Piknik dan Playdate di Taman Hutan Raya Bandung

Oleh Pryta Aditama pada Selasa, 01 September 2015
Seputar Activities

Berhubung setelah lebaran kemarin belum sempat bertemu lagi dengan March Birth Club 2013, dan kebetulan ada undangan acara mendongeng di Taman Hutan Raya hari Minggu kemarin, jadilah kami TUM #BC0313 Bandung piknik keluarga besar di Tahura.


Awalnya kami memang ingin ikut acara mendongeng, tapi sesampainya di sana ternyata daerah sekitar tempat dongeng sudah penuh sekali dengan keluarga lain yang pada gelar tikar dan menonton. Karena datang beramai-ramai, akhirnya kami memutuskan untuk ke pinggir agar bisa menikmati kebersamaan (dan makanan yang sudah dibawa).

Seperti biasa jika kami berkumpul beramai-ramai, masing-masing akan membawa makanan agar bisa saling tukar dan saling mencicipi. Ternyata makanan yang dibawa hari itu banyak sekali, mulai dari nasi, mie goreng, satai sosis, tumis tahu, sayur brokoli, nugget, kue cubit sampe cake, komplit! Ini salah satu alasan kenapa saya nggak rela kalau sampai harus ketinggalan jadwal potluck-playdate.

Ternyata piknik bareng toddler tidak repot, lho! Selama kita mempersiapkan diri dengan baik dan ada yang bisa bergantian mengajak main si bocah kalau sudah bosan duduk dan makan-makan. Namanya juga anak 2 tahun, jangan berharap mereka bisa duduk santai lama-lama sambil makan dan mengobrol serta menikmati indahnya hutan dengan tenang! They want to explore more!



Di dalam hutan banyak hal yang jarang mereka temui di tempat lain. Qavi sibuk main dengan beberapa ranting pohon yang jatuh di sekitar tempat kami duduk. Anak-anak lain ada yang memanjat pohon (dipegangi papa-papanya dong tentunya!), mondar mandir sana sini, lempar-lempar daun kering, atau berkunjung ke sarang semut. Ada juga yang tidak begitu tertarik untuk beranjak dan lebih memilih duduk santai baca buku bersama ibunya atau sekedar jalan-jalan keliling hutan. Every kids are different, right! Even though they were born on the same month. Seru sekali melihat kesibukan anak-anak ini. Kadang sibuk sendiri, kadang ingin tahu kesibukan yang lain, lalu ikutan sibuk bareng, lucu sekali!


Kangen-kangenan dan makan-makan hari itu ternyata membuat kami semua lupa waktu. Begitu sadar di sekitar kami sudah tidak ada orang. Betah sekali piknik di Taman Hutan Raya Bandung ini! Tidak terasa ternyata sudah sore, itu pun sadarnya setelah kami (para ibu) kekenyangan dan bocah-bocah mulai mengantuk. Playdate di taman memang seru, minim pertengkaran dan rebutan mainan antar bocah. Semua senang!

Untuk masuk ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini, kita dikenakan biaya masuk Rp10.000,- per orang dewasa, sedangkan anak-anak gratis! Parkir bayar juga Rp10.000,- per kendaraan roda empat, dan Rp5.000,- untuk kendaraan roda dua. Mungkin karena akhir pekan, kemarin tempat parkirnya penuh, dan di dalam ternyata benar-benar ramai!

Jangan lupa bawa tikar atau alas duduk kalau mau piknik di sini, soalnya tanahnya kering jadi agak berdebu kalau tanpa alas. Bawa bekal yang banyak! Karena di sini waktu berjalan tidak terasa, tapi lapar tetap terasa. Kalau bawa toddler, lebih baik datang tidak hanya berdua dengan si kecil, agar saat si kecil ingin jalan-jalan, bisa bergantian makan atau beberes. Remember that toddlers don't like to wait! Oh ya, di sini juga ada outbound untuk anak-anak yang sudah lebih besar.

Tahura tidak hanya asyik untuk berpiknik lho, kalau ingin sekedar jalan-jalan menikmati udara segar hutan setelah sumpek kena macetnya kota Bandung dan kesal sama orang-orang di jalan yang suka tidak mematuhi aturan lalu lintas yang baik, Tahura bisa jadi alternatif untuk melepas penat!

Tolong jangan buang sampah sembarangan yaa! Ada banyak tempat sampah di sekitar tempat piknik dan di sepanjang jalannya, jadi tahan untuk tidak membuang bekas botol air mineral atau bekas bungkus camilan begitu saja di jalan atau tanah, demi kenyamanan bersama.

Dan jangan lupa membawa kamera, atau pastikan baterai smartphone terisi penuh, karena banyak sekali spot seru untuk berfoto-foto di Tahura.

Piknik lagi yuk!

11 Komentar
AYUMI TANGGO
AYUMI TANGGO September 8, 2015 8:45 am

Mauu ikutaaan ????????... Seruu liat tods bandungers lucu2 bgt semua

Retno Aini
Retno Aini September 7, 2015 5:19 pm

Azeeekk.. senang ya pastinya anak2 dibawa main beraktivitas di alam terbuka. Next playdate rencana jalan2 ke mana lagi ni? *menanti cerita serunya hihi*

Cindy Vania
Cindy Vania September 3, 2015 10:28 pm

Waahh,asik banget Mama Prytaa,#BC0313 playdate di tahura bandung! Seneng banget liat foto anak-anak beraktivitas di luar ruangan gitu.. Mau joiinn :p

musdalifa anas
musdalifa anas September 3, 2015 10:14 pm

seru banget, kebayang seru & puasnya anak-anak bermain di hutan sambil belajar ya, kapan lagi bisa main di hutan :)
Salam kompak selalu untuk March TUMBC 2013, ikut happy baca ceritanya.

Pryta Aditama
Pryta Aditama September 3, 2015 1:04 pm

teh niniiitt..iyaa bener banget fotonya banyaaakk deh..sampe bingung milihinnya, maunya sih dimasukin semua, hihiii..

momsiska.. amiinn..semoga kami kompak selaluuu..

Ekaaa.. ohyaa? waahh..seru banget dong bisa sering ke tahura ikut bapak ngantoor..

Zata Kadek BunWit, yuks yuks pada main ke bandung yuks kita naman bareenngg.. :D