DIY Memory Game dengan Tutup Botol Plastik

Oleh Fenny Masudah pada Senin, 28 September 2020
Seputar Activities, Do-It-Yourself
DIY Memory Game dengan Tutup Botol Plastik

Salah satu permainan untuk mengasah otak si kecil pada usia prasekolah adalah memory game. Permainan ini banyak sekali dijual di toko-toko mainan dari yang levelnya sederhana sampai dengan yang levelnya kompleks, dari yang murah sampai yang mahal, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Dasar permainan dari memory game hanya mencocokan gambar yang posisinya diletakan secara tidak beraturan, jadi si anak harus menggunakan daya ingatnya untuk mencari letak pasangan gambar yang sama. Anak saya sangat menyukai memory game. Hal ini membuat saya berpikir untuk membuat sendiri saja dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah, sehingga lebih hemat dan jenis gambar dan tingkat kesulitannya bisa disesuaikan dengan kemampuan si kecil.

Kali ini saya memilih memakai tutup botol plastik bekas botol susu sapi, karena persediaannya memang banyak sekali, sayang kan kalau tidak dipergunakan. Cara membuatnya juga mudah sekali.

Bahan:

 

    • Tutup botol plastik ukuran sesuaikan yang ada punya di rumah

 

    • Stiker putih bulat

 

    • Spidol warna-warni

 


Cara Membuat:

 

    1. Gambar beberapa objek  yang sama bisa 2 atau 3 yang jenis gambarnya sama dengan spidol. Objeknya bisa beraneka ragam sesuaikan dengan kesukaan si kecil. Gambarnya tidak terpaku dengan objek saja bisa juga dengan huruf-huruf dan angka-angka sekali lagi sesuaikan dengan minat si kecil. Untuk yang muslim bisa menggunakan cara ini untuk belajar hijayah juga.

 

    1. Setelah gambar selesai barulah satu persatu di tempelkan di bagian atas atau bawah tutup botol. Saya menempelkan stiker bulat yang telah digambar pada agian atas tutup botol karena stikernya terlalu besar untuk ditempelkan bagian bawah.

 

    1. Atur posisi tutup botol secara acak, lalu memory game siap untuk dimainkan.

 


Catatan: Kalau urban mama tidak bisa menggambar dengan bagus dan rapi, bisa cari gambar melalui free printable dari situs-situs permainan usia prasekolah atau image gratis dari google, kita tinggal cetak, gunting lalu tempel dengan lem kertas, cara lain bisa menggunakan stiker anak-anak yang dijual di pasaran.

Bagaimana urban mama membuat diy memory game dari tutup botol, cukup mudah dipraktikkan? Selamat Mencoba!

Fenny Masudah
Fenny Masudah

She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

14 Komentar
Beta Sari
Beta Sari October 19, 2015 10:08 am

thanks ide nya mbak fen :D
tadinya mo beli memory board game maju mundur karena mahal.
mending DIY ya

Cindy Vania
Cindy Vania October 18, 2015 1:25 pm

TFS artikelnya mba Fenny!
gambarnya bagus banget :D

Siska Knoch
Siska Knoch October 17, 2015 10:23 pm

Mba fenny idolakuu :* selalu kece nan cerdas ide-idenya! Mau bikinin ini juga buat duo ganteng akuuu :)) tfs yaa

Fenny Masudah
Fenny Masudah October 17, 2015 3:34 am

Hallo mamah2 kreatif terima kasih atas apresiasinya semoga bermanfaat yah salam kenal juga dari saya (kalau yang belum kenal :P)

Devi Zulkarnain
Devi Zulkarnain October 16, 2015 12:45 pm

Mbak Fen...gambarnya bagus banget, tadi malah ku kira diprint itu (saking kerennya) :D
TFS yaaa, sama kayak Teh Astrid, kami simpen buat tahun depan, hahah sekalian saya belajar gambar2 dulu *menunggu ilham bisa gambar :p

 

Anda harus Log In untuk memberikan komentar terhadap artikel ini.

Silakan Login di Sini