Flona 2017, Bukan Sekadar Pameran Bunga dan Satwa

Oleh Leila Niwanda pada Minggu, 30 Juli 2017
Seputar Activities
Flona 2017, Bukan Sekadar Pameran Bunga dan Satwa

Pameran Flora dan Fauna (Flona) di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, adalah acara tahunan yang jarang kami lewatkan. Sebelumnya Mama Sidta pernah menuliskannya di sini. Apalagi sejak kembali bertugas di Jakarta dengan status sebagai orangtua. Selain karena lokasinya yang pasti dilewati saat pulang kantor sehingga kami jarang ketinggalan informasi kapan dimulainya pameran, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis, dan tema pamerannya sendiri juga menarik untuk sekeluarga. Sepanjang penyelenggaraannya yang biasanya selama sebulan penuh (kadang diperpanjang), minimal satu kali kami mampir ke sana. Tahun ini penyelenggaraan Flona kembali berawal di bulan Juli, tepatnya tanggal 21 Juli s.d. 21 Agustus 2017, setelah tahun-tahun sebelumnya sempat mundur sampai September-Oktober.

Dalam pameran yang sudah diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta sejak tahun 1973 ini, sesuai tajuknya, banyak penjual tanaman hias, tanaman buah, maupun hewan peliharaan. Tentu beserta pelengkapnya seperti pupuk, insektisida, alat berkebun, pot, hiasan taman, makanan hewan, kandang, dll. Saya jarang membeli, biasanya yang belanja anggrek atau tanaman lainnya adalah eyang uti anak-anak jika beliau kebetulan sedang berkunjung ke sini. Saya, suami, dan anak-anak lebih cenderung menikmati saja suasananya, sambil foto-foto tentunya. Fathia dan Fahira sih pastinya gembira bisa melihat dan menyentuh (kalau memungkinkan) beragam hewan peliharaan, dari kelinci (favorit, nih), kucing, unggas, tupai, musang, kelomang, reptil, sampai ikan. Kadang ada juga wahana permainan berbayar yang menarik minat mereka seperti inflatable castle, flying fox, ataupun becak mini, selain permainan ayunan, panjat-panjatan, dan jungkat-jungkit yang memang permanen ada di Lapangan Banteng.

Kali ini tema yang diusung adalah 'Jadikan Jakarta Sahabat Alam Kita', dengan subtema Carnaval di Hutan. Maka dekorasinya pun menyesuaikan, misalnya keberadaan sejumlah tiruan hewan yang menyambut pengunjung di pintu masuk. Ada juga stand Kebun Binatang Ragunan yang menampilkan hewan-hewan yang sudah diawetkan, sayang kami hanya sempat sebentar ke stand ini karena hari sudah semakin siang. Ya, menghabiskan waktu di sini rasanya memang mengasyikkan, sampai tidak terasa beberapa jam sudah berlalu. Jadi ada baiknya juga mempersiapkan bekal yang cukup, walaupun ada juga stand makanan dan minuman atau food truck di sana. Oh ya, salah satu makanan yang khas dan bikin kangen dalam festival-festival di Lapangan Banteng adalah kerak telur Betawi yang banyak dijual di antara stand-stand pameran.

Hari Minggu (23/07) kemarin saat kami ke Flona, anak-anak senang sekali karena ternyata banyak stand, khususnya milik pemkot-pemkot di DKI, yang menyediakan aktivitas menantang bagi mereka. Ada jembatan dengan beragam bentuk mulai dari jaring-jaring tali hingga jembatan goyang, kapal-kapal yang bagian atasnya bisa dicapai dengan tangga maupun semacam papan dengan tumpuan panjatan, tempat main pasir pantai, juga rumah pohon. Seru! Sekilas lihat ada wahana khusus kelinci yang pasti juga disukai anak-anak, tapi waktu itu masih belum dibuka. Di salah satu sisi lapangan, sedang digelar kontes burung berkicau yang cukup ramai.

Kami lebih suka mendatangi Flona di hari-hari awal karena biasanya fasilitas masih lengkap, termasuk tanaman berikut bunganya yang digunakan untuk mendekor spot-spot cantik incaran untuk berfoto juga masih segar. Namun, kalau berniat menambah koleksi tanaman atau peliharaan, berkunjung di hari-hari terakhir bisa menjadi pilihan karena sering kali para penjual 'banting harga'. Yuk, Urban Mama, main juga ke Flona, mumpung masih cukup lama nih waktunya.

6 Komentar
marlin
marlin August 2, 2017 11:10 am

sampai kapan ya ini mba?

Leila Niwanda
Leila Niwanda August 2, 2017 2:25 pm

Sampai 21 Agustus, Mba Marlin :).

Cindy Vania
Cindy Vania July 31, 2017 1:45 pm

Seru yaaa.. Jadi ingat, dulu tiap tahun suka diajak Papa ke pameran flora dan fauna. Aku malah belum pernah sama sekali ngajak anak-anak ke pameran itu, soalnya jauuh.. :)

Leila Niwanda
Leila Niwanda August 1, 2017 9:05 am

Waah, sempat berkunjung ke Flona yang dulu ya, Mba Cindy. Nanti siapa tahu ada kesempatan ya :)

dieta hadi
dieta hadi July 31, 2017 9:42 am

wahh seru yaaa, seneng ya kalo ada kegiatan macam ini walaupun setahun sekali. di Bogor juga ada nih baru kemaren berlangsung tapi ke flora nya, sampai ada konvoi nya juga, seru

Leila Niwanda
Leila Niwanda August 1, 2017 9:02 am

Oh iya ya, Mba Dieta, di Bogor juga ada? Ada konvoinya segala ya, meriah pasti.

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies