Yoga Practice at Home

Oleh jamesneil pada Rabu, 09 Oktober 2013
Seputar Tips

Alasan utama pada saat saya memulai latihan yoga di rumah adalah saya tidak perlu buang waktu untuk pergi ke suatu tempat. Apalagi jadwal di yoga studio (dengan tipe yoga yang saya sukai) tidak ada yang cocok dengan kesibukan saya.

BerikutĀ  tips singkat untuk melakukan yoga di rumah, yang didapat dari pengalaman saya setelah rutin latihan yoga di rumah:

1. Sediakan area yoga favorit di rumah Anda. Gelar yoga mat di sana, tidak perlu disimpan saat selesai. Sering kali saya dulu ragu memulai sesi yoga dengan alasan sederhana yaitu malas mengambil yoga mat dari lemari. Yoga mat yang terus digelar, menggoda saya untuk latihan kapan saja saya mau. Bahkan jika hanya untuk sesi stretching singkat. No excuses.

2. Selalu kenakan pakaian khusus olahraga yang nyaman dan elastis saat latihan.

3. Musik yoga bisa membantu tenang saat melakukan pose sulit. Kebetulan saya lebih suka hening karena ingin berkonsentrasi dengan hitungan napas.

4. Sediakan alat bantu yoga. Sampai saat ini yang berguna buat saya adalah: alas yoga, yoga strap, yoga block, kamera, bantal.

5. Pilihlah waktu bebas gangguan pada saat sesi yoga. Dalam kasus saya adalah saat anak saya tidur siang selama 2 jam.

6. Tentukan goal yang spesifik untuk latihan yoga. Alasan saya latihan yoga adalah ingin mendapatkan tubuh kuat dan lentur secara seimbang. Kebetulan saya menyukai aspek tantangan fisik dari yoga, bukan aspek spiritual. Saya melihat praktisi yoga memiliki alasan yang berbeda-beda untuk tiap sesi, bisa untuk ketenangan pikiran, penyembuhan cedera, kebugaran badan. Apapun alasannya, itu menentukan pose apa saja yang akan kita lakukan dalam sebuah sesi.

7. Carilah referensi yoga seperti: buku yoga, dvd, video yoga di youtube, internet, akun instagram dengan hestek yogapose atau sejenisnya.

8. Setelah menentukan goal dan memiliki referensi, saya merancang latihan yoga saya sendiri. Mengikuti dvd/video yoga juga bisa, tapi saya lebih suka merancang sendiri, karena lebih sesuai kebutuhan saya.

9. Latihan dengan aman.
- sebelum menguasai variasi arm balance, saya selalu menggunakan bantal tepat di depan muka. Itu sebabnya saya tidak takut untuk terjatuh berulang kali.

- sampai saat ini saya masih bergantung dengan tembok untuk urusan upside down pose.

- gunakan yoga props untuk menghindari cedera.

10. Buatlah jurnal yoga moms, mencatat kemajuan latihan yoga, atau menulis efek yang timbul saat melakukan pose yoga tertentu. Karena saya tidak pandai menulis, saya menggunakan akun instagram saya sebagai jurnal yoga online. Jurnal yoga penting buat saya, sehingga saya bisa mengetahui progress selama latihan. Ini contohnya:

11. Ikutilah komunitas yoga secara online, tempat bertukar pikiran dan menyemangati satu sama lainnya

12. Berkomitmen untuk latihan yoga secara rutin, 20 menit setiap hari lebih baik daripada dua jam seminggu sekali.

13. Jangan bandingkan kemampuan yoga Anda dengan orang lain yang sudah mahir. Yang penting adalah menikmati proses menuju ke sana.

Selamat beryoga, urban mama.....

28 Komentar
Lintang Ardhi June 12, 2014 9:47 am

Wihiii,...kapan bisa selentur itu ya,pengginnn bisa Yoga

Dee
Dee December 3, 2013 2:52 pm

Waah sama, aku juga suka pratice yoga dan pilates di rumah, pakai panduan video dai YouTube. Gratisaaan, murmer dan sehat. Hehehe. Tapi belum yang se-advance Melanie ini, ini mah udah lentur bangeettt kereeen

jamesneil
jamesneil October 12, 2013 10:17 am

yardian: di instagram banyak yogis senior, host yoga pose challenge setiap harinya, dengan hastag tertentu. kadang ada videonya bagaimana mencapai sebuah pose.

yardian
yardian October 11, 2013 4:46 pm

waaa, Mel keren banget! ajarin doong *ini kok langsung nodong ya, hihi.
Forum yoga online nya dimana Mel?

jamesneil
jamesneil October 10, 2013 9:15 pm

hanifa: pengen zumba juga nih, buat kardio hehe

indahnuria: yuk, berarti suka acro yoga ya bareng suami

thalia: waktu belom yakin selalu pake bantal, soalnya arm balance ga sebanding dengan gigi rontok atau hidung patah hehe. sekarang suka nyusruk juga sih, makanya mat selalu didobel pakai puzzle mat. cukup empuk.

siska: lam kenal juga, chika :) iya bagus itu, nyesel malahan pas waktu hamil aku ga yoga sama sekali hehe

honey: thank u hehe

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies