Panggilan Istimewa

Oleh Patsy Patricia pada Rabu, 20 November 2013
Seputar Our Stories

Nikmatnya punya anak yang adalah cucu pertama dari kedua keluarga adalah kita yang menentukan panggilan.

Sebagai keluarga dari "timur" (maksudnya suku dari Indonesia bagian Timur, suami Manado, saya Ambon) kita biasa memanggil kakek-nenek dengan "Opa-Oma". Masalahnya baik saya maupun suami masing-masing cuma punya 1 saudara kandung dan karena itu keluarga besar kami sering berkumpul. Jadi Josiah akan punya banyak sekali "Oma" dan "Opa" yang adalah Om & Tante dari suami dan saya. Juga Josiah akan punya banyak sekali "Om" dan "Tante" yang adalah sepupu-sepupu saya dan suami.

Menimbang hal tersebut, saya akhirnya sama suami memutuskan untuk tidak menggunakan panggilan-panggilan itu di keluarga kecil kami. Karena suami memanggil orangtuanya dengan "Papa-Mama", jadi kami putuskan Josiah memanggil papa mertua saya dengan "Grandpa" dan menyebut almarhum mama mertua saya dengan "Grandma". Selanjutnya orangtua saya. Saya memanggil mereka "Daddy-Mommy", jadi papa saya dipanggil "Granddad". Neneknya yang agak susah. Katanya aneh kalo dipanggil "Grandmom", jadinya "Grandma" aja. Tapi terus merasa kalo "Grandma" itu pasangannya "Grandpa", akhirnya minta dipanggil "Granny" saja. Iya deh, tidak apa-apa. Kebetulan adik saya dan adiknya suami sama-sama laki-laki. Jadi lebih mudah. Mereka dipanggil "Uncle Edward" dan "Uncle Mike", karena "Uncle Michael" jadi berima dan aneh. Kalau sudah menikah, rencananya istri-istri mereka akan dipanggil "Aunty".

[caption id="attachment_89983" align="alignnone" width="434" caption="Grandpa, Uncle Mike, Mommy, Josiah, Daddy, Uncle Edward, Granny, Granddad"][/caption]

Sebenarnya kami tidak bermaksud sok menggunakan bahasa Inggris. Sebenarnya Opa, Oma, Oom, dan Tante juga bukan bahasa Indonesia, tapi bahasa Belanda. Ini kami lakukan agar Josiah tahu bahwa Grandpa, Grandma, Granddad, Granny, Uncle Mike, dan Uncle Edward adalah keluarga kandung Mommy & Daddy-nya. Itu aja. Dan kami berharap kepeduliannya kepada keluarga kandung kami juga akan bertambah dengan panggilan istimewa ini.

Kategori Terkait


Tag Terkait

2 Komentar
Mama Kinarian November 26, 2013 4:59 pm

Panggilannya unik dan istimewa yaa... Betul kata Bunda Wiwit, Josiah pasti jadi idola keluarga :)

WiwiT
WiwiT November 20, 2013 1:44 pm

waaa.. pasti Josiah jadi idola keluarga nih. Cucu satu2nya pula. Jadi kesayangan Granny, Grandpa dan Granddad yaaa.. :)