Garangao Festival

Oleh De pada Minggu, 03 Juni 2018
Seputar Our Stories
Garangao Festival

Garangao Festival adalah perayaan anak-anak di negara kawasan Arab ketika sudah mencapai tengah bulan Ramadan. Biasanya diselenggarakan malam ke-14, ke-15. atau ke-16 di bulan Ramadan, dengan tujuan agar anak-anak makin semangat beribadah di dua minggu terakhir Ramadan. Keluarga kami sendiri baru tinggal di negara Qatar selama 6 bulan, jadi kami baru mendengar nama festival ini.

Di Qatar dan Bahrain, acara festival ini disebut Garangao, sementara di Arab Saudi disebut sebagai festival Karkee'aan atau Qariqaan. Di Kuwait disebut festival Gargee'aan, di Oman disebut At-Tablah atau Qarnakosh, serta di UAE disebut Hag Al Leylah.

Festival Garangao

Dalam acara festival Garangao, anak-anak mengenakan pakaian khas timur tengah lalu bergerombol jalan kaki, berkeliling sambil menyanyikan lagu Garangao dan mengetuk pintu rumah para tetangga untuk menerima kacang-kacangan khas Arab, aneka camilan, permen dan coklat. Ya, mirip seperti acara Halloween di negara-negara barat yang dirayakan di akhir Oktober.

Tidak hanya di kawasan perumahan, festival ini juga diselenggarakan di beberapa pusat perbelanjaan sebagai salah satu kemeriahan khas bulan Ramadan. Setelah mendaftar di meja Customer Service, anak-anak diberikan tote bag dan peta mall. Kemudian mereka mendatangi toko-toko yang ada di peta untuk menerima souvenir, hadiah atau camilan. Ada yang langsung dibagikan begitu saja, tetapi ada juga vendor yang meminta anak untuk menyelesaikan tugas kuis sebelum diberikan souvenir. Seru sekali melihatnya.

Beberapa sekolah, terutama sekolah tingkat TK dan SD, juga mengadakan acara festival Garangao. Sayangnya Fayra dan Rafa sudah masuk tingkat middle & high school, jadi tidak bisa ikutan festival Graangao. Saya cukup menonton keseruan anak-anak orang lain saja yang merayakan festival ini.

Seru sekali menyaksikan tradisi khas Ramadan dari negara-negara lain. Urban Mama dan Papa, apakah si kecil menjalankan tradisi Ramadan serupa di tempat tinggal atau di daerah asalnya? Silakan berbagi ceritanya ya.

 

De
De

2 Komentar
dieta hadi
dieta hadi June 5, 2018 2:54 pm

Wahh seru yaaa, seneng banget kalo ngikutin tradisi setiap daerah, seru-seru dan unik

Cindy Vania
Cindy Vania June 5, 2018 2:37 pm

Seru banget yaa muterin pusat perbelanjaan buat minta suvenir. Kalau dilihat, permen2nya sama yaa kayak yang di Indonesia :D

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies