TUM's Weekly Roundup: 31 August 2018

Oleh the urban mama pada Jumat, 31 Agustus 2018
Seputar Our Stories
TUM's Weekly Roundup: 31 August 2018

Selamat hari Jumat, Urban Mama! Bagaimana aktivitas yang dijalani seminggu ini? Kami harap semua berjalan lancar ya.

Di bulan Agustus ini, masih dalam perayaan World Breastfeeding Week The Urban Mama kembali menghadirkan tulisan-tulisan seputar menyusui. TUMExpert Fatimah Berliana Monika membahas mengenai pencegahan dan penanganan mastitis. Topik mastitis memang sudah seringkali dibahas, tetapi kali ini mbak F.B Monika membahas penanganan dan pencegahan mastitis dari beberapa faktor penting yang kadang terlupakan oleh para mama menyusui, salah satunya adalah memperhatikan kondisi psikis mama usai melahirkan.

Mengenai kondisi psikis pasca melahirkan, pasti banyak urban Mama yang pernah mendengar cerita seputar baby blues. Dalam tulisan Baby Blues dan Kelancaran ASI, TUMExpert dr. Falla Adinda menjelaskan bahwa baby blues sebenarnya adalah kondisi gangguan kejiwaan ringan yang berlangsung saat mama baru melahirkan hingga sekitar 2 minggu pasca melahirkan. Namun bila baby blues tidak tertangani secara baik, bukan hanya produksi ASI saja yang akan terhambat tetapi juga kesehatan Ibu dan bayi ikut terancam memburuk.

Minggu ini, mama Eka Gobel kembali mengulas sebuah buku yang menarik sekali untuk dibaca oleh para mama. Buku Asyiknya Belajar di 5 Benua memberikan pengetahuan tentang kearifan pendidikan di 18 negara dari 5 benua. Dalam buku tersebut, 20 mama perantau membagikan pengalamannya tentang lika-liku pendidikan di negara-negara yang pernah mereka tinggali. Buku ini akan membuka pikiran para orangtua dalam mengembangkan pendidikan karakter anak-anak. Sebagai pendidik utama anak, orangtua memegang kendali dalam pembentukan karakter anak dengan mencontohkan sikap perilaku yang patut diteladani anak, seperti keuletan, disiplin, bersikap toleran, sopan santun, jujur, dan sebagainya. Pengalaman para mama perantau dalam buku ini akan membantu orangtua dan pendidik untuk lebih peka, peduli, dan aktif terlibat dalam pendidikan karakter anak-anak.

Menjelang akhir pekan, mungkin ada urban Mama dan Papa mulai merencanakan acara belanja mingguan. Adakah Mama dan Papa di sini yang suka berbelanja bersama ke IKEA? Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan toko furnitur IKEA di Alam Sutera, salah satu cabang dari IKEA Swedia. Sejak kemunculan IKEA di Indonesia pada tahun 2014 sampai sekarang, rasanya tidak pernah melihat IKEA sepi dari pengunjung, baik untuk membeli furniture atau sekedar foto-foto cantik. Namun apakah urban Mama Papa tahu kalau di Swedia, negara asal IKEA, ada museum IKEA? TUMContributor Melisa Zealanda berbagi pengalamannya saat berkunjung ke museum IKEA di Älmhult, Swedia. Mengapa museum IKEA dibangun di kota Älmhult? Seperti apa isi museum IKEA tersebut? Silakan baca artikel museum IKEA di sini.  

Nantikan selanjutnya tulisan-tulisan menarik dan informatif di The Urban Mama minggu depan, ya. Selamat berakhir pekan dan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta, Urban Mama dan Papa!

1 Komentar
Cindy Vania
Cindy Vania September 3, 2018 3:49 pm

Aku selalu menunggu artikel2 dari TUM!

 

Anda harus Log In untuk memberikan komentar terhadap artikel ini.

Silakan Login di Sini