#TUMModernMama: Raising Children Who Think For Themselves

Oleh ninit yunita pada Senin, 18 April 2016
Seputar

Memasuki bulan April, suasana Hari Kartini sudah sangat terasa. The Urban Mama membuka bulan April dengan mengadakan seminar #TUMModernMama: Raising Children Who Think For Themselves yang diadakan pada 2 April 2016 di Motivator Hall Gd. AXA Tower Lt. 36F, Kuningan City. Ada dua pembicara yang mengisi acara yaitu Adhitya Mulya (penulis Sabtu Bersama Bapak dan Parent's Stories) dan Ibu Elly Risman, MPsi.

http://www.youtube.com/watch?v=NlpDCdC4Ff8

Sesi Pertama
Baru-baru ini, Adhitya Mulya meluncurkan buku terbarunya yaitu Parent's Stories: Membesarkan Anak yang Berdaya. Di buku tersebut, Helicopter Parenting menjadi topik yang dikupas oleh Adhit. Di #TUMModernMama, Adhit memaparkannya lebih lanjut. Helicopter parenting adalah perilaku dominan orangtua. Orangtua tentunya menginginkan agar anak-anaknya sukses dan bahagia tetapi sering kali orangtua mengintervensi langsung kepada sang anak ketika anak menghadapi masalah. Padahal menurut Adhit, sebagai manusia kita belajar dari segala hal. Keberhasilan sama pentingnya dengan kegagalan. Keberhasilan membuat kita percaya diri. kegagalan membuat kita belajar lebih baik lagi. Kebahagiaan sama pentingnya dengan kekecewaan. Justru kita tidak akan menghargai nilai kebahagiaan jika selalu dijaga orangtua untuk tidak pernah merasakan kekecewaan. Jangan sampai kita sebagai orangtua, merenggut semua pembelajaran hidup anak.

Anak harus dihadapkan dengan konflik. Biarkan mereka menyelesaikannya. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendukung anak kita belajar adalah dengan melakukan role play, set values (menanamkan nilai-nilai positif pada anak), dan set rules (membuat aturan misalnya saat bermain di playground harus antre dan minta maaf bila tidak sengaja menendang saat bermain). Kita bisa memperlihatkan konsekuensi dari tindakan-tindakan agar mereka dapat menantisipasi masalah. Kita coba tunjukkan kepada mereka, rintangan, hambatan, tantangan yang ada di depan mereka. Kita membantu menyiapkan anak-anak agar mereka siap menjalani rintangan dan hambatan itu sendiri.

Kita tidak ingin membesarkan anak yang merasa dirinya selalu benar dan selalu ‘menyalahkan dunia’ atas apa yang ia dapatkan.

Setelah Adhitya Mulya selesai, Konicare sebagai sponsor acara #TUMModernMama tahun ini berbagi informasi dan hadiah kepada peserta yang hadir.

Sesi Kedua
Ibu Elly Risman berbagi Kiat Membantu Anak Mandiri. Mandiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hal atau keadaan dapat berdiri sendiri tanpa tergantung pada orang lain. Kemandirian adalah perilaku yang aktivitasnya dilakukan pada diri sendiri, dapat memecahkan masalahnya sendiri, serta tidak mengharapkan pengarahan dari orang lain.

Perubahan yang terjadi di masyarakat dengan sangat cepat terutama karena teknologi, mengharuskan anak memiliki kemampuan untuk melakukan penyesuaian diri terus menerus. Anak perlu memiliki karakter yang dapat mengarahkan mereka pada perilaku mandiri dan bertanggung jawab dalam menghadapi perubahan. Membesarkan anak yang mandiri juga sangat penting melihat masyarakat yang lebih beragam.

Karakteristik Seorang yang Mandiri:


  • Menikmati proses

  • Ulet

  • Bersaing

  • Yakin bahwa dia mampu menemukan cara-cara tertentu untuk mencapai tujuan

  • Merasa puas atas upayanya.


Kesan-kesan

Ibu Elly:
http://www.youtube.com/watch?v=vHPKmohMvXE

Mama Shinta Daniel:
http://www.youtube.com/watch?v=1ZBkP_H9maU

Mama Vicca Egistha:
http://www.youtube.com/watch?v=Y2vddEKgKvY

Sebagai kartini masa kini, bangsa ini akan terus maju bila kita sebagai perempuan terus berjuang salah satunya dengan berjuang membesarkan anak yang mandiri.

Semoga seminar #TUMModernMama: Raising Children Who Think For Themselves ini bermanfaat bagi urban Mama dan Papa. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini yaitu Bambino Piccolo yang telah menyediakan playground sehingga anak-anak dapat bermain ketika para orangtuanya mengikuti seminar dan terimak kasih kepada Konicare, Minyak Kayu Putih.

Kategori Terkait


Tag Terkait

13 Komentar
vicca egistha
vicca egistha May 26, 2016 9:30 am

Senang bisa ikutan acara ini,,acaranya rapih,,isi materinya bagus dan disampaikan oleh pembicara dengan santai dan baik,,sehingga materi dan pesan dapat saya terima dengan baik...

semoga bekal ilmu dalam mendidik buah hati kita semua bertambah dan dapat mendidik anak-anak kita dengan semua yang baik aminnn

love you all KARTINI masa kini

hanana fajar
hanana fajar April 22, 2016 9:11 am

Alhamdulillah dikasih kesempatan sama TUM untuk hadir di Seminar dengan dua pembicara super keren:)
Walaupun sambil jagain anak hihi..tapi tiap sharing dari Bu Elly dan Kang Adhit Insya Allah didengerin dan bisa diterapkan sesuai dengan kondisi kita. Makasi TUM dan Para sponsor, goodie bagnya pun kecee!

Gabriella F
Gabriella F April 22, 2016 9:09 am

Wah selalu senang kalau bisa ikut dan mendengarkan sharing dari Bu Elly...

Leila Niwanda
Leila Niwanda April 21, 2016 11:59 am

Alhamdulillah, senang bisa ikutan...semoga istomah juga menerapkan :). Terima kasih, TUM.

Honey Josep
Honey Josep April 20, 2016 2:21 pm

sama kayak teh Ninit, selalu senang ikut seminar Bu Elly ditambah lagi kang Adhit dengan helicopter parentingnya. Jadi makin pede untuk mengasuh dan mendidik anak-anak :)