Wisata Edukasi Sentul Fresh Farm

Oleh Neneng Restiana pada Minggu, 22 Januari 2017
Seputar Activities
Wisata Edukasi Sentul Fresh Farm

Tempat wisata berbasis pertanian dan peternakan beberapa tahun terakhir ini banyak bermunculan dan salah satunya adalah Sentul Fresh Farm. Tempat ini sebenarnya sudah lama ada, tetapi memang baru dibuka untuk wisata edukasi anak-anak TK sampai SMA sejak tahun 2014. Selain itu, tempat wisata ini juga bisa dikunjungi oleh keluarga secara pribadi. Lebih baik jika kita menelepon dulu ke pihak Sentul Fresh Farm sebelum datang agar pengelola dapat mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya guna keselamatan pengunjung dan juga ternak.

Rute menuju ke lokasi memang dijelaskan di situsnya, hanya saja memang agak sulit untuk mencapainya karena tidak ada papan petunjuk arah ke lokasi ini. Bahkan saat kita tiba di lokasi pun, sama sekali tidak ada papan nama yang menjelaskan bahwa lokasi tersebut adalah “Sentul Fresh Farm” yang ada hanya papan nama bertuliskan “Rumah Tahfidz” yang memang berada satu lokasi dengan tempat ini.

Berbeda dengan tempat wisata sejenis di mana dikenakan biaya masuk dan ada biaya terpisah per kegiatan atau mengikuti paket yang sudah ada, di Sentul Fresh Farm ini sekali masuk kita langsung dikenai biaya Rp100.000,-/peserta untuk paket wisata edukasi dan Rp200.000,-/keluarga dengan maksimal 4 orang anggota keluarga untuk paket keluarga. Jika ada kelebihan peserta, akan dikenai biaya tambahan Rp50.000,-/orang. Untuk semua paket ini peserta akan mendapatkan goody bag berisi susu dan yoghurt.

Kegiatan yang bisa diikuti selama berada di sana antara lain, memberi makan ikan patin, ikan bawal, ikan nila, dan ikan lele sangkuriang. Ikan lele sangkuriang ini cukup istimewa karena ukurannya yang cukup besar, beratnya antara 8-10 kg. Anak-anak sampai takjub melihatnya. Kita juga bisa mengikuti atraksi menangkap burung merpati. Jika berhasil menangkapnya, burung itu boleh dibawa pulang. Anak-anak sangat antusias berlari mengejar burung ini, tetapi sayang belum berhasil menangkapnya.

Setelah itu, anak-anak berkeliling memberi makan rusa, kelinci, dan juga sapi. Selain itu juga ada edukasi tentang cara memerah susu sapi, serta proses pengolahan susu sapi menjadi yoghurt. Anak-anak juga bisa menunggang anak sapi di sini.

Hal yang istimewa dan membedakan Sentul Fresh Farm dengan wisata edukasi sejenis adalah sistem zero waste management mereka. Kotoran sapi dimanfaatkan sebagai media hidup cacing lumbricus rubellus yang salah satu khasiatnya yang paling terkenal adalah obat tifus, peternakan cacing ini juga sebagai bahan baku kompos dan pupuk tanah. Anak-anak yang biasanya cenderung jijik pada cacing ternyata berani untuk memegang cacing tanah itu.

Selain belajar tentang hewan, ada juga kegiatan observasi tanaman. Pengunjung diajak untuk belajar tentang aneka tanaman hias, tanaman obat, tanaman pagar, tanaman buah, dan tanaman lainnya.

Ada juga kegiatan lainnya yang dapat diikuti dengan dikenai biaya tambahan yakni menangkap ikan Rp20.000,-/anak dan ikan mas dapat dibawa pulang, juga kegiatan menanam di pollybag dengan biaya Rp10.000,-/anak dan tanaman bisa dibawa pulang.

Fasilitas yang tersedia di sini relatif cukup terawat dan bersih, ada pendopo sebagai ruang penjelasan, toilet yang bersih, masjid, dan arena bermain anak yang terletak dekat kebun rambutan. Hanya saja di tempat ini tidak tersedia kantin, jadi lebih baik membawa bekal makanan dan minuman sendiri

Lokasinya yang cenderung privat, sehingga cocok dan sangat aman untuk kunjungan sekolah atau tempat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dan tempat yang seru untuk reuni.

Untuk keterangan dan informasi lebih lengkap dapat langsung mengunjungi website mereka.

Sentulfresh Edufarm Program
Kp. Cijulang Rt.03 Rw 03 Desa Cadasngampar Kec. Sukaraja Bogor
Telp: 0858-1741-7974; 0856-9231-5398; 0812-8823-1118
Waktu buka: Senin-Sabtu, 08:00 – 16:00
Email: [email protected]

3 Komentar
Eka Gobel
Eka Gobel January 24, 2017 12:25 pm

Wah baru tahu juga ada sentul fresh farm di bogor. Ikutan dooong playdate bogor!
Tfs mama neneng infonya!

ninit yunita
ninit yunita January 23, 2017 10:19 am

wowww! keren bangeeet ini asliii!
keliatan dari foto dan cerita mama restya di sini tempatnya menyenangkan banget. pengin ngajak anak-anak ah ke sini... atau kita playdate aja nih? :)

musdalifa anas
musdalifa anas January 22, 2017 8:13 am

Ya ampun baru tahu ada ini di Sentul, padahal lumayan sering ke sentul. Thanks ya marest artikelnya, jadi tahu dan jadi pengen. Kayanya mirip kuntum bogor gitu ya? :)