Ledi di Parangtritis

Oleh Rindangi Putri pada Sabtu, 21 Maret 2015
Seputar Activities

Bagi urban mama-papa yang pernah ke Yogyakarta, pasti tahu Pantai Parangtritis atau yang biasa disebut Paris. Pantai ini memang salah satu obyek wisata terkenal di Yogyakarta. Keunikan Parangtritis adalah gumuk atau gunung-gunung pasir di sekitar pantai, dan ombak yang besar.

Pantai Parangtritis terletak 25 km dari kota Yogyakarta. Dulu waktu masih bersekolah di Yogyakarta, kapan saja terasa suntuk atau kangen pantai langsung saya berangkat ke Paris. Paris memiliki kontur pantai yang landai sehingga cocok digunakan untuk bermain air. Walaupun begitu jangan coba-coba berenang terlalu ke tengah karena banyak sekali papan peringatan bahaya berenang di laut dan ada lifeguard yang tidak bosan-bosannya mengingatkan pengunjung.

Infrastruktur pantai Parangtritis sudah cukup baik. Jalan sudah diaspal, tersedia lahan parkir untuk motor, mobil maupun bus, serta tersedia juga restoran dan kamar mandi untuk bilas yang cukup memadai. Bagi saya, ini poin yang sangat penting apalagi jika ingin mengajak anak-anak kesini.

 

Saat liburan kemarin, kami berkesempatan mengajak Ledi dan para sepupu ke sini. Pantai Parangtritis adalah pantai pertama yang dikunjungi Ledi. Awalnya Ledi terlihat tidak nyaman dengan pasir yang mengotori kakinya dan agak takut dengan hempasan ombak yang datang dan pergi. Tetapi melihat keceriaan sepupu-sepupunya bermain ombak, menulis di pasir dan membuat gunung dari pasir, pelan-pelan Ledi mau ikut bermain dan menikmati pengalaman pertamanya di pantai.

 

Kami datang ke pantai ini siang hari, sehingga cuacanya cukup terik dan panas. Untunglah di pinggir pantai banyak yang menawarkan penyewaan payung dan tikar. Jika bosan bermain ombak, kita bisa menyewa kuda atau andong untuk menyusuri pantai dari ujung ke ujung. Tersedia juga penyewaan ATV untuk berputar-putar di sekitar pantai.

Di pantai Parangtritis kita dapat menikmati matahari terbenam, tetapi sayangnya kami memutuskan pulang sebelum sempat melihat matahari terbenam. Tak sabar rasanya ingin kembali mengajak Ledi mengunjungi pantai-pantai lainnya.

5 Komentar
BunDit
BunDit March 24, 2015 1:13 pm

Aaah..jadi pengin pulkam ke Parangtritis karena yangtinya Dita asli sana, jadi rumah cuma berjarak 200m dari pantai. Kalau ke Parangtritis lagi mampir ke rumah makan YangTi nya Dita ya ma :-)

WiwiT
WiwiT March 23, 2015 5:18 pm

liat photo-photonya jadi kangen Parangtritis. Dulu waktu SD sering jadi tujuan wisata sekolah. Lediii seneng banget maen airnya :) Ikuuut dunk!

Cindy Vania
Cindy Vania March 23, 2015 8:04 am

Ledi dan sepupunya happy banget sih main di pantai :)
Paris ini pantai favorit anak-anak. Belum lama kesana,udah pada nagih lagi,hihi..

zata ligouw
zata ligouw March 22, 2015 10:42 am

Awww seneng deh liat Ledi hepi! Gw belom pernah ke sana Dang, kayaknya bakal jadi tujuan utama kalo pergi ke Jogja nih..., makasih ya artikelnya...

Eka Gobel
Eka Gobel March 22, 2015 7:57 am

seru banget! iya kayaknya belum sah ya, kalau ke yogya ngga main ke Paris :)
paling suka naik delman mwnyusuri pantai, sama makan mie di pinggir pantai sambil kemakan pasir2 krn anginnya besaaar aahhaaha.. tapi asyik pemandangannya baguuus!