Kids Athletics Rawamangun Athletic Center (RACe)

Oleh ninit yunita pada Selasa, 28 April 2015
Seputar Activities

Beberapa hari yang lalu, saya dan teman saya, Laressa Amaly, lari di Studio Rawamangun. Saat lari, saya melihat ada anak-anak yang sedang berlatih. Menarik sekali. Otomatis saya jadi memperhatikan mereka karena pemandangan ini jarang saya lihat ketika berlari di tempat lain. Ternyata anak-anak ini tergabung dalam Kids Athletics Rawamangun Athletic Center (RACe).

"Tidak perlu berbakat di bidang olahraga, semua anak dapat berolahraga dan menjadi sehat. Temukan kegembiraan bermain dan hidup sehat di sini!"

Ternyata Kids Athletics Rawamangun Athletic Center (RACe) sudah berdiri sejak 2010. Kids Athletics RACe adalah klub olahraga untuk anak-anak, mulai dari umur balita hingga pra-remaja (11-12 tahun) yang bertempat di Rawamangun Athletics Center (RACe). Dicetus oleh dua orang pelatih professional yaitu Agung Mulyawan dan Nurlaila Sari, berada dalam pembinaan Drs. Mustara Musa M.Pd (Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta).

Berangkat dari keinginan untuk menerapkan ilmu yang dimiliki, klub ini telah berkembang hingga 50 anak sebagai anggotanya. Selain menjadi sarana aktivitas fisik dan bermain anak-anak, Kids Athletics RACe juga menjadi wadah bagi pelatih-pelatih muda untuk mengasah kemampuan dan memperbanyak pengalamannya. Saat ini Kids Athletics RACe sudah memiliki 8 pelatih relawan lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta yang siap membantu anak-anak untuk berlatih.

Kegiatan yang dilakukan adalah melatih kondisi fisik sesuai dengan usia tumbuh kembang anak. Metode disusun berdasarkan prinsip latihan multilateral, yaitu latihan secara menyeluruh serta mencakup semua komponen kondisi fisik dan dasar-dasar gerak (seperti berjalan, lari, lempar, dan lompat) yang dikombinasikan melalui permainan. Agar suasana latihan semakin menyenangkan, Kids Athletics RACe juga menghadirkan alat-alat olahraga pendukung seperti cone, medicine ball, hulahoop, matras, tangga lader dan turbo untuk lempar lembing.

Latihan diadakan tiga kali seminggu, yaitu setiap Selasa, Kamis, dan Jumat pukul 16.00—18.00 di Stadion Rawamangun. Latihan dilakukan selama kurang lebih 90 menit. Sebelum latihan, semua anak berkumpul bersama untuk berdoa terlebih dahulu, dilanjutkan dengan pemanasan. Setelah itu, anak-anak pun menuju kelas sesuai tingkatannya. Selesai berlatih di kelas masing-masing, seluruh anak dikumpulkan bersama kembali untuk pendinginan dan berdoa bersama. Serunya lagi, setelah latihan usai, si kecil akan diajak untuk melakukan operasi semut membersihkan sampah di lapangan untuk menanamkan rasa cinta kebersihan.

Bersalaman selesai latihan.
Tingkatan kelas di Kids Athletics RACe dibagi menjadi 4 kelas:

  • Super Kids: untuk atlet-atlet balita dan khusus bagi para atlet cilik dengan fokus latihan pada koordinasi gerak tubuh dasar.

  • Basic: untuk atlet-atlet cilik yang baru bergabung dan atlet cilik dengan tingkat koordinasi gerak tubuh rendah-sedang.

  • Middle: untuk atlet-atlet cilik dengan tingkat koordinasi gerak sedang atau cukup baik.

  • High: untuk atlet-atlet cilik dengan tingkat koordinasi gerak tubuh yang baik.


Hitung denyut nadi.
Manfaat yang didapat dari olahraga bagi anak-anak selain menjadi sehat, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan motoriknya. Masa kanak-kanak adalah waktu yang tepat untuk memberikan rangsangan gerak motorik yang tepat dan benar, membentuk mental yang kuat, serta memberikan keceriaan melalui aktivitasnya. Maka dari itu, Kids Athletics RACe terprogram tanpa menghilangkan kebahagiaan dan keceriaan masa kecil dengan tujuan menjaga kesegaran jasmani, melatih kemampuan bersosialisasi, menumbukan kemandirian dan disiplin, serta menciptakan prestasi dengan mencari bibit-bibit atlet atletik.

Bagi urban Mama Papa yang ingin melihat perkembangan olahraga si kecil, setiap tiga bulan sekali Kids Athletics RAce mengadakan tes. Urban Mama Papa dapat menonton anak-anak mereka berlatih sambil berkompetisi. Pelatih-pelatih dari Kids Athletic RAce juga akan mengadakan pertemuan dengan para orangtua untuk memaparkan perkembangan si kecil selama berlatih di Kids Athletic RAce.

Dengan metode inilah, regenerasi di dunia olahraga, khususnya atletik berkembang. Hebatnya lagi, Kids Athletics RACe telah berkembang menjadi wadah bagi anak untuk mengembangkan bakat olahraganya dengan menjadi atlet cilik dan menciptakan prestasi. Di antaranya mendapatkan juara 1, 2, dan 3 dalam lomba lari 30m kelompok untuk umur lima tahun se-DKI Jakarta dan mengikuti kejurnas PON Remaja 2014 serta masih banyak lainnya.

 

Stadion Rawamangun
Jln. Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur

Telepon: 087782661919 (Fauzan), 085697571920 (Nurlaela Sari)
E-mail: [email protected]

Instagram: kidsAthleticss_RACe
Website: kidsathleticrace.wix.com/weblog

Biaya latihan: Rp 100.000/bulan

9 Komentar
Cindy Vania
Cindy Vania May 8, 2015 7:16 pm

wah menarik bangeet..
sayang disini belom nemu yg ada kegiatan olahraga kayak gini untuk anak 7th kebawah :(

Gabriella F
Gabriella F May 5, 2015 12:14 pm

Seru banget ya... sayang jauh dari rumah... TFS ya nit...

Eka Gobel
Eka Gobel May 3, 2015 6:35 pm

seru banget kegiatannya, anak-anak pasti suka. sayang jauh dari cibubur :)

zata ligouw
zata ligouw May 3, 2015 3:18 pm

waaa tetehhh, pengen banget masukin anak2 ke sana, makasih yaaa infonyaaa...

musdalifa anas
musdalifa anas April 29, 2015 8:34 pm

waah seru banget ada RACe ini, berharap Kids Athletics juga ada di kota lainnya, termasuk Bogor.

 

Anda harus Log In untuk memberikan komentar terhadap artikel ini.

Silakan Login di Sini