DIY Boneka Kaus Bekas

Oleh Pryta Aditama pada Rabu, 27 Februari 2019
Seputar Do-It-Yourself
DIY Boneka Kaus Bekas

Biasanya Q bisa dengan mudah merelakan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi untuk diberikan kepada orang lain. Kali ini ada satu baju yang entah kenapa tidak mau ia lepas. Padahal ia tahu itu sudah tidak muat. Setelah beberapa kali dibahas, kami sampai pada kesimpulan, mungkin karena piama ini ada gambar mobilnya. Dan kebetulan memang tidak banyak bajunya yang bergambar mobil. 

Karena saya tetep tidak mau menyimpan barang yang tidak terpakai (kecuali yang sangat bersejarah), akhirnya kami membuat kesepakatan bersama. Bagaimana kalau kita simpan mobilnya saja? Kami akan mengubah baju ini menjadi bantal mobil. Q setuju-setuju saja, yang penting si mobil tetap ada. 

Bahannya mudah saja, baju bekas si kecil atau mama atau papanya yang berbahan kaus (bahan katun bisa juga) dan ada gambarnya. Tidak harus gambar mobil-mobilan, bisa binatang atau buah atau apa pun favorit si kecil. Yang penting gambarnya cukup besar untuk dijadiin bantal kecil mainannya. 
 
Caranya mudah saja, hanya tinggal menggunting kain, jarum pentul, dakron (bahan isi boneka), jarum dan benang jahit biasa. Warna benang disesuaikan saja dengan warna kausnya. Saya menjahit dengan tangan karena tidak punya mesin jahit khusus untuk bahan kaus.  
 
OK! Let's get it started..
 
 
Gunting sekeliling gambar yang ada pada kaus. Beri jarak sekitar 2,5-3 cm, agar saat dijahit nanti tidak terlalu mepet dengan gambarnya. Gunting juga bagian lain dari kaus mengikuti pola pertama. Kalau gambarnya tadi di depan kaus, berarti gunting juga bagian belakangnya, begitu sebaliknya. 
 
 
Balik bagian depan dan belakang lalu tempel sementara dengan jarum pentul. Bagian gambar sekarang ada di dalam. Jahit sekeliling potongan kaus, tapi sisakan bukaan sedikit pada bagian bawah gambar. Bukaan ini fungsinya untuk memasukkan dakron, jadi pastikan cukup besar agar mudah memasukkan isinya. 
 
 
Setelah selesai, balik kaus hingga gambar ada di luar. Masukkan dakron secukupnya. Pada bagian ini si kecil bisa dimintai bantuan untuk memasukkan dakron sampai menurutnya boneka itu cukup enak untuk diremas-remas. 
 
 
Setelah dakronnya sudah cukup banyak, jahit sisa bukaan tadi. Kalau bingung bagaimana cara menjahit bukaannya agar tidak kelihatan, silakan coba cari tutorialnya di youtube. And it would be totally fine if you couldn't perfectly close it. Anak-anak juga tidak akan protes. Yang penting tertutup rapat agar dakronnya keluar dari si boneka. 
 
 
Jadi juga boneka mobil mini untuk diremas-remas atau dimainkan bersama mobil-mobilan lainnya. Selamat mencoba!

Kategori Terkait


Tag Terkait

15 Komentar
Veronica Sri Utami
Veronica Sri Utami December 19, 2016 10:35 pm

Wahhh... Kreatif banget mbak Pryta! Jadi pengen langsung bongkar2 lemari keluarin baju yg ga kepake n dibikin sesuatu...

Marsha Maria
Marsha Maria December 19, 2016 2:05 pm

ya ampunn lucu banget.. paling suka deh sama ide2 recycle gini.. TFS ya mba pryta

Pryta Aditama
Pryta Aditama December 19, 2016 2:31 pm

Sama-sama mama Marsha.. :D

Eka Gobel
Eka Gobel December 19, 2016 2:00 pm

Lucuu... sama nih pryta. Di rumah juga kaos2 butut yg dibuang sayang, dikasihkan juga ga layak, akhirnya dibikin boneka bantal dan selimut. Pasti Q senang yaa baju kesayanganna ngga jadi dibuang. Kreatif deh mama pryta

Pryta Aditama
Pryta Aditama December 19, 2016 2:30 pm

Hihii.. iya nih lumayan deh jadi dimainin terus si boneka mobilnya.. tadinya teronggok gitu aja di pojok kasur..

Imelda Sutarno
Imelda Sutarno December 19, 2016 10:40 am

wah idenya bagus nih, jadi pengen bikin juga di rumah. Tapi beli dakron itu di mana ya, barangkalai mamas ada yang tau? TFS mbak Pryta

Pryta Aditama
Pryta Aditama December 19, 2016 2:28 pm

Kalo aku beli di craft shop gitu mam, di Bandung lumayan banyak yang jual dakron.. Kayaknya ols juga ada yang jual deh, coba dicek aja mam Imel.. ;)

Retno Aini
Retno Aini December 19, 2016 4:42 am

Ini lucu bangeeettt! aku juga suka daur-ulang baju-baju kesayangan Alma yang udah gak dipakai lagi, tapi dijadiin bantal. Boleh juga nih kucoba bikin boneka. Terima kasih ya Pryta buat idenya!

Pryta Aditama
Pryta Aditama December 19, 2016 2:26 pm

Samasamaaaaa mama Aini.. :D

 

Anda harus Log In untuk memberikan komentar terhadap artikel ini.

Silakan Login di Sini