekomendasi Buku Anak dari Ilustrator Alnurul Gheulia

Oleh the urban mama pada Kamis, 14 Mei 2020
Seputar Book Reviews
Tiga Rekomendasi Buku Anak dari Ilustrator Alnurul Gheulia

Urban Mama,

Untuk menemani si kecil saat #dirumahaja, kami meminta rekomendasi buku anak dari ilustrator Alnurul Gheulia. Alnurul Gheulia sempat meruang di dunia arsitektur namun kini lebih senang meluangkan waktu sebagai ilustrator. Karya pertamanya adalah buku Teman-Teman yang tergabung dalam seri Main Zine di awal tahun 2019. Setelah mengikuti workshop ilustrator bersama Room to Read, Alnurul kerap menggarap ilustrasi untuk berbagai judul buku anak Indonesia. Karya ilustrasi lainnya menemani buku puisi Usai Sebelum Dimulai (karya Israkhanza) yang memenangi nominasi buku dengan ilustrasi terbaik di Islamic Book Award 2020. Di waktu dekat, urban Mama bisa menemukan lebih banyak lagi karya Alnurul di toko buku seluruh dunia. Untuk saat ini urban Mama bisa melihat karyanya di instagram @alnurulg dan @halaman.nyala

Nah, ini dia tiga buku rekomendasi Alnurul Gheulia untuk si kecil. 

 

What You Do Matters (Series)

Penulis: Kobi Yamada
Ilustrator: Mae Besom
Penerbit: Compendium Inc
Rentang Usia Pembaca: 5-8 Tahun




Seri What You Do Matters terdiri dari tiga judul, yaitu ‘What Do You Do with A Problem?’, ‘What Do You Do with A Chance?’, dan ‘What Do You Do with An Idea?’.

Ketiga cerita Kobi Yamada diterjemahkan dalam sebuah desain karakter yang sangat unik oleh Mae Besom. Masalah (problem) diumpakan seperti awan mendung yang selalu mengikuti tokoh utama kemanapun dia pergi. Kesempatan (chance) digambarkan seperti burung yang datang dan pergi tak menentu. Ide (idea) diumpakan sebagai telur dan ketika ia dipelihara, telur itu dapat berubah menjadi sesuatu yang luar biasa. Cerita dikemas dengan menyenangkan melalui metafora, sehingga bisa menjadi pilihan utama untuk orangtua ketika harus menjelaskan sikap anak saat berhadapan dengan masalah, kesempatan, atau sebuah ide.

Ilustrasi pada buku ini patut diapresiasi karena dibuat secara tradisional dengan media pensil dan cat warna. Selain sudah dibahas sebelumnya tentang keunikan desain karakter, alur gambar pada setiap halaman sangat diperhatikan. Dengan permainan warna, ilustrator mengesankan dunia yang suram dengan warna hitam putih di awal cerita dan sedikit demi sedikit warna dibawa oleh tokoh kedua, sampai halaman akhir menjadi sangat berwarna.

 

Child of Glass

Penulis dan Ilustrator : Beatrice Alemagna
Penerbit : Enchanted Lion Books
Rentang Usia Pembaca: 4-10 Tahun
 
 

Keunggulan buku bergambar dengan satu orang penulis dan ilustrator yang sama adalah (biasanya) buku menjadi sebuah kesatuan pemikiran dan pertimbangan yang sangat menyeluruh. Sehingga eksplorasi ilustrasi dan/atau media cetak akan lebih mungkin terjadi dalam penyampaian cerita. Salah satunya adalah Child of Glass karya Beatrice Alemagna yang telah menerbitkan beberapa judul buku yang ditulisa dan diilustrasikan oleh dirinya sendiri. Dalam buku ini, penggunaan kertas kalkir yang bersifat semi-transparan digunakan dalam beberapa halaman. Material ini sangat cocok dengan tokoh utama pada buku yang diceritakan memiliki tubuh transparan.

 

Bercerita tentang seorang gadis yang terbuat dari kaca, Gisele harus tumbuh dengan kepala transparan sehingga orang lain dapat melihat pikiran – pikiran dalam kepalanya. Tubuhnya ringkih dan mudah retak, ia harus senantiasa berhati – hati dalam setiap langkah. Cerita metafora yang sederhana namun sarat makna. Bagi anak – anak, cerita ini bisa menjadi hiburan menyenangkan karena mereka dapat berimajinasi dengan keunikan tokoh utama. Bagi pembaca dewasa tentunya mereka bisa melihat lebih banyak hal melalui tentang dunia, atau mungkin dirinya sendiri.

 

Feelings

Penulis: Libby Walden
Ilustrator: Richard Jones
Penerbit: Caterpillar Books
Rentang Usia Pembaca: 3-7 Tahun

 

Banyak buku yang membahas tentang perasaan dengan berbagai cara dan cerita. Buku karya Libby Walden menjadi lebih menarik di antara yang lainnya karena memiliki fitur buku unik, yaitu peek-through. Tokoh utama ditaruh dalam satu posisi yang sama dan mengalami perasaan – perasaan berbeda pada setiap halaman. Richard Jones menggambarkan setiap halaman dengan pensuasanaan warna dan latar belakang yang mengingatkan pembaca pada perasaan – perasaan tersebut.

Buku ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengenalkan anak pada berbagai macam perasaan dan bagaimana seharusnya mereka menghadapinya. Tulisan pada buku ini berima dan sangat menyenangkan untuk dibacakan pada anak. Cara membaca dan menyampaikan cerita sangat tergantung pada pembaca cerita, orangtua bisa mencoba menanyakan tentang masing – masing perasaan pada setiap halaman; Kapan dan pernahkah anak mengalami perasaan tersebut, bagaimana menghadapinya, dan seterusnya. Semakin dini hal ini diperkenalkan pada anak, semakin cepat juga ia dapat belajar memahami dirinya sendiri untuk kemudian dapat memahami orang lain dan lingkungan sekitarnya.

 

0 Komentar

 

Anda harus Log In untuk memberikan komentar terhadap artikel ini.

Silakan Login di Sini