Sarapan Cepat dan Bergizi untuk Bekali Pertumbuhannya

Oleh zata ligouw pada Senin, 02 Oktober 2017
Seputar Product Reviews
Sarapan Cepat dan Bergizi untuk Bekali Pertumbuhannya

Tahun Ajaran Baru, Kesibukan Baru

Sejak Juli lalu, kesibukan saya berubah drastis karena anak-anak makin sibuk dengan urusan di sekolahnya masing-masing. Abang Kenan sudah kelas 9 yang artinya ia sedang mempersiapkan diri untuk masuk ke SMA incarannya. Kaka Caca baru masuk SMP yang jaraknya cukup jauh dari rumah. Ia juga terpilih menjadi ketua kelas sehingga sedikit lebih sibuk dibanding teman-teman sekelasnya. Sementara itu, si bungsu baru saja masuk SD dan peralihan dari TK ke SD ini ternyata tidak semudah yang saya bayangkan.

Saya sempat kelabakan di dua minggu pertama, berusaha menyesuaikan diri dengan jadwal tiga anak sekaligus yang tidak selalu sama. Abang akan bangun subuh, sekitar pukul 4.30 untuk bersiap-siap dan pukul 5.20 jemputannya sudah datang. Setelah Abang dijemput, saya pun konsentrasi mempersiapkan si bungsu yang harus sampai di sekolah sebelum pukul 7 pagi.

Sementara Kaka, biasanya akan bangun subuh untuk sholat, lalu kembali tidur sebentar karena ia masuk sekolah siang.

Nah, tiga anak ini akan sarapan secara terpisah di hari sekolah, hanya pada Sabtu dan Minggu mereka baru bisa sarapan bersama.

Pentingnya Sarapan di Masa Pertumbuhan

Saya sadar sekali mereka bertiga sedang dalam masa pertumbuhan dan butuh asupan yang tepat di pagi hari. Sebuah penelitian yang saya baca menyatakan bahwa sarapan sangat berpengaruh tidak hanya pada perkembangan fisik namun juga perkembangan intelektual mereka.

Sarapan dapat membantu menajamkan ingatan dan menaikan tingkat konsentrasi, serta yang terpenting buat saya, sarapan mampu membuat anak lebih bahagia karena perut yang terisi membuat mood menjadi baik dan mengurangi tingkat stres.

Sarapan menjadi sumber tenaga baru setelah semalaman "berpuasa" dan menurut nutrisionis, sebaiknya sarapan dikonsumsi sekitar dua jam setelah bangun tidur. Makanan yang dipilih pun tentunya harus yang kaya nutrisi karena sarapan menyumbangkan 20-35% asupan per harinya.

Sarapan Bergizi dan Cepat dengan Blue Band

Nah, meski saya sudah tahu tentang pentingnya sarapan bagi pertumbuhan anak-anak, karena keterbatasan waktu serta jadwal yang berbeda-beda, awalnya saya sempat keteteran dan kesulitan dalam menyiapkan sarapan untuk anak-anak.

Tapi, sejak saya rajin membuka situs Blue Band saya merasa sangat terbantu. Situs itu lengkap dengan beragam tips serta resep itu, saya bisa mencari inspirasi mengenai ide sarapan yang tak hanya bergizi, tapi juga cepat.

Salah satu yang sudah saya coba dan menjadi favorit anak-anak adalah resep Roti Panggang Telur Bayam. Nutrisinya sangat lengkap, ada omega 3 dan 6 dari dari Blue Band, protein dari telur, serta serat dari bayam. Hmm, belum lagi rasanya yang enak, anak-anak pun tak bersemangat menyantapnya di pagi hari.

 

Selain itu, saya memodifikasi resep-resep lainnya sesuai dengan ketersediaan bahan. Sering kali saya membuat roti panggang dengan olesan margarin Blue Band serbaguna dan meses cokelat, sesekali saya juga membuat brokoli tumis margarin, disajikan dengan roti dan saus tomat, yang sangat disukai oleh Abang.

Nah, Urban Mama, mau cari inspirasi resep cepat, sehat, dan bergizi juga? Jangan lupa mampir di situs Blue Band ya...

4 Komentar
Cindy Vania
Cindy Vania October 4, 2017 9:38 pm

Sarapan itu memang penting banget! Soalnya anak2 suka nggak fokus di tengah2 pelajaran kalau nggak sarapan. (Dapat laporan)

Tapi kadang, ada hari di mana mamanya bangun siang dan bingung mau bikin apa. Kalo gitu emang paling pas bikin sarapan yang cepat, tapi juga bergizi dan yg penting bikin kenyang.

Roti + blue band + keju coklat panggang juga endeus banget.
Kapan2 mau coba yang pakai bayam ahh, kayaknya lezaat

dieta hadi
dieta hadi October 4, 2017 10:21 am

duh enak banget itu kelihatanyya dan sepertinya mudah ya jadi pengen nyobain buat bekel mika ke sekolah. tfs ya zata

musdalifa anas
musdalifa anas October 3, 2017 2:41 pm

zata, jadi pengen bikin roti panggang telur bayam. Di rumah hampir semua suka roti, jadi biasanya pagi-pagi sarapan roti. Ternyata bikin ini mudah ya ta. Makasih yaaaa ide resepnya.

ninit yunita
ninit yunita October 2, 2017 9:23 am

wahhh asik nih banyak ide buat resep yang sehat dan bergizi. seneng banget deh liat situs blue band ini.

thanks zata!