Menambah Kosakata Dengan Buku Seri Hello Kiddo

Oleh Rebekka Irnawati pada Sabtu, 09 Desember 2017
Seputar Book Reviews
Menambah Kosakata Dengan Buku Seri Hello Kiddo

“Sebentar dong, Adik,” ujar saya kepada Lea (3 tahun) yang selalu tidak sabar untuk membalikkan halaman ketika saya membacakan buku untuk dia dan kakaknya Chila (6 tahun). Sudah menjadi kebiasaan kami bertiga untuk membaca buku setidaknya tiga kali dalam sehari. Setelah si kakak pulang sekolah lalu sebelum tidur siang dan malam sebelum tidur.

Chila dan Lea selalu semangat jika dibacakan buku cerita apalagi yang menceritakan kisah kehidupan sehari-hari. Bedanya, Chila bisa lebih sabar mendengar saya membacakan ceritanya dan menyimak dengan baik sedangkan Lea seringkali tidak sabar untuk membalikkan halaman dan bertanya-tanya pada setiap detail gambar yang ada. “Ini apa? Mama-nya dimana? Kok mukanya gitu?” Mungkin memang sesuai dengan tahapan umurnya ya.

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan buku cerita seri Hello Kiddo, terbitan BIP Kelompok Gramedia. Wah, Lea ternyata langsung suka sekali dengan seri buku ini. Saya membacakannya untuk Lea saat kakak Chila masih di sekolah. Satu halaman hanya memuat satu sampai tiga kalimat saja, jadi memang cocok untuk anak seumuran Lea yang suka tidak sabar bertahan di satu halaman yang kalimatnya terlalu banyak.

Dia semangat dan minta dibacakan satu judul sampai berulang-ulang. Mungkin karena ceritanya yang lucu dan gambarnya yang menarik. Seri Hello Kiddo ini memiliki 10 judul diantaranya:

Katak dan Balon Merah
Jarum si Penyihir Kecil
Pergi ke Sekolah
Petualangan si Siput
Putri yang Rapi
Hoahm!
Rubah dan Tunas Kecil
Mencari musim semi
Tiga Beruang
Sepuluh Anak Indian

Ceritanya ringan dan dibuat dengan gaya berirama. Gaya berirama ini membuat Lea bertambah kosakata baru karena banyak kata-kata yang diulang di setiap halaman. Walaupun ceritanya ringan namun setiap cerita memiliki pesan dan pengetahuan baru untuk para pembaca kecil ini. Diantaranya menumbuhkan kebiasaan mereka merapikan barang, mengenalkan ukuran, bentuk-bentuk benda, daur hidup pohon, angka-angka, dan lainnya. Semua hadir dengan cerita yang menyenangkan untuk mereka.

Lea sendiri paling suka dengan cerita tentang Putri yang Rapi. Karena pada buku ini ada halaman tersembunyi yang menceritakan keadaan tentang kondisi saat rumah si putri masih berantakan dan setelah menjadi rapi.



Untuk mama yang ingin menemani si kecil membaca, seri Hello Kiddo ini wajib ada di rumah. Ayo koleksi semua judulnya!

Kategori Terkait


Tag Terkait

3 Komentar
Cindy Vania
Cindy Vania December 12, 2017 6:41 pm

Wah ini buku yang aku cari-cari nih..
Anak-anak juga masih suka baca buku yang satu halaman isinya sedikit-sedikit, kalo kebanyakan paling di skip.

Makasih yaa Chila dan Lea, sudah sharing buku kesukaannya di sini :)

Eka Gobel
Eka Gobel December 11, 2017 6:41 pm

Pinter banget sih Lea! Senang ya, skrg banyak buku-buku bagus di Indonesia. Yang tentunya harganya juga lebih hemat dari pada buku impor ya. Makasih infonya mama bekka!

Retno Aini
Retno Aini December 11, 2017 3:22 pm

Wah akhirnya ada juga buku cerita bahasa Indonesia yg bagus & cocok untuk anak usia prasekolah :D setuju, 2-3 kalimat per halaman cukup utk anak2 usia segitu bisa engaged sama ceritanya sampai habis. Biasanya buku2 cerita anak yg diterbitkan di Indo isinya terlalu panjang, baru cocoknya buat anak usia SD. Terima kasih buat reviewnya yaa mama Rebekka :D

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies