Membuat Project Keluarga Agar Tetap Kompak di Masa Pandemi

Oleh Arina Robbi pada Selasa, 05 Mei 2020
Seputar Activities
Membuat Project Keluarga Agar Tetap Kompak di Masa Pandemi

Beberapa waktu lalu saya membaca berita dari platform media online, yang mengungkapkan peningkatan kasus perceraian di masa pandemi covid-19 yang signifikan (sumber: tirto id). Anjuran Physical distancing, Work From Home maupun School From Home membuat anggota keluarga berinteraksi lebih sering dari biasanya. Namun ternyata tak semua berjalan mulus, mungkin ada beberapa yang tidak siap dengan keadaan ini, hingga muncul konflik yang berakhir dengan perceraian.

Dalam masa #dirumah aja ini, kita memang harus pintar-pintar menjaga "kewarasan" keluarga, baik istri, suami maupun anak. Kegiatan dan interaksi sosial yang terbatas membuat kita mudah jenuh yang jika energinya tidak tersalurkan mungkin saja mengakibatkan stres.

Begitupun keluarga saya, menjalani aktivitas bertiga saja di rumah, lama-lama muncul rasa bosan, bukan hanya anak yang cranky kita juga orangtua ikut senewen. 

Akhirnya saya dan suami membuat semacam "project keluarga" yang kegiatannya melibatkan semua anggota keluarga, di luar kewajiban kami masing-masing. Berikut beberapa ide Project Keluarga yang mungkin bisa dilakukan juga oleh urban Mama semuanya.

1. Membuat mainan untuk anak bersama-sama

Ada masanya anak bosan dengan mainan yang ada di rumah, daripada membeli mainan baru, kita bisa membuat mainan sendiri. seperti kami yang membuat mainan wack a mole seperti permainan di arcade atau hiasan menyambut ramadhan dari barang-barang yang tersedia di rumah. Saat melakukan kegiatan ini anak bisa dilibatkan untuk membantu menempel atau mewarnai.


Membuat Wack A Mole

 

2. Menanam pohon di rumah

Nah, kalau yang ini ide suami, walau disibukan dengan pekerjaan kantor, tapi tetap butuh penyegaran. Kami pun menanam tanaman sayuran dengan pola hidroponik, yang memungkinkan memiliki tanaman sayuran dengan lahan yang terbatas. Kegiatan ini bisa jadi project jangka panjang dengan kegiatan yang berbeda sesuai fase pertumbuhan tanaman. Saya dan suami menyiapkan bahan dan anak saya ikut membantu menaruh benih dan menyemprot tanaman setiap pagi.

 

 

 

3. Memasak bersama


Memasak juga bisa jadi kegiatan bersama yang menyenangkan. Kami bekerjasama menyiapkan bahan makanan yang diinginkan, anakpun bisa ikut membantu dengan memetik sayuran atau mengaduk adonan, ibu juga terbantu menyelesaikan pekerjaan .

 


Nah itulah beberapa kegiatan keluarga yang bisa dilakukan demi tetap #dirumahaja untuk meningkatkan bonding dengan pasangan dan anak. Semoga bisa membantu menjaga ketahanan keluarga kita di masa sulit ini.  

2 Komentar
ninit yunita
ninit yunita May 5, 2020 7:32 am

keren bangettt family projectnyaaa...

Arina Robbi
Arina Robbi May 8, 2020 1:09 pm

Terimakasih mba ninit semoga bermanfaat :)

 

Anda harus Log In untuk memberikan komentar terhadap artikel ini.

Silakan Login di Sini