Theurbanmama

TUM's Weekly Roundup: 5 Oktober 2018

Jumat, 05 Oktober 2018

Apa kabar, urban Mama dan Papa sekeluarga? Bulan Oktober sudah tiba, semakin dekat saja dengan penghujung tahun 2018. Bagaimana aktivitas yang dijalani seminggu ini, semoga semuanya berjalan lancar ya.

Adakah urban Mama dan Papa yang sedang menanti kelahiran si kecil di bulan ini? Salah satu hal yang menyenangkan saat hamil adalah mencari nama bayi. Sebagai calon orangtua, rasanya antusias sekali menentukan nama untuk si kecil. Biasanya orangtua sudah mulai mencari nama-nama bayi mereka saat memasukin trimester kedua atau ketiga, terutama setelah mengetahui jenis kelamin bayi yang dikandung. Memilih nama bayi memang gampang-gampang susah, namun pastinya orangtua akan memberikan nama yang bermakna bagus karena nama adalah doa. Dalam tulisan 100 Nama Bayi Laki-laki dan Perempuan, Mama Musdalifa Anas membagikan daftar nama beserta artinya, mungkin dapat menjadi inspirasi bagi Mama dan Papa yang sedang mencari nama untuk si kecil yang sedang dikandung.

Ketika anak sudah bersekolah, urban Mama Papa perlu memikirkan bagaimana cara mengenalkan strategi belajar yang efektif untuk si kecil. Nisa Faridz berbagi pengalamannya saat studi doktoral mengunjungi sebuah sekolah dasar di New York State (NYS). Para guru diwawancara untuk sebuah penelitian yang bertujuan mengeksplorasi bagaimana sekolah negeri yang mayoritas muridnya dari keluarga miskin dapat meluluskan murid-murid dengan hasil yang baik. Adapun para guru di sekolah tersebut berbagi strategi belajar yang dipakai untuk meningkatkan hasil belajar anak-anak, terutama untuk pelajaran matematika. Seorang guru menjelaskan bagaimana setiap hari murid-muridnya yang berusia sembilan dan sepuluh tahun saling membantu di kelas, dimana anak-anak di sekolah bukan hanya menjadi murid, tetapi juga guru. Harus disadari bahwa kemampuan setiap anak di kelas tidaklah seragam. Tak semua anak cocok dengan gaya mengajar gurunya di kelas, atau ada juga yang yang malu bertanya kepda guru walaupun sebenarnya belum mengerti. Jadi kalau murid yang lebih cepat memahami pelajaran mengajarkan kepada murid yang belum paham, biasanya lebih efektif. Namun tentu saja anak-anak ini tidak dilepas begitu saja, karena para guru ikut membantu dan memberikan intervensi jika dibutuhkan. Bagaimana hasil dari penelitian ini dan bagaimana penerapannya di Indonesia, dapat urban Mama dan papa baca dalam tulisan Bukan Hanya Menjadi Murid, Tetapi Juga Guru.

Adakah di antara urban Mama yang anaknya akan berulang tahun di bulan Oktober? Putra atau putrinya menggemari permainan Nerf Gun yang menggunakan peluru berbahan dasar busa (foam)? Kali ini TUMCotributor Mama Enji berbagi cara praktis membuat dekorasi kue ulang tahun berbentuk target Nerf Gun untuk si kecil. Untuk cake, urban Mama dapat menggunakan adonan cake dasar dan krim pelapis dengan rasa favorit si kecil. Dekorasi kue cukup menggunakan permen cokelat khas warna NERF Gun yaitu kuning, oranye dan biru. Tertarik membuatnya? Silakan urban Mama baca artikel Nerf Gun Target Birthday Cake ini.

Dalam rangka merayakan bulan ASI Nasional, pada bulan Agustus dan September lalu The Urban Mama dan Philips Avent Indonesia mengadakan talkshow TUMBreastfeeding yang mengangkat tema Sedekat Cinta Ibu: Bahagia dan Lancar Menyusui. Salah satu bentuk kasih sayang seorang ibu saat si kecil lahir ke dunia adalah memberikan ASI eksklusif karena ASI adalah makanan terbaik untuk buah hati. Acara talkshow TUMBreastfeeding diadakan di kota Bandung, Bogor, Jakarta dan Surabaya dengan mengundang narasumber dokter dari kota-kota tersebut. Ada beberapa poin penting yang dipaparkan dalam talkshow, seperti pencegahan stunting (masalah gizi kronis pada anak) dimulai sejak masa anak dalam kandungan, mempersiapkan kebutuhan menyusui sejak masa kehamilan, tips lancar menyusui untuk ibu bekerja, dan tanda-tanda kecukupan ASI pada bayi. Ulasan lengkapnya dapat urban Mama baca dalam tulisan Bahagia dan Lancar Menyusui. 

(Gambar: www.pexels.com)

 

Nantikan selanjutnya tulisan-tulisan menarik dan informatif di The Urban Mama minggu depan, ya. Selamat berakhir pekan dan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta, Urban Mama dan Papa!

Related Tags : ,,,,,
Apa Reaksi Anda ?
0 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.