Mewarnai Seru di Atas Es Batu

Oleh Fenny Masudah pada Kamis, 01 Oktober 2020
Seputar Activities
Mewarnai Seru di Atas Es Batu

Anak-anak biasanya suka bermain es batu, begitu juga dengan Alika. Sejak kecil sampai sekarang saat berusia 5 tahun, ia suka sekali bermain dengan es batu. Apalagi sekarang di Melbourne sedang musim panas jadi hampir setiap hari kami bermain sensory play dengan air dingin atau dengan es. Kali ini saya ingin berbagi salah satu permainan yang menggunakan es batu sekaligus eksperimen. Permainan ini seru sekali si anak bisa mewarnai es batu dengan cat warna-warni sekaligus belajar reaksi ilmiah dasar dari pencampuran baking soda dan cuka, serta belajar mencampur warna.



Alat dan Bahan:

  • 1/2 cup baking soda campur dengan air (ukuran air sesuaikan dengan kontainer yang ingin dipakai) campur hingga merata lalu bekukan. 
  • Siapkan cat air atau pewarna bubuk, lalu campur dengan cuka (sesuaikan ukuran dengan kebutuhan dan tempat cat)
  • Kuas 

Cara bermainnya mudah sekali, hanya mewarnai dengan cat yang tercampur oleh cuka diatas es batu tadi. Biarkan si kecil mewarnai sesuai dengan keinginan dan mereka akan melihat reaksi kimia ketika cuka diolesi di atas es batu baking soda. Warna-warni cat akan mengeluarkan busa-busa kecil. Biasanya si kecil akan kagum dengan reaksi itu. Alika sudah diberikan berkali-kali permainan ini tetap saja terpukau dengan reaksi kimia cuka baking soda.

Cukup mudah ya urban mama. Selamat mencoba!

Catatan: Anak di bawah usia 5 tahun harus didampingi saat memainkannya. Untuk anak di bawah 3 tahun, bisa memainkannya tanpa cuka dan baking soda, jadi hanya es batu yang diwarnai dengan cat yang aman.

Fenny Masudah
Fenny Masudah

She is a full time stay-a-home mom who loves cooking Indonesian food, fashion, and making activities and DIY toys for her little daughter Alika. She is blessed to have a supportive husband Ramanda. Currently live in Melbourne, Australia.

6 Komentar
Eka Gobel
Eka Gobel February 2, 2017 2:01 pm

Seru banget mama fenny! Gampang dan semua bahannya ada di rumah. Mau coba ah. Tfs mama fenny!

dieta hadi
dieta hadi February 1, 2017 8:20 pm

ahhh seru banget nih kayaknya, pengen nyoba ah, kalopun ga ada baking soda bisa pake batu es biasa ,duh ga sabar mau ajak ajak eksperimen ini, tfs yaaa

Cindy Vania
Cindy Vania January 31, 2017 12:06 pm

waaa serunyaa! mau nyiapin es batunya dulu aah :D
TFS mama Fenny!

ninit yunita
ninit yunita January 31, 2017 9:31 am

seru bangettt ini! gampang dan menyenangkan yaaa buat anak-anak! thanks fen buat "resep" sensory bin-nya :)

musdalifa anas
musdalifa anas January 31, 2017 8:24 am

Waah seru banget, ini anak-anak pasti suka. Thanks mama Fen, mau coba main di rumah.