TUM's Weekly Roundup: 24 August 2018

Oleh the urban mama pada Jumat, 24 Agustus 2018
Seputar Our Stories
TUM's Weekly Roundup: 24 August 2018

Selamat hari Jumat, Urban Mama! Sepanjang pertengahan bulan Agustus ini terasa semarak sekali ya, dimulai dengan perayaan 73 tahun Kemerdekaan Indonesia. Adakah urban Mama dan keluarga yang turut meramaikan perlombaan dan pawai tanggal 17 Agustus kemarin?

Merah Putih

(Gambar: www.freedigitalphotos.net)

Pasti seru sekali ya, mengenalkan anak-anak kepada kemeriahan perayaan tahunan ini. Pastinya jadi bernostalgia juga akan kenangan semasa kecil waktu Mama dan Papa pernah ikut pawai baju adat, lomba makan kerupuk, atau lomba sepeda hias. Untuk menambah semaraknya perayaan 17 Agustus, Mama Enji Magetsari, salah satu TUM Contributor, membagikan resep Merah Putih Jelly Strawberry.

Belum selesai dari kemeriahan perayaan 17 Agustus, kita semua dibuat bangga dan terpukau oleh pembukaan pesta olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games. Ya, tahun ini Indonesia dengan bangga menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Mama Ipeh berbagi ceritanya seputar persiapan mengajak anak-anak menonton keseruan Asian Games. Karena Lana, putrinya, menggemari olahraga taekwondo, Mama Ipeh memilih menonton taekwondo pada hari Senin, 20 Agustus 2018 yang lalu. Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games pun mempersiapkan banyak hal, termasuk menggelar video mapping Tugu Monas, air mancur menari, serta laser show. Mama Ninit Yunita, co-founder The Urban Mama, berbagi ceritanya saat menghadiri Gala Premier video mapping Tugu Monas. Video mapping ini ternyata sangat mengagumkan, apalagi ditunjang dengan tata suara digital surround sound system yang semakin membuat pertunjukkannya menarik. Ingin mengajak keluarga untuk menonton pertunjukan video mapping dan laser show di Tugu Monas? Cek dulu jadwalnya di sini ya.

Namun perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia hanya kemeriahan belaka saja jika sebagai orang Indonesia kita tidak bertanya kepada diri sendiri, "Apa yang sudah saya lakukan untuk bangsa dan negara Indonesia?". Kadang, justru hal-hal sederhanalah yang dapat menjadi penggerak perubahan besar untuk bangsa ini. Salah satunya adalah menumbuhkan kebiasaan untuk menjaga kebersihan dan mengurangi sampah. Masalah menjaga kebersian dan mengurangi sampah ini sebenarnya berakar dari kebiasaan mental kita dan orang-orang di sekitar. Dalam tulisannya, Mama Ninit Yunita menjelaskan beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah. Ternyata mudah sekali untuk dijalankan. Mulai dari lingkungan sendiri, mulai dari diri sendiri.

Usai dari perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, minggu ini kembali disemarakkan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha. Umat muslim di seluruh dunia merayakan lebaran haji ini dengan memberikan kurban, beberapa di antaranya ada yang turut menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Adakah keluarga Urban Mama dan Papa yang menunaikan ibadah haji tahun ini? Semoga sehat selalu dan pulang selamat kembali ke tanah air. Bagi Urban Mama dan Papa yang merayakan Idul Adha, dalam perayaan ini Mama Leila Niwanda berbagi ulasan buku Little Muslims Workbook: Haji & Qurban, sebuah activity book anak-anak yang isinya bagus dan ringkas untuk mengenalkan ritual ibadah haji dan Idul Adha kepada si kecil. 

Masih dalam perayaan World Breastfeeding Week 2018, The Urbanmama mengangkat lagi beberapa tulisan dari para TUMExpert seperti pembahasan mengenai upper lip-tie dan oversupply saat menyusui anak yang ditulis oleh dr. Sarah Audia, dan kisah Kemijem, seorang buruh pabrik yang berjuang memberikan ASI dengan segala keterbatasan yang ditulis oleh F.B Monika Purba. Mama Eka Gobel juga turut mengulas isi Buku Pintar ASI dan Menyusui. Buku karangan F.B Monika Purba ini bagus sekali untuk dibaca oleh para mama (dan juga para papa!) agar mantap dalam memberikan ASI yang cukup dan berkualitas untuk si kecil. 

Nantikan selanjutnya tulisan-tulisan seru dan informatif di The Urban Mama minggu depan, ya. Selamat berakhir pekan dan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta, Urban Mama dan Papa!

2 Komentar
Retno Aini
Retno Aini August 27, 2018 1:57 pm

Betul, seru banget ngikutin berita2 selama pertengahan Agustus ini, terutama bagian Asian Games! cuma nonton di TV tapi ikut bangga sama Indonesia xD

ninit yunita
ninit yunita August 24, 2018 10:38 am

minggu yang seruuu! asian games membanggakan!

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies