Theurbanmama

Belajar Lewat Proses Makan

Pernahkah Anda bertanya kepada Mama zaman sekarang, apa saja makanan yang diberikan kepada anaknya? Banyak Mama jaman sekarang sudah sangat sadar gizi, sehingga sangat mungkin Anda mendapat jawaban luar biasa baik tentang makanan yang disiapkan para Mama.

Di sisi lain, kita masih melihat banyak anak disuapi (bahkan sampai anak besar), makan sambil bermain dan berjalan-jalan, dipaksa makan, atau diberi vitamin perangsang makan. Masih ada juga sih anak yang dibiarkan memakan makanan apapun, hanya karena menolak makanan sehat yang telah disiapkan Mama. Jangan lupakan anak yang mengemut terus makanannya, dan Mamanya terus membujuknya makan.

Apa artinya? Rupanya pemahaman tentang makanan sehat belum selaras dengan keterampilan Mama membentuk perilaku makan yang baik. Padahal, asal tahu aja, perilaku makan yang buruk seringkali berujung anak semakin tak suka makan, atau sebaliknya tak mampu menyetop makan sehingga terancam obesitas. Belum terhitung kerugian lain yang sifatnya non fisik seperti sulitnya pembentukan disiplin, sulit belajar ketekunan, kurang bersyukur, dan lain-lain.

Seperti apa sih perilaku makan yang baik? Soal nutrisinya, silahkan berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi. Karena saya psikolog, tentu saja yang saya kisahkan di sini adalah pembentukan perilaku makan positif alias pola makan yang sehat secara psikologis.

Ini dia:

Kalau Anda membiasakan pola makan yang sehat secara psikologis, sebetulnya Anda juga menstimulasi berbagai perkembangan berikut lho:
Perkembangan Fisik

Perkembangan Kognitif dan Bahasa

Perkembangan Emosi

Perkembangan Sosial

Banyak sekali kan manfaat makan. Ini semua akan lebih sulit didapat ketika Anda membiarkan si kecil asal makan tanpa memperhatikan perilaku makan yang sehat secara psikologis. Sayang kan.

So, mulai dari sekarang, ayo ubah perilaku makan anak jadi lebih positif. Ajak anak sehat fisik dan sehat psikologis.

Anna SurtiNina Family & child psychologist di Klinik Terpadu, Fakultas Psikologi UI, Depok (021-78881150) dan Medicare Clinic, Menara Kadin, Kuningan, Jaksel (021-5274556)
Related Tags : ,,
Apa Reaksi Anda ?
13 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.