Make Learning Fun!

Oleh musdalifa anas pada Kamis, 23 April 2015
Seputar Product Reviews

Dalam dunia anak-anak, bermain adalah kegiatan paling menyenangkan sepanjang harinya. Tidak sekadar untuk menghabiskan energi, bermain ternyata punya banyak sekali manfaat untuk tumbuh-kembang mereka. Sejak usia dini, bermain membantu mengasah sisi kreatif dan imajinasi anak, mengembangkan ketangkasan fisik (motorik kasar dan halus), merangsang kemampuan kognitif serta membangun kepekaan emosionalnya. Bermain memiliki peranan penting dalam perkembangan otak anak. Melalui bermain bermain, sejak usia dini anak belajar mengamati dan berinteraksi dengan dunia sekitar mereka.

Unsur penting yang membantu anak untuk engaged dengan proses belajar sambil bermain ini adalah unsur ‘fun’. Dengan suasana yang ‘fun’, anak akan lebih senang mengeksplorasi dan curious mengulang permainan tersebut. Bermain sambil belajar? Bisa saja, asalkan fun! Agar otak balita mendapatkan stimulasi yang tepat, harus diberikan suasana dan permainan yang tepat serta menyenangkan.

Mainan favorit Lana dan Yoona adalah mainan dari Early Learning Center. Selain desainnya yang bagus dan terbuat dari bahan-bahan aman untuk anak, mainan ELC pun membantu merangsang perkembangan anak tanpa melepas nilai ‘fun’ sehingga anak-anak selalu senang memainkannya. Kebetulan saya sempat berjalan-jalan ke ELC dan di hari itu baru saja datang beberapa jenis mainan baru untuk balita. Selanjutnya saat di rumah, agar lebih asyik window-shopping , saya cek beberapa koleksi mainan barunya di sini dan ternyata bagus-bagus!

Salah satu mainan yang menarik perhatian saya adalah Sizzling BBQ, menarik sekali untuk permainan role-play dan cocok untuk balita dari usia tiga tahun. Wah, saya pikir akan cocok sekali untuk Lana. Permainan role-play seperti masak-masak ini bagus sekali mengasah imajinasi anak, melatih kemampuan verbal anak lewat berpura-pura memesan makanan BBQ, bahkan mengajarkan anak untuk belajar mengantre.

Melalui permainan role-play, anak juga bisa belajar tentang peran dan jenis pekerjaan orang, mengasah kepekaan emosi serta belajar mengenali dan menyelesaikan konflik. Agar main masak-memasaknya lebih seru, dalam permainan Sizzling BBQ disertai alat masak-masakan, mainan bahan makanan yang berwarna-warni serta dilengkapi suara desisan makanan dan mainan bara api yang bisa menyala (dengan bantuan tiga batere AA).

Untuk Yoona yang sedang senang-senangnya menyanyi sambal tepuk tangan, saya melirik mainan Light and Sound Boombox. Jadi sambil menekan-nekan tombol lagu pada kotak musik, diam-diam dia juga belajar mengenali pola tombol mana yang akan mengeluarkan lagu tertentu. Seru ya kalau sambil memainkan mainan boombox ini si kecil diajak menyanyi bersama dan mengenali lagu sambil bertepuk tangan.

Ada pula mainan lain yang tak kalah menariknya, Drop-and-Pop Girrafe. Salah satu rancangan dari Ben Alport, seorang mahasiswa Industrial Design and Technology, untuk koleksi mainan terbaru ELC. Drop-and-Pop Girrafe membantu balita belajar mengenali pola dengan musik, mengenali arah dan mengenali warna lewat bola-bola permainannya. Mainan ini terbuat dari bahan plastik yang kokoh dan aman untuk balita, bola-bolanya mudah untuk dipegang, dilempar serta ditangkap oleh Yoona.

Selain mencari-cari mainan Lana dan Yoona, saya juga melirik beberapa mainan lain yang bisa dijadikan kado. Beberapa hasil cuci mata saya adalah:

Mainan Activity Triangle untuk bayi di atas enam bulan, di mana setiap sisi dari alat mainan terpasang mainan-mainan berbeda yang menarik untuk dieksplorasi seperti manik-manik yang berbunyi, mainan roda-rodaan, mainan kaca, dan mainan push-and-pull berwarna-warni. Permainan ini bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik bayi dan mengenalkan hubungan sebab-akibat yang sederhana.

Ada pula Giant Activity Cube, cocok untuk bayi di atas usia 12 bulan yang sedang aktif-aktifnya bergerak. Pada setiap sisinya dilengkapi dengan mainan drum yang bisa menyala dan berubah warna saat dipukul, manik-manik dan bentuk geometris berwarna yang bisa ditekan mengeluarkan suara nama bentuk dan warna, serta pintu mini di salah satu sisi kubus yang mengarah ke boneka. Cocok sekali untuk si kecil belajar mengenal warna, bentuk serta angka.

Semua mainan tersebut sudah tersedia di cabang ELC di seluruh Indonesia. Serunya lagi, dengan berbelanja mainan baru, Urban mama berkesempatan memenangkan hadiah jalan-jalan sekeluarga ke Singapura bahkan Inggris. Mulai dari 6 April – 30 Juni 2015 ada undian “Win a Memorable Trip to London or Singapore”. Lebih lanjutnya, silakan Urban mama-papa kunjungi ELC terdekat dan baca infonya di sini.

8 Komentar
May Sukmasari
May Sukmasari May 18, 2015 7:57 am

yoona dan kakak Lana lucu sekali, adek dhira boleh ikut main gak, mupeng liat mainan elc-nya. Naksir mainan Drop-and-Pop Girrafe, harganya berapa ya?

Retno Aini
Retno Aini May 12, 2015 3:17 pm

salah satu yg bikin gw suka mainan ELC karena bahan & catnya aman buat anak2 :D awet pula, bbrp mainan masak2an & building blocksnya masih Alma mainin sampai sekarang. Favorit banget deh!

zata ligouw
zata ligouw April 25, 2015 11:32 pm

setuju Peh, namanya bermain ya harus fun, makanya perlu banget mainan yang aman dan asik buat anak2..

naksir deh sama sizzling BBQ itu, tapi sabil kayaknya udah ketuaan ya maininnya?, hehehe...

hanana fajar
hanana fajar April 24, 2015 8:24 am

ipehh...mupeng banget mainannyaa...kira2 ada yg mau ngadoin ga ya...*hahaha emak-emak OGI(ogah rugi)

Cindy Vania
Cindy Vania April 24, 2015 7:30 am

waah,akupun drooling Sizzling BBQ dan Light and Sound Boombox nya..
Setuju banget sih kalo mainan ELC ini awet! Terus anak-anak suka banget kalo diajak ke toko ELC,karena pasti diajakin main sama mbak dan mas disana,betah deh,hihi..

Undiannya menarik,cus ke London kitaaa...
TFS mama Ipeh :*

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies