Belajar dari Teman Favorit

Oleh Rizka Hany pada Selasa, 20 Maret 2018
Seputar Our Stories
Belajar dari Teman Favorit

Pendidikan budi pekerti atau kini sering disebut pendidikan karakter, sangat penting diterapkan sejak usia dini. Penting. Terdengar klise, karena semua jenis pendidikan memang terasa penting. Sebagai orangtua, tentunya semua ingin anak-anaknya memiliki karakter yang baik. Namun, sering kali metode yang digunakan untuk mengajarkan karakter baik hanya dengan ceramah, nasihat ini baik, itu tidak, ini buruk, itu bagus yang justru kerap membuat anak-anak semakin bingung. Karakter baik memang perlu contoh. Perlu model.

Pendidikan karakter sewajarnya diawali di rumah sebagai lingkungan pertama bagi anak dan diselaraskan di sekolah. Namun, bagaimana anak-anak belajar mengenai budi pekerti yang baik dengan cara yang menyenangkan?

Saya mengajar di tingkat B taman kanak-kanak. Di kelas yang saya dampingi, pertemanan mulai menjadi hal yang sangat penting bagi anak-anak. Mereka mulai dapat menilai siapa teman yang asyik untuk diajak bergabung melakukan kegiatan bersama, dan siapa teman yang tidak termasuk dalam daftar pilihan. Mereka sudah dapat memilih.

Pilihan dan penilaian anak usia 5-6 tahun terhadap teman-temannya, kemudian saya telusuri. Saya melakukan wawancara kecil-kecilan terkait alasan-alasan mengapa mereka memilih dalam berteman. Ternyata anak-anak memiliki alasan yang cukup konkret terkait perilaku teman-temannya. Mereka mampu menyebutkan satu demi satu sikap buruk yang tidak mereka harapkan dari temannya, tetapi muncul ketika mereka bermain bersama. Lalu saya pun bertanya pada mereka mengenai harapan-harapannya terhadap sikap teman. Harapan-harapan yang disebutkan adalah berupa sikap-sikap baik dan saya pikir, saya akan coba mengangkat sikap-sikap baik ini sebagai bahan belajar bersama anak-anak.

Menjelang akhir TKB, anak-anak diajak untuk menjaga hubungan baik dengan teman-teman sekelasnya. Karena ketika SD nanti, tidak semua akan bersekolah di sekolah yang sama atau berada di kelas yang sama. Namun, ternyata masih ada anak yang menghindari beberapa teman dengan beberapa alasan konkretnya. Saya tidak akan membahas alasan konkret itu, tapi sebaliknya.

Saya mengajak anak-anak memilih salah satu teman favoritnya. Pilihan tersebut harus disertai dengan penjelasan mengapa mereka memilih temannya sebagai favorit. Dan tentu saja, pilihan mereka adalah rahasia. Tidak ada anak yang boleh mengetahui teman favorit anak yang lain. Tidak ada yang bisa memengaruhi pilihan teman favorit setiap anak. Setelah memilih satu teman favorit, anak-anak diajak untuk menggambarkan temannya di selembar kertas koran bekas. Koran bekas digunakan sebagai media untuk menggambar sekaligus mengajarkan pada anak-anak bahwa barang bekas pun dapat dimanfaatkan untuk berkarya.

Setelah semua anak selesai menggambarkan teman favoritnya, mereka secara bergiliran menceritakan gambarnya di hadapan teman-teman lainnya di depan kelas. Seraya bercerita, gambar yang dibuat ditunjukkan pada teman-teman, mereka menyebutkan nama teman favorit beserta sikap-sikap baik yang disukai. Semua anak dapat belajar dari pemaparan yang disampaikan oleh teman-temannya

Salah satu gambar yang dibuat oleh seorang anak bernama Nia (bukan nama sebenarnya) sangat detil. Hal ini secara langsung menunjukkan perhatiannya yang cukup besar terhadap teman favoritnya. Ia menggambarkan Eva (juga bukan nama sebenarnya) sebagai teman favoritnya serta menceritakan alasannya.

Nia bercerita, “Aku suka main sama Eva. Soalnya Eva suka ngajak aku main, gak pernah marah-marah, gak pernah ngeledek, suka bantuin aku kalau beresin mainan.”


Eva yang digambarkan oleh Nia. Detailnya terlihat pada seragam, bando, dan model rambutnya.

Anak-anak lain kemudian bergiliran bercerita di hadapan teman-temannya. Beberapa alasan yang melatari mereka memilih temannya sebagai teman favorit berbeda-beda. Alasan-alasan yang berbeda itu kemudian saya tuliskan di papan tulis sebagai rangkuman dari semua alasan yang diungkapkan. Sebagian besar anak-anak di kelas yang sudah mulai bisa membaca, dapat belajar dari sifat-sifat baik teman yang dituliskan di papan tulis.

Kegiatan tidak berakhir di situ. Pengembangan budi pekerti dan karakter baik harus konsisten dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dan terus menerus. Saat ada anak yang mengalami konflik dengan temannya, dilaporkan berperilaku kurang menyenangkan atau mengganggu teman, saya akan kembali membahas perilaku baik yang disukai oleh teman yang tertera di papan tulis. Anak-anak kembali diingatkan mengenai perilaku yang sebaiknya dimiliki oleh mereka jika ingin disukai oleh teman-temannya yang lain.

Dari kegiatan presentasi mengenai teman favorit, saya kemudian membuat cerita imajinasi tentang pertemanan berdasarkan hasil presentasi anak-anak di kelas sebelumnya. Cerita ini dibuat dengan membuat buku cerita secara manual (menggambar ilustrasi dan menuliskan sendiri ceritanya). Ide cerita dijabarkan terlebih dulu dalam bentuk mindmap, termasuk ide tokoh cerita yang akan ditampilkan.


Mindmap sederhana mengenai ide cerita buku

Ide cerita yang diambil berdasarkan hasil presentasi anak-anak dituangkan dalam bentuk imajinasi. Misalnya tokoh utama adalah anak yang tinggal di dalam hutan. Teman yang suka mengajak bermain digambarkan sebagai Jerapah berleher tinggi yang menjadikan lehernya sebagai tempat bermain perosotan. Teman yang suka membantu digambarkan sebagai Gajah berbelalai panjang yang dapat meraih benda apa pun untuk membantu tokoh utama merapikan mainannya. Teman yang tidak pernah marah-marah dan meledek digambarkan sebagai Kelinci Hutan pendiam yang selalu berbicara dengan kata-kata baik. Alur cerita dibuat sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak usia dini. Imajinasi hewan hutan yang dilibatkan dimaksudkan agar dapat menarik perhatian anak-anak dan agar lebih mudah masuk ke pemahaman mereka. Tentunya buku ini dibuat untuk kebutuhan intern saja dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


Buku cerita berukuran besar bigbook yang dibuat oleh guru secara manual berdasarkan kegiatan presentasi teman favorit pada kegiatan sebelumnya.

Belajar berperilaku baik, memiliki budi pekerti luhur, serta berkarakter bisa didapat dari teman-teman. Hal ini bisa dilakukan dalam kegiatan bercerita/presentasi pada anak-anak usia 5-6 tahun, usia ketika anak-anak mulai lebih lugas mengungkapkan pendapatnya.

Belajar dari teman favorit juga bisa diterapkan di rumah. Tentunya anak-anak suka bercerita tentang teman dekatnya di sekolah atau teman mainnya di sekitaran rumah. Tanyakan dengan detail sifat apa yang mereka suka dari teman-temannya. Membuat buku cerita sendiri sebagai media bercerita juga bisa dilakukan di rumah. Jika tidak mahir menggambar, cari saja gambar dari majalah bekas atau cetak dari internet gambar yang mendukung cerita. Selamat mencoba ya.

4 Komentar
Retno Aini
Retno Aini March 27, 2018 1:36 pm

wah terima kasih untuk sharingnya, mama Rizka. Salah satu penanaman nilai budi pekerti juga ini, agar anak2 belajar bagaimana memilih teman yang baik, dan yg paling utama, agar anak belajar menjadi teman yang baik.

Urban Mama banyak yg berprofesi sebagai guru ya? Bagus nih kalau sharing tips2 di kelasnya yang juga bermanfaat & applicable untuk para mama dan anak2nya di rumah :D

Leila Niwanda
Leila Niwanda March 21, 2018 3:54 pm

Wah, menarik ini, Mama Rizka, untuk diterapkan di rumah juga. Terima kasih sudah berbagi, ya...

Intan Rastini
Intan Rastini March 20, 2018 2:33 pm

Mempresentasikan teman favorit di depan kelas bisa membuat senang anak yang disebut sebagai teman favorit, tapi juga bisa membuat sedih anak lain yang suka bermain dengan si presenter namun sayangnya namanya tidak disebutkan.
Hal ini juga berlaku untuk anak-anak lain yang namanya tidak disebutkan sama sekali oleh siapapun di depan kelas, apakah dia bukan teman yang baik bagi setiap anak?
Saya juga pernah mengajarkan konsep apresiasi kualitas-kualitas yang baik dari teman dekat yang dimiliki murid saya, tapi saya minta mereka menyebutkan karakternya saja bukan nama. Hal ini untuk menghindari murid berkecil hati jika tidak dianggap teman baik oleh salah seorang murid lainnya atau bahkan tidak oleh siapapun. Akan sangat menyedihkan jadinya.
Anyway, ide bikin cerita anak-anak dari rangkuman presentasi anak-anak terhadap kualitas teman favoritnya bagus, tuh!
Proses pembuatannya dari bikin mind map sampai ke gambar karakternya keren, mbak.

Rizka Hany
Rizka Hany March 20, 2018 3:37 pm

terima kasih mbak, komentar & masukannya... ;) waktu itu sudah dipastikan semua anak disebut oleh teman-temannya dan kegiatan presentasi dilakukan dalam kelompok kecil.
nanti dicoba ya buat bukunya ;)

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies